Home » Experiential

Pepo dan Sigi

10 July 2005 21,037 views 40 komentar

Hampir setahun lalu, Pepsodent memunculkan maskotnya, Pepo dan Sigi. Pepo adalah karakter berbentuk odol, sementara Sigi berbentuk sikat gigi. Keduanya ditemani oleh 3 rekannya: Giham, Giser, dan Ringring. Mereka semua tinggal di Kota Gigi dan sering bertualang bersama. Dalam petualangannya, mereka sering bertemu dengan 3 kuman bandel: Kokus, Plakis, dan Plakus.

Karakter-karakter ini awalnya dimunculkan dalam 12 episode animasi berdurasi masing-masing 90 detik. Cerita yang diambil seputar kesehatan gigi dan mulut. Animasi ini juga terus diputar di setiap event yang diselenggarakan oleh Pepsodent. Dampaknya cukup baik. Anak-anak semakin paham kalau mereka tidak menjaga mulut dan gigi mereka, mereka pun akan diserang oleh kuman penyakit.

Karakter-karakter ini sering muncul di beragam media kampanye Pepsodent. Dari komik berseri yang sempat menjadi bonus di majalah Bobo, hingga menjadi media ajar dalam bentuk flipchart dan poster, yang dipakai oleh tim kesehatan gigi Pepsodent dalam mengkampanyekan kesehatan gigi dan mulut ke sekolah-sekolah dasar.

Dalam event “Pepsodent Initiative for Dental Health” di Cilandak Town Square Jakarta dan Istana Plaza Bandung beberapa bulan lalu, terlihat maskot Pepo dan Sigi mengajak anak-anak untuk memeriksakan gigi dan mulut mereka. Di event ini, anak-anak juga bisa memainkan game interaktif yang juga bertemakan karakter Pepo dan Sigi.

Pepo dan Sigi merupakan satu contoh dimana maskot bisa memperkuat pengenalan brand kepada targetnya. Pepo dan Sigi memang makhluk fiktif. Namun karena fiktifnya ini, citra positif bisa dibangun dan diciptakan sendiri sesuai keinginan dan arahan brand

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

40 komentar »

  • drg shinta :

    Saya sangat tertarik tentang cerita animasi,karena saya lagi ada program anak,bagaimana cara saya untuk mendapatkannya…terima kasih

  • drg. Ayunda Ria :

    Asik juga jika penyampaian penyuluhan gigi dan mulut ke anak-anak ada tampilan animasi. Selain tambah bagus juga akan menambah perhatian anak ke materi. Gimana cara mendapatkannya? Trim

  • drg. Wiwik Juliati :

    Saya sering melakukan penyuluhan gigi anak TK maupun SD di daerah Cimahi Bandung. Saya sangat memerlukan alat peraga dan demo untuk membuat suasane lebih menarik dan kesan yang kuat bagi anak-anak. Dimana saya bisa dapatkan alat peraga tersebut ?. Ada yang bisa saya hubungi ?.
    Adakah Pepsodent mempunyai alat peraga yang bisa saya pakai.
    Salam
    drg. Wiwik Juliati

  • Drg.cucu :

    saya sering melakukan penyuluhan kesehatan gigi disekolah sekolah tetapi sarana ,alat peraga untuk penyuluhan tidak ada, dengan adanya alat peraga tersebut dimaksudkan agar penyuluhan tersebut lebih menarik . bagaimana caranya untuk mendapatkan alat peraga tersebut?apakah pepo dan sigi dapat membantuku?

  • drg.susanti lubis :

    saya yakin cerita animasi akan sangat membantu dalam pelaksanaan UKGS. dimana slama ini kita mengadakan UKGS hanya dengan cara sederhana yang kurang menarik perhatian anak2.Dengan fasilitas2 seperti animasi ini tentu anak2 akan semakin tertarik dan ingin meniru cerita tersebut. bagaiman cara saya bisa medapatkan alat peraga tersebut? bagaimana saya menghubungi pihak Pepsodent? terimakasih atas bantuannya.

  • drg.anda lusia :

    saya sekarang sedang membuat promosi kesehatan gigi bagi murid SD Negeri no 21 di Bireuen NAD.Saya melihat ada maskot Pipo dan Sigi.Banyak sekali ilmu yang saya dapat untuk melakukan promosi ini.Saya sangat membutuhkan gambar yang menarik minat anak. bagaimana cara saya mendapatkannya.Untuk membuat anak-anak lebih yakin dan menambah wawasan mereka tentang pengetahuan kesehatan gigi yang selama ini masih sangat kurang.Tolong bantu saya PEPSODENT….

  • Nandang Rahmat :

    Assalammu alaikum Wr.Wb.

    Disampaikan dengan hormat, bahwa Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Garut C.q Unit SAR 0905 dalam rangka menmbekali anggota Pramuka Dalam rangka mempersiapkan dan membekali pengetahuan anggota Unit SAR 0905 dan Anggota Pramuka , yang diantaranya olah raga panjat dinding. Namun demikian seringkali ketika kami terlibat dalam kegiatan selalu dihadapkan oleh kendala minimnya peralatan dan perlengkapan yang kami miliki, maka dengan ini kami selaku pengurus bermaksud akan mendirikan Papan Panjat Dinding Unit SAR 0905 Kwarcab Garut,, kami menerima bantuan berupa konstruksi yang pada saat ini telah berdiri.

    Mengingat keterbatasan kami, maka kiranya Perusahaan yang bapak pimpin dapat memberikan bantuan demi terealisasinya Pendirian Papan Panjat Dinding dan demi suksesnya Unit SAR 0905 Kwarcab Garut, Amin.

    Demikian surat Permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian bantuan dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

    Wassalammu alaikum Wr.Wb.

  • Moch Agus :

    Animasi sangat membantu dalam memberikan pendidikan terhadap anak-anak & keberadaan pepo & sigi tentunya sangat diharapkan. Bagaimanakah cara kami mendapatkan animasi pepo & sigi? Kami adalah yayasan yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan ke sekolah-sekolah di Bandung dan sekitarnya, bagaimanakah kami menjalin kemitraan dengan pepsodent? Terimakasih

  • mia :

    qt lg kkn, salah programnya mau bkin penyuluhan kshatan gig dan mulut gitu,, bisa bantu ga?

  • aswin lubis :

    saat ini kami sedang menjalankan program UKGS di seputar Kota Padangsidimpuan,Untuk itu kami sangat mengharapakan alat bantu yang bisa menarik perhatian dan menambah wawasan anak-anak seputar kesehatan gigi di lingkungan sekolah SD dan SMP untuk bagaimana cara kami bisa mendapatkan alat peraga pepo dan sigi dan gambar seputar kesehatan gigi.Dan saat ini kami sangat mengharapakan kiranya ada sponsor yang mendampingi acara sosialisasi kami tersebut,terimakasih.bisa menghubungi kami di
    Aswin lubis 0819611190,
    Drg.Fithriani di nomor 081361118943

  • rumahmainan :

    Boneka jari yang kita punya bisa gak ya.. , buat penyuluhan gigi anak. he he..,cek boneka jari kita di http://www.rumahmainan.com

  • yuyun hidayat :

    saya sangat tertarik dengan media-media yang dikeluarkan oleh pepsodent, bagaimana cara mendapatkannya?? apakah ada nomor telepon yang dapat saya hubungi?? karena sekarang saya sangat membutuhkan alat-alat peraga tersebut untuk penyuluhan ke SD dan TK. Mohon bantuannya dan terima kasih.

    Alumni Jurkesgi Poltekkes Tasikmalaya
    Yuyun Hidayat.

  • yuyun hidayat :

    Maaf lupa ni nomor hp yang bisa anda hubungi 085223681099, kpn ada pemeriksaan gigi gratis lagi? coz waktu kuliah ada pemeriksaan dri pepsodent. Thank’s

    Alumni Jurkesgi Poltekkes Tasikmalaya
    Yuyun Hidayat

  • Sri Kurniati :

    Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan film animasi tsb, atau apapun bentuknya yg dpt dipergunakan buat UKGS?
    Mengingat 2 minggu lg saya ada kegiatan di salah satu Tk-PG di kota saya.
    terima kasih.

  • A Gempur P :

    mana neh jawaban semua pertanyaan komentar diatas???
    butuh informasi flip chart “pepo & sigi”, kita bisa mendapatkannya dimana ya?

  • Pitra :

    Saya nggak bisa menyediakan itu semua. Akan lebih baik bila untuk request film/flipchart dll langsung ditujukan saja ke Unilever Indonesia. UP nya ditujukan ke Brand Manager Pepsodent. Hehe, jangan minta ke sini, karena belum tentu juga orang Pepsodentnya baca blog ini.

  • Atik R :

    saya mahasiswa FKG UI angkatan 2006…

    saya ingin sekali bekerjasama dengan pepsodent untuk mengadakan acara penyuluhan gigi secara berkala di daerah depok marginal….bagaimana caranya agar saya mendapatkan info dan kerjasama dengan pepsodent terutama dengan program-program penunjang dari pepsodent???…

    saya sangat menunggu konfirmasinya…

    sekian…terimakasih…

    wass..

  • FITRIANIani :

    Saya salah satu petugas kesehatan yang bergerak di bidang penyuluhan dan promosi kesehatn di NGO lokal, saya waktu mengadakan kampanye sikat gigi untuk anaka sekolah, susah mendapatkan alat perawa, saya sangat perlu sekali alat peraga…..saya kebetulan bekerja di area tsunami di aceh, lamno kec. jaya.

  • drg.yuyun.Sp Orth :

    mohon dikirim sarana ukgs mulai dari alat peraga sampai vidio & audionya yang akan dipakai bhakti sosial & ukgs di sekolah dasar terpencil di serang dalam rangka hut bhayangkara ke alamat : komp polri pengadegan blok O:58, jaksel [jak 12770], mohon jg informasi untuk harganya. terima kasih

  • marthin :

    saya sering melakukan penyuluhan kesehatan gigi disekolah sekolah tetapi sarana ,alat peraga untuk penyuluhan tidak ada, dengan adanya alat peraga tersebut dimaksudkan agar penyuluhan tersebut lebih menarik . bagaimana caranya untuk mendapatkan alat peraga tersebut?apakah pepo dan sigi dapat membantuku?

  • nCyc Imoet :

    maen-maen donk keBali

    sapa tau bisa kerjasama untuk penyuluhan kesehatan gigi….
    kyanya keren peke model atau cerita boneka yang asli kya gini untk anak-anak…
    hehe,,,,

    _salam imoet_fullofsmile

    terimakasih!!!

  • drg.DIAN O.C :

    asslm

    saya mau nanya bagaimana saya bisa mendapatkan alat bantu tsb?tolong informasinya…kebetulan saya sedang melanjutkan studi d bidang sp.kedokteran gigi anak..trimakasi atas perhatiannya.

    wass,dian

  • Melki Nubatonis, SKM :

    saya mahasiswa magister kedokteran gigi pencegahan dan promosi FKG UGM, hendak melakukan penelitian tentang promosi kesehatan gigi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah dasar. bagaimana cara saya mendapatkannya.Untuk membuat anak-anak lebih yakin dan menambah wawasan mereka tentang pengetahuan kesehatan gigi yang selama ini masih sangat kurang.Tolong bantu saya PEPSODENT….

  • lukas progres :

    SETAU SAYA PROGRES YG BIKIN….DARI MULAI KARAKTER SAMPAI ANIMASINYA 12 EPS….KO SEOLAH-OLAH KALIAN YG BIKIN…DOGSHIT!!!

  • Pitra :

    Pak Lukas, lama gak ketemu Pak. Ini udah posting lama loh. Yang membuat memang Progres animasi 12 eps-nya. Lagian saya nggak bilang juga kalo saya yg buat (coba baca ulang). Sbg catatan, blog ini ngebahas hal kreatif yg umum, bukan berisi jualan karya kita sendiri.

    So check other posts in this blog, so you may get references what this blog is all about.

  • drg.anye :

    mohon info bgm cara mendapatkan audiovisual ttg pepo dan sigi?soalx sy berencana akan mengadakan penyuluhan di tempat PTT saya,yang terletak di daerah sangat terpencil kabupaten dan kepulauan Pangkep SULAWESI SELATAN.Makasih untuk Infonya…

  • Ame Tarigan, drg :

    Salam, Saya dan ibu-ibu kelompok pengajian saya berniat mengadakan bakti sosial ke tempat anak-anak yang membutuhkan penyuluhan dan pengobatan gratis di daerah Lembang. Gimana ya caranya dapat dukungan dari Unilever atau sponsor sehingga kegiatan itu lebih baik? Terus terang kadang ide kegiatan seperti itu sering muncul tetapi ga bisa berencana lama seperti lebih dari 1 bulan. Biasalah ibu-ibu pengajian.

  • drg luluk :

    bagaimana untuk mendapatkan alat peraga ukgs dan adakah contoh alat peraga tsb di website ini tq

  • icha :

    saya dokter gigi puskesmas, alat peraga baik manual maupun media audiovisual sangat dibutuhkan sbg alat promosi ukgs yang sangat efektif, mohon informasinya untuk mendapatkannya dan bagaimana cara untuk mendapatkan kerja samanya dengan PEPSODENT. tq

  • drg.olin :

    gimana cara dapetnya n harga…..

  • drg. selly :

    saya dokter gigi puskesmas di kabupaten maluku tengah. menurut saya cerita animasi ini sangat membantu dalam memberikan penyuluhan buat anak-anak SD, gimana caranya mendapatkan alat peraga, dll yang dibutuhkan untuk penyuluhan dan saya juga ingin mengadakan program sikat gigi massal untuk anak-anak SD di daerah kerja puskesmas saya, gimana caranya mendapatkan kerja sama dengan pihak pepsodent. terimakasih sebelumnya

  • dewi amisani, drg :

    selamat pagi…
    saya mau tanya.. kami sering melakukan penyuluhan ke sekolah2 untuk program UKGS..baik itu punyuiluhan, sikat gigi masal, pemeriksaa gigi berkala. bagaimana caranya agar kami bisa bekerja sama dengan pepsodent ?
    terima kasih ya

  • Lucas :

    Hallo mas Pitra ..apa kabar?

    secara kebetulan saja pagi ini tiba2 mampir dan temukan ada postingan atas nama saya perihal siapa yg produksi pepo sigi. Mau klarifikasi saja itu bukan posting an dari saya. Ntah siapa ..sbab nama saya sendiri saja salah ketik ya..
    Thanks

    Salam Sukses

  • Pitra :

    @Lucas

    Loh ini Pak Lucas aslinya muncul. Ini postingan sudah lama. Meski dulu saya juga sempat menduga kalau itu palsu (terlihat dari emailnya), tapi tetap saja perlu ada yang saya clear kan.

    Masih mengerjakan animasi, Pak?

  • mia ramadhani :

    ass .

    pengen liat judul2 KTI dong klo bisa yang literatur .
    tp klo g da jg gpp yg penelitian .
    makasih .

  • drg indah fajarwati :

    saya ddrg di puskesmas mantingan ngawi. gmn bisa mendapatkannya? pasti penyuluhan yg nanti sy lakukan angat menarik

  • fiberglass :

    wah … ide kreatif untuk meningkatkan kesehatan gigi masyarakat dan tentunya juga untuk meningkatkan jumlah omzet penjualan pasta gigi. Salut atas ide kreatifnya. Kebetulan saya mempunyai seorang kakak yang berprofesi sebagai dokter gigi di lombok tengah, siapa tau dapet sampelnya 🙂

    ngomong – ngomong : saya produsen fiberglass, siapa tau membutuhkan model dengan bahan fiberglass, silahkan hubungi email ststwn@yahoo.com

  • Calon Dokter Gigi :

    saya akan melakukan penyuluhan tentang anatomi gigi,,,

    Kira kira poster yang menarik bagaimana?

  • drg dwi astuti :

    saya seering melakukan penyuluhan kesehatan gigi untuk anak anak tk dan sd ,,,sungguh sangat berguna bila saya bisa mendapatkan alat peraga dan animasi ini,,,bgm cara mendapatkannya?trimakasih

  • retno :

    pak film pepo dan sigi bisa di tayangkan lagi ga di tv setiap pagi dan malam sebelum tidur terima kasih pak.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge