Home » Online Branding

Rich Media Format

9 July 2005 4,926 views Satu komentar

Rich Media didefinisikan oleh eMarketer.com sebagai media advertising yang memanfaatkan motion (animasi/video), suara dan/atau interaktifitas yang melibatkan audiens. Keterlibatan ini bisa ditujukan untuk memantapkan persepsi brand di benak konsumen.

banner sebagai media advertising di internet. Dengan semakin berkembangnya teknologi Flash dan Java, diikuti dengan banyaknya pengguna internet dengan kabel dan ADSL, memungkinkan munculnya media advertising yang lebih daripada sekedar gambar diam.

Dengan rich media, penyajian bisa lebih kreatif. Media ini bisa memberikan pengalaman online yang menarik bagi para surfer, sembari mereka tetap menerima pesan-pesan brand. Bayangkan, kalau banner yang muncul bisa berinteraktif dengan surfer. Misalnya, penggunaan game sederhana yang mewakili pesan brand dalam banner tersebut.

Namun, kreatif pun ada batasnya. Jangan sampai malah menjadi sangat intrusif, misalnya: iklan yang melayang (float) di atas halaman website atau video yang menghabiskan bandwidth saat kita membuka halaman website. Surfer akan malas membuka halaman itu lagi. Dampaknya, citra brand pun akan ikut terbawa buruk.

White paper berjudul “Rich Media: At the Tipping Point” dari eMarketer.com bisa menjadi rujukan perbandingan betapa besar revenue yang dihasilkan dari media ini di US.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

Satu komentar »

  • Media-Ide » Game sebagai Media Advertising Online :

    […] Untuk advertising online, kesempatan brand untuk muncul masih terbatas pada pemasangan banner, baik itu yang banner standar ataupun rich media. Umumnya, brand memasang banner di website yang memiliki pengunjung tertinggi, seperti Detik atau Kompas. Sejak Google dan Yahoo! menancapkan search engine mereka untuk Indonesia, banner brand lokal pun mulai terlihat di website jaringan mereka. […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge