Home » Creative Works

GI Joe: Sigma 6

10 October 2005 8,341 views 15 komentar

GI Joe: Sigma 6Komik GI Joe memang bukan komik lokal (namanya saja GI Joe, pasti komik produksi US). Namun, ada hal menarik untuk komik mini seri berjudul GI Joe: Sigma 6 ini. Komik bertotal 6 edisi ini ternyata hampir 50%-nya dikerjakan oleh artis Indonesia, yang mencari sesuap nasi di negeri orang. Ilustrasi pensil komik ini dikerjakan oleh Christiawan (atau Chris Lie, sebutan di sananya), sementara penintanya adalah Ramanda Kamarga, yang keduanya orang Indonesia asli.

Untuk ukuran komik berkelas mainstream, mungkin baru pertama kalinya kini ada artis Indonesia yang menembus prestasi ini. Untuk Chris, ini adalah debut komik ke-4 nya di sana. Komik lainnya adalah berjudul GI Joe: Arashikage Showdown, dan dua komik cerita pendek untuk Josie and the Pussycats, yang semuanya ber-style manga.

Josie and the Pusscyats

GI Joe: Arashikage Showdown

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

15 komentar »

  • Eric :

    two thumbs up..

    keren keren….akhirnya komikus Indonesia goes international

  • joshua :

    Menurut saya, ini juga adalah suatu penghargaan yang luar biasa untuk seorang anak bangsa indonesia menjadi bagian dari ikon dunia. Bahkan menjadi penciler dan inkernya lagi…WOW!!
    Saya juga penggemar GI Joe waktu film animasinya di putar oleh RCTI pada waktu tahun2 awal berdiri bahkan saya juga mengkoleksi komiknya yang sempat diterbitkan oleh Penerbit “Midas Surya Grafindo” sampai vol. 32 kalo gak salah, terus memainkan gamenya di konsol Nintendo dan Arcade.
    Karakter favorit saya adalah Snake Eyes, Duke, Dusty, Scarlett, Storm Shadow dan Destro.
    Saya sempat mengikuti perkembangan terakhir dari GI Joe dengan GI Joe-Frontline, GI Joe VS Transformer…walaupun cuman sekedar tahu aja…hehehe

  • Neny :

    Pitra,

    Salam buat Chris kalo masih kontak ya? Udah ilang kemana rimbanya tuh anak…

  • joe :

    gw pikir wajar kalee ya, soalnya mereka bedua kalo ga salah emang kuliah seni di amerika sana, ya jadi …wajar aja kali bagi gue, kalo mereka punya link ke sana!

    MUNGKIN KALO ILLUSTRATOR INDONESIA NONGKRONG DI AMERIKA SANA…PASTI DAH..GA KALAH KAYAK ARTIS2 KOREA DAn JEPANG!..BANYAK NYANG NYARI KALEEE…HUAHEHEHEHE! ya ngaaak… jangan patah semangat…!trus maju…!

  • Komikus: Chris « See, observe, and (still) learn… :

    […] AR’93… kayaknya sempat kerja di salah satu publisher komik Indonesia… kerja di Singapore & agak ditolak di sana… terus melanglang buana ke USA… termasuk lulusan terbaik Master of Sequential Arts 2005 di Savannah College of Art & Design… dan sampai sekarang!!! […]

  • cici :

    waaaah…
    hebat ya…

  • william :

    gile die sih hebat bener.
    kalo bisa jadi komik baru sih mungkin jago, tapi ini brand yang uda jadi legenda di amrik lalu uda punya pameran khusus gi joe sndiri, plus chris yang dapet pula project ini.

    salutt….
    emang top deh.

    btw ada yang tau ga dimana bisa dapetin figur sigma 6 selain di multi.
    tenk u ya.

  • farkhan :

    penasaran..nyari2 kesana kemari,,,baru nemu belum lama ini…yup..GREAT!!!

  • kawai :

    wedeeeeeewwww~~~~~~ kueeereeeeeennnn banget!!!!! tapi ciri indonya kok ilang ya?!

  • tukang batjok :

    kawai komentar:

    wedeeeeeewwww~~~~~~ kueeereeeeeennnn banget!!!!! tapi ciri indonya kok ilang ya?!

    – biar lah, ciri indonya ilang, emang napa? jgn peduli ciri ini itu, yang penting berkarya dan dikenal dulu baru soal ideologi, bagaimana?

  • Mohammad Iqbal :

    Hebat dan salut.

    Saya sendiri termasuk penggemar G.I.Joe.
    Dulu waktu masih SD saya punya banyak sekali action figure G.I.Joe (yang ukuran 4 inch) berikut kendaraan-kendaraannya.
    Sekarang saya juga mulai mengkoleksi action figure G.I.Joe Sigma 6 (yang tingginya 8 inch).
    BTW dimana saya bisa mendapakan komik G.I.Joe Sigma 6?

  • wbay :

    pak iqbal, tolong infonay dong action figure sigma 6 yg 8 inch, saya juga mau koleksi
    thanks

  • indra :

    jangan keburu seneng dulu… tau gak lo pada sang artist kita dibayar berapa? kalo dibayar murah mah… namanya penjajahan juga! mentang-mentang orang sini harganya murah-murah! berskill tinggi, harga murah… kenapa nggak??!!

  • asli donk :

    bisa minta alamat imel or no kontak Christiawan dan Ramanda Kamarga? Gw perlu buat ngajih job dia di tanah air. kirim ke imel saya aja, tak perlu di publikasikan. Thanks. Lisa

  • emonichi :

    wah keren banget gambarna..jadi pengen belajar ma yang bikin, yang gambar manga na keren abiz kang..ajarin dunks bisa gambar detail kayak gitu..

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge