Home » Online Branding

Video Interaktif untuk Viral

6 November 2005 6,965 views 2 komentar

Kendala nomor satu internet di negeri kita adalah kecilnya bandwidth dan mahalnya akses internet. Hambatan inilah yang menyebabkan belum bisa dinikmatinya fasilitas video streaming di Indonesia. Sementara di US, teknologi TV interaktif makin berkembang, hingga kini Anda bisa menonton serial TV favorit seperti Desperate Housewive melalui iPod Anda.

Namun itu di US. Masih lama rasanya kita akan bisa menikmati fasilitas itu. Lalu, bagaimana menyiasati menggunakan video sebagai media interaktif untuk menyampaikan pesan-pesan brand? Mungkin Anda bisa melihat website When She’s Hot (sebuah website promosi produk Old Spice) dan website Bandies Gone Wild (sebuah website promosi DVD American Pie: Band Camp).

When She's Hot

American Pie: Band CampDi setiap website itu, pengunjung bisa melihat potongan (cut) video. Secara interaktif, pengunjung bisa memposisikan setiap cut ke dalam alur waktu (timeline) yang sudah disediakan. Pengunjung juga bisa memasukkan variasi audio yang tersedia. Hasilnya, rangkaian cut yang disusun pengunjung sendiri bisa dilihat sebagai satu video utuh. Bahkan, pengunjung bisa mengirimkan hasil video akhir ke e-mail rekan-rekannya. Penyebaran secara viral pun terjadi.

Teknologi Flash semakin mendukung hal ini. File video bisa dikompresi kecil, sehingga ukuran setiap cut tidak jauh berbeda dengan image statis, yaitu sekitar 100-200 Kbytes. Video pun bisa disajikan secara interaktif, sesuai keinginan Anda, tidak melulu linear seperti iklan yang Anda lihat di TV.

Bayangkan, kalau Anda bisa menyusun sendiri semua potongan dance Dewi Sandra dalam iklan Rexona menjadi suatu video tersendiri. Potongan setiap dance Dewi Sandra juga akan membantu pengunjung untuk mempelajari setiap bagian gerakan dance-nya. Itu baru salah satu contoh. Masih banyak lagi yang bisa dipikirkan aplikasi branding dalam media video interaktif ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

  • victor :

    menurut saya forum media ide sangat bagus….
    teerima kasih atas bantuannya

  • kentoon :

    menurut saya, forum media ide sangat bagus untuk wawasan selanjutnya.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge