Home » Online Branding

Open Source Marketing

19 July 2005 9,219 views 2 komentar

Istilah ini diambil dari salah satu tulisan James Cherkoff di www.collaboratemarketing.com. Disebut demikian karena konsepnya mirip dengan konsep open source dalam pembuatan software, yaitu bertumpu pada komunitas. Komunitas yang di dalamnya terdiri dari banyak orang yang berpikiran serupa.

Pola pemasaran saat ini dikatakan sudah tidak cocok lagi. Kondisi dimana suatu kegiatan kampanye produk harus berdasarkan guideline yang telah ditetapkan oleh brand manager atau marketing manager dirasakan sudah tidak tepat lagi. Untuk beberapa hal, bahkan menjadi rahasia pengelola brand. Untuk mereka di komunitas, kalau pesan kampanyenya tidak menarik (mungkin karena tidak sesuai dengan gaya mereka), kampanye itu tidak akan digubris. Mereka lebih tertarik untuk mengembangkan sendiri brand berdasarkan persepsi mereka sendiri.

Komunitas open source ini bergerak secara transparan, real time, dikelola oleh pribadi (bukan perusahaan), dan memiliki jaringan sosial yang luas. Dalam kondisi demikian, brand manager harus lebih cerdik. Ia harus lebih membuka diri, mengganggap komunitas sebagai pihak yang lebih pandai. Ia secara halus mengajak anggota komunitas itu untuk berpartisipasi menentukan nilai-nilai dari brand.

Agar tidak kebablasan, bisa jadi, brand manager menentukan suatu panduan umum, dengan pengembangan kreatifnya diserahkan kepada komunitas. Sebagai contoh, iklan Budweiser dengan ‘Whassup!’ nya pertama kali muncul dalam bentuk TVC. Tak lama, di dunia internet tersebar beragam versi ‘Whassup!’ yang dibuat oleh konsumen. Produsen Budweiser, Anheuser-Busch, membiarkannya karena melihat komunitas mengembangkannya dalam bentuk yang lebih inovatif.

Intinya, dengan model kampanye seperti ini, konsumen pun ikut terlibat dalam penyampaian pesannya. Tidak melulu satu arah, dicekoki oleh pesan dalam brand, dimana konsumen mau tidak mau hanya bisa menerima. Konsumen pun bisa ikut memberikan persepsinya tentang brand.

Hei, siapa tahu malah akan muncul ide-ide baru yang inovatif dari aktivitas ini…

Info lebih banyak tentang open source marketing:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

  • ashari :

    good and excellent!!!!!!!!!!

  • mas kholiq :

    mantap,,,,,

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge