Home » Creative Works

Deteksi Dini Kanker Payudara

15 May 2006 50,048 views 52 komentar

Kanker payudara merupakan salah satu kanker berbahaya yang sudah banyak menimbulkan korban. Di Indonesia kanker payudara menduduki peringkat kedua setelah kanker leher rahim yang paling banyak menyerang wanita Indonesia. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan penyadaran diri untuk pemeriksaan payudara lebih awal. Dikatakan, kalau 85% benjolan di payudara ditemukan oleh wanita sendiri. Informasi lebih banyak bisa dilihat di website Pita Pink milik Yayasan Kanker Payudara Jakarta.

Di US, salah satu lembaga yang serius menangani ini adalah Rethink Breast Cancer yang banyak melakukan kampanye penyadaran, pendidikan, dan penelitian terhadap program-program yang relevan dengan kanker payudara. Salah satu bentuk edukasinya adalah melalui website Check Out My Breast, yang berisi video interaktif tentang cara mendeteksi awal kemungkinan terjadinya kanker payudara. Videonya memang menayangkan wanita muda bertelanjang dada, tapi apa yang diinformasikan sangat edukatif. Untuk yang tertarik mengunjungi website-nya, bersiap-siaplah untuk menunggu lama, karena videonya berukuran 8 MB.

Check Out My Breast

Video interaktif ini merupakan awal dari kampanye Fashion Targets Friday, dimana Rethink Breast Cancer mengajak pria dan wanita untuk mendukung penyadaran bahaya kanker payudara, dengan memakai t-shirt bergambar target merah. Rencananya, kampanye memakai t-shirt rama-ramai ini akan diselenggarakan tanggal 26 Mei di seluruh Kanada.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

52 komentar »

  • sari :

    usia saya 14 payudarah saya ukurannya kecil saya merasa g”PD” lalu saya ngasih kapas di BH saya apakah itu bisa manyababkan kangker ,saya minta tips cara memperbesar payudarah dgn cara tradisional supaya payudarah saya berisi tolong dijawab secepatnya

  • febri :

    saya menemukan benjolan,tetapi tidak di payudarah saya tapi didekat ketiak saya…dan payudarah saya beda sebelah…jadi,apakah saya terjangkit kangker payudarah pa bukan&bagaimana cara mengatasinya?
    tapi saya masih takut untuk periksa ke dokter.tolong saya apa yang harus saya lakukan???

    saya berusia 16 thn