Home » Experiential

Experiental Activity

3 July 2005 7,978 views 2 komentar

Rabu, 29 Juni 2005 kemarin, dimulai pelaksanaan event Bobo Fair di JHCC. Event tahunan ini diikuti oleh banyak brand yang erat hubungannya dengan balita dan anak. Acaranya luar biasa ramai. Hampir semua brand menyuguhkan experiental activity di setiap stand-nya.

Stand Sari Husada menyuguhkan “hutan buatan,” lengkap dengan jembatan-jembatanan, rumah-rumahan gubuk, hingga “sungai” yang berisi “buaya.” Lalu, ada stand Nestle Dancow yang menunjukkan pameran karya anak-anak, lengkap dengan panggung yang dipakai untuk kegiatan mendongeng.

Beberapa stand menyediakan beragam game, dari game yang mengolah motorik hingga otak. Terlihat hampir setiap stand menyediakan fasilitas “mandi bola.” Beberapa brand yang menekankan pada perkembangan otak, bahkan menyediakan permainan interaktif yang mengasah daya pikir.

       

Salah satu game interaktif yang mengasah daya pikir ini bisa dilihat di stand Nutricia. Kebetulan saya bertemu dengan rekan dari SmartShell, yang mengerjakan game interaktif Nutrilon Royal Game. Game ini terdiri dari kumpulan 3 mini game yang dirangkai dalam satu cerita, dengan tema tentang pencarian harta karun. Tema ini dihubungkan dengan tema TVC produk ini. Agar lebih menarik bagi anak, disisipkan animasi di antara minigamenya. Gamenya ternyata cukup menantang untuk anak-anak.

Rekan saya ini juga bercerita, kalau Nutricia mendapat keuntungan 2 kali dengan game ini. Pertama, konsumen akan senang memainkan game ini, yang secara tidak langsung akan semakin mengenal brand Nutrilon. Kedua, pemain diminta untuk memasukkan database diri sebelum ia bermain. Database ini yang nanti akan dipakai oleh Nutricia dalam strategi pemasaran mereka berikutnya.

Hal menarik lain dalam event Bobo Fair ini adalah, begitu banyaknya maskot produk berseliweran di seputar pameran. Pengenalan brand melalui maskot sepertinya sudah menjadi hal yang wajar. Mereka mengajak pengunjung untuk berfoto bersama, sambil membagikan agenda acara yang akan diselenggarakan brand yang diwakilinya.

Asyik juga kalau semua brand terus melakukan aktivitas seperti ini. Pengunjung pun pasti senang, karena mereka bisa terlibat aktif dalam kegiatan itu.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

  • aRie :

    td nyari iklan yg ada abak-anaknya tp gambar yg keluar malah foto/image anak-anak yg ada dlm suatu event ????

  • Ria :

    Kalo boleh tahu, para vendor stand ini pada pake EO apa y? sempet cari tahu gak??? soalnya kantor gw juga mo bikin event, tp masih bingung cari EO anak gt…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge