Home » Creative Works

IPE, Maskot Budaya Indonesia Power

9 August 2005 10,247 views 3 komentar

Sejak tahun 2004, Indonesia Power, anak perusahaan PLN, mengkampanyekan nilai-nilai budaya perusahaannya yang baru, yang terangkum dalam IP-HaPPPI (integritas, profesional, harmoni, pelayanan prima, peduli, pembelajar, dan inovatif). Nilai-nilai itu nantinya akan ditunjukkan oleh para staf teladan mereka, yang mereka sebut dengan agen pengubah.

Maskot Ipe

Untuk lebih memudahkan komunikasi nilai-nilai budaya tersebut ke seluruh staf, maka dibuatlah sebuah maskot (yang merefleksikan agen pengubah itu). Maskot yang diberi nama Ipe ini diharapkan akan menjadi panutan seluruh staf perusahaan untuk melakukan perubahan dalam dirinya.

Eksekusi visual maskot Ipe ini dilakukan melalui komik (yang disisipkan dalam majalah internal perusahaan), poster (yang ditempelkan di seluruh unit perusahaan), serta video (yang diputar di setiap ruang publik di seluruh unit perusahaan).

Poster dan komik

Video

Pemilihan desain maskot yang tepat memerlukan pertimbangan yang matang. Selain aspek nilai-nilai budaya yang memang harus diperhatikan, desain sebuah maskot juga perlu mempertimbangkan aspek sosial dan budaya yang sudah melekat di dalam diri staf perusahaan.

Desain maskot Ipe dan eksekusi visualnya dikerjakan oleh Bajing Loncat.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

3 komentar »

  • handri jansah :

    komik di dunia sekarang sudah sangat banyak dan baik juga dalam gambar kalau boleh aya ingin mempublikasian komik karangan saya

  • Lufy :

    sederhana banget..tapi komunikatif yooooo…
    Ok lah

  • Danny Fahmi :

    lucu, unik, dan menyenangkan. saya paling suka dengan jambulnya yang identik dengan lambang listrik ato kayak petir. tapi yang penting lambang harus mencerminkan identitas dan kepribadian perusahaan.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge