Home » Creative Works

Film dan Brand

26 April 2006 6,209 views 5 komentar

Beriklan tidak harus melalui TVC. Pemasang iklan mulai mempertimbangkan untuk mencari media tayang lain. Coca-Cola melakukannya dengan menjadi sponsor utama program American Idol. Seluruh cup yang diminum para juri adalah Coca-Cola. BMW menayangkan program yang lebih dahsyat, dengan membuat beberapa film pendek berseri “The Hire.” Dalam salah satu cerita, sang protagonis menunjukkan kepiawaiannya mengendarai mobil BMW dengan menghindari kejaran polisi, sambil mencari posisi korban penculikan yang disembunyikan dalam bagasi mobil yang akan tenggelam.

The Call

Upaya beriklan melalui film ini diikuti oleh Pirelli dengan film pendek terbarunya, “The Call,” yang dibintangi oleh Naomi Campbell dan John Malkovich. Film ini menceritakan tentang pertentangan antara seorang pendeta dan iblis. Film ini merupakan metafor dari tagline Pirelli, “power is nothing without control.”

d*Girlz Begins

Brand Softex di Indonesia baru saja melakukan hal serupa. Tiga karakter yang sudah menjadi maskotnya sejak dulu, Amanda, Nicky, dan Alexa, kini dihidupkan dalam format layar lebar, “d*Girlz Begins.” Mereka bertiga punya selera yang berbeda-beda, namun selalu bekerja sama memecahkan kasus kriminalitas. Di film ini, mereka menyelidiki gembong narkotika yang masuk ke dunia kampus. Seluruh pemeran utama film ini adalah pemain baru, meski ditampilkan beberapa cameo selebriti terkenal.

Jumlah penonton film Indonesia di bioskop saat ini mencapai 200.000 – 300.000 orang. Apakah biaya yang dikeluarkan Softex untuk produksi film ini bisa sebanding dengan target pasar yang diraihnya? Apakah karakter d*Girlz yang merupakan personifikasi dari produk Softex sendiri bisa diterima oleh penontonnya? Kita tunggu saja nanti apakah film ini sukses di pasaran atau tidak.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

5 komentar »

  • George santoso :

    khabarnya film ini berhasil menjual tiket 100,000 lebih n bertahan lebih dari tiga minggu di sinema 21. N yang jelas awareness nya softex bikin film remaja tinggi banget belum lagi kalo nanti di putar di TV.

  • dona :

    gw butuh banget cd or rekaman film d girlz begin buwat skripsi. ada yang bisa bantuin ga yah… kalo ada, tolong banget hubunhgi di e-mail gw di donagartari@yahoo.com yaahh… thanx.

  • eki :

    ada gak ya istilah khusus berpromosi lewat film kayak gini?

  • eki :

    yang pasti promosi kayak gini punya image yang lebih baik buat brand karena banyak penonton yang masih belum sadar kalo itu iklan. mungkin tingkat persuasif bisa lebih tinggi dibandingkan iklan di tv.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge