Home » Creative Works

Potensi Komik

11 October 2005 9,123 views 7 komentar

Komik merupakan media yang unik. Komik menggabungkan teks dan gambar dalam bentuk yang kreatif. Menurut Scott McCloud dalam bukunya ”Understanding Comics,” komik adalah media yang sanggup menarik perhatian semua orang dari segala usia, karena memiliki kelebihan, yaitu mudah dipahami. Gambar yang sederhana ditambah kata-kata dalam bahasa sehari-hari membuat komik dapat dibaca oleh semua orang.

Leif Packalen beserta komikus Frank Odoi dalam bukunya “Comics with an Attitude,” memperlihatkan banyak contoh penggunaan komik sebagai media kampanye pendidikan masyarakat di negara-negara Afrika. Sebagian besar warga Afrika buta huruf, namun komik dapat mengatasi masalah tersebut. Isu-isu yang diangkat dalam komik sangat beragam, mulai dari pencegahan AIDS, penanganan penyakit malaria, cara bercocok tanam, sampai isu sosial seperti pentingnya anak perempuan bersekolah dan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Clear Warriors

Komik merupakan media komunikasi yang kuat. Fungsi-fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh komik antara lain adalah komik untuk informasi pendidikan, komik untuk advertising, maupun komik sebagai sarana hiburan. Tiap jenis komik memiliki kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan jelas.

Komik untuk informasi pendidikan, baik cerita maupun desainnya dirancang khusus untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan. Inti pesan harus dapat diterima dengan jelas, misalnya ‘hindari pemecahan masalah dengan cara kekerasan.’ Namun komik ini juga harus memiliki alur cerita yang menarik bagi pembaca. Jika tidak, komik akan terasa menggurui dan membosankan.

Pepo dan Sigi

Komik juga dapat dimanfaatkan sebagai media advertising. Maskot suatu produk dapat dijadikan tokoh utama dengan sifat-sifat sesuai dengan citra yang diinginkan produk atau brand tersebut. Sementara pembaca dengan senang hati membaca komik, pesan-pesan promosi produk atau brand dapat tersampaikan (soft selling).

Komik sebagai sarana hiburan merupakan jenis komik yang paling umum dibaca oleh anak-anak dan remaja. Bahkan sebagai hiburan sekalipun, komik dapat memiliki muatan yang baik. Nilai-nilai seperti kesetiakawanan, persahabatan, dan semangat pantang menyerah dapat digambarkan secara dramatis dan menggugah hati pembaca.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • Arif handoko :

    eh aq mo tanya gimanasih cara pembuatan komik sampe dengan cara menerbitkan nya?
    trus bahannya apa aja yang dipake? misalnya kertas apa,tinta apa?
    tolong dijelaskan dan kirim ke email saya!
    saya tertarik sekali membuat komik!

  • Umam :

    mohon bantuan, infomasi buku Scott McCloud judul ”Understanding Comics,” dimana saya bisa dapatkan? dan apa saja kriteria komik yang baik/ barnilai educative? thanks before

  • Nur :

    Buku2 yang ngejual tentang sejarah,dampak,fungsi komik di mana sih???? kok d cari2 gak ketemu2 yah!!
    Pkknya yang berkaitan dengan komik deh

  • iky :

    Aku lagi bikin makalah tentang komik neeh, ya buat bahasa indonesia…
    Bantuin dunk!! Apa aja yang berhubungan dengan komik (terutama dampaknya dalam kehidupan remaja) kasih tau yaw?!! Kirimin ke e-mailku aja. Oce oce?? Thanx…

  • Atjong :

    Pertanyaan saya mirip dg P Arif Handoko.
    Bagaimana cara menerbutkan sebuah komik.
    Permasalahannya begini :
    Anak saya kelas 3 SD hobi sekali membuat komik.
    Bentuknya sih cerita pendek saja, paling2 cuma 6 halaman.
    Tapi dijamin lucu dan nggemesin.
    Nah, menurut saya, ilustrasinya harus dibenerin dulu.
    Jadi, sekarang saya juga cari ilustrator nih.
    Setelah itu, baru saya akan lempar ke penerbit.

    So, pertanyaan saya tepatnya begini :
    1. Bagaimana mencari ilustrator
    2. Bagaimana dg honor ilustrator, apakah saya bayar fee sebelum diterbitkan, atau nanti setelah diterbitkan.

    Ok, thanks kalau ada yg mau jawab.

    Salam

  • nesa :

    Eh…..
    Q dah buat komik kira2 250 halman, cara nerbitinnya GIMANASIH?

  • m3n1k :

    buat umam bukunya scot McCloud bisa di beli di Gramedia Surabaya soalnya aku dapetnya buku itu disana…
    mohon bantuannya dong??
    tolong bantuin aku cari websitenya komunitas komik yang ada di malang penting banget buat ngerjain skripsi

    Thanx U

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge