Home » Online Communities

Blog-nya IM3

8 June 2006 6,778 views 28 komentar

IM3, salah satu perusahaan selular Indosat yang memang membidik remaja, ternyata melihat potensi remaja sekarang yang mulai suka menulis blog. Mungkin, supaya tidak ketinggalan kereta, mengingat sejak tahun lalu, sudah banyak remaja menulis melalui blog yang disediakan oleh Blogspot dan Friendster.

Yang menarik, karena ini perusahaan selular, IM3 mengajak pelanggannya untuk posting blog-nya melalui telepon selular, sesuatu yang belum pernah ditawarkan oleh penyedia blog gratis lainnya. Menyebalkannya, fitur blog ini ternyata hanya boleh dipakai oleh pelanggan IM3. Bahkan pelanggan Matrix atau Mentari tidak bisa menggunakannya. Mungkin ini salah satu trik IM3 untuk menjaring pelanggan teregistrasi untuk semakin loyal dengan produk IM3. Buktinya, belum lama fasilitas blog ini berjalan, sudah 3.000 pelanggan menggunakannya.

Secara fitur, blog ini memiliki gaya administrasi yang mirip dengan Blogspot. Perbedaannya, blog IM3 memungkinkan kita untuk hosting gambar, dan mengkategorikannya sendiri (seperti Flickr). Sisanya, fiturnya tidak jauh berbeda dengan penyedia blog gratis lainnya. Desain template-nya pun menarik, dan khas anak muda. Sayangnya, fasilitas search blog (yang menampilkan brand IM3) di bagian atas layar (yang posisinya menyerupai Blogspot) terlihat mengganggu, karena setiap kali pengunjung men-scroll blog ke atas dan ke bawah, ia selalu naik dan turun menghilang dari layar.

M3-Blog

Sebenarnya peran IM3 untuk ikut membangun komunitas di dunia maya ini menarik untuk dicermati. IM3 bisa menstudi perilaku para pelanggannya melalui blog dan forum yang disediakan. Tentu tujuannya baik, untuk memberikan pelayanan lebih baik. Asal saja jangan sampai menjadi berlebihan. Misalnya, tiba-tiba memasang banner iklan (di luar brand IM3) di setiap blog pelanggannya. Mudah-mudahan ini tidak terjadi, karena saat seseorang memiliki dan menulis blog, halaman blog itu sebenarnya ikut menjadi bagian dari kepribadiannya. Pemilik blog-lah yang berhak memilih apa yang boleh dan tidak ditayangkan di blog-nya.

Terkait dengan mengembangkan komunitas, pada hakikatnya semua orang selalu ingin dikenal. Di sini, setiap pelanggan blog yang mempunyai posting berita terbanyak akan dikenal sebagai Bintang M-3 Blog. Jadi, rajin-rajinlah menulis (tapi jangan sekedar copy paste dari artikel lain) kalau ingin fotonya terpampang di halaman muka blog ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

28 komentar »

  • dental :

    Gw tau designernya πŸ˜€
    patut diteruskan beberapa keluhan2 disini

  • Lemi4 aka. fERDI:) :

    Sesuatu yang belum pernah ditawarkan oleh penyedia blog gratis lainnya.

    Umm… Blogger bisa lho posting via telpon seluler..

    Nama layanannya Blogger Mobile, sejak September 2005. Keterangan lebih lanjut di rilis dan FAQ-nya. Walaupun cuma carrier Amrik doang… dan hanya via MMS dan Mobile E-mail (aka. Blackberry dkk.)

  • aris :

    im3 smakin ok aj………….

  • melly :

    im3 eMan9 Ok Ban9eeeeeeT ,,,,,,,,

  • indra kusuma atmadja.LLM :

    menurut saya sudah cukup bauk untuk saat ini,namun saya kurang suka sama im3 karena pernah beberapa kali saya mengisi pulsa im3 saya tiba2 saja pulsa saya habis,padahal tidak saya gunakan,saran saya agar im3 memperhatikan hal semacam itu,karena itu merupakan kerugia bagi konsumen seperti saya ini,ok sekian dan terima kasih i love im3

  • muis :

    bwat gw im3 raja d segala rajanya sms, pokoknya tooop bgt deh

  • fery :

    m3 murahin dong tarif telpon nya biar lebih asoyyyyyyyyyy

  • fery :

    bagaimana cara buat blog dari m3 secara gratis.kasih tau ya plizzzzzzzzzzzzzzzzz

  • fery :

    capeeeeeeeeeeeeeeeeee dechhhhhhhhhhh pake operator lainnnnnnnnnn

  • hendro :

    m3 kadang-kadang sinyalnya kurang…terus masalah bonus banyakin sekalian napa….kirim sms 10 kali bonus 20 kali sms…lainnya dah oke pUnYa

  • GYLANK :

    IM3 TOP BANGET BUAT GW DEH

  • JoLiE :

    IM3 Siip dech…
    Kapan ya..IM3 bersaing u/ tarif telpon yang murah..????
    Jangan hanya ngandalin sms aja…
    Biar gak kalah ma yang laen..
    Oceyyy….

  • Aksa :

    secara umum im3 sudah sangat bagus yaitu dengan memberikan pelayanan gratis bwt blog, mungkin ini trik promosi, yang belum dipakai oleh operator lainya, saya berharap semoga lebih up to date, dan beragam fasilitas lainya

  • indra :

    tolong kirmin data2 tentang m3 dunk…
    plizzzzzzzz…
    thanks yup….

  • Derry Fauzi :

    Salam kenal, Informasi yang menarik trims.

  • prim :

    tapi nama blognya.. jadi panjang banget ya…!!

    Untuk desainnya cukup bagus, tapi aku belum pernah coba… mau dong coabin

  • irfa'ma'arif :

    Hidup ini bagaikan lampu dinding.Yang di nyalakan di malam hari.Dan janganlah kamu gunakan waktu mu yang tidak berguna.Tapi gunakan lah waktu mu yang ber manfaat bagi mu.Karena waktu itu tidak akan kembali lagi.DiIbaratkan waktu itu “mung mampir ngombe”istilah jawa nya.

  • Ryo :

    IM3 turun gunungggggggg…………..
    skrg tarifnya jd Rp0,01/dtk ke semua operator setelah 90 detik
    90 dtk pertama hanya Rp15/dtk ke sesama INDOSAT
    gw udah nyobain nelp sesama indosat 30 menit cuma abis ga nyampe Rp1400

    IM3, gw pisan euy…… πŸ™‚

  • Argy :

    Infonya baik ok banget.namun q lom begitu tau dunia maya kaya blogs.sudah punyasih websit namun belom bisa mengoptimalkan,bantuin q yach biar pinter

  • indra :

    IM3 memang GATELLLLLLL…..DancOkkkkk…!!!!!..Iklannya aja yang membuat orang mabuk…Aslinya tetap mahal…, Telp n SMS Operator Bayar…, apa-apaan itu…, Masak mendengar keluhan konsumen aja mbayar?…dimana letak perlindungan konsumen mu Hy Dancok IM3????…..Sudah Mahal, Pembohong…Telp Juga Sulit masuk kejaringan…SUper Gatel Loo IM3!!!!…Kita harap Operator lain gak seperti jejak Ne Operator Bangsat..!!!!

  • alga :

    IM3..klo mo lebih maju lagi..(biar pelanggan lain pindah ke IM3),bagusnya..harga SMS ke lain operator di murahkan lagi..tuh jitu lho..
    AS fenomenal..karena harga SMS nya yang murah..
    IM3 jgn mo kalah..temen3 se kampus pada pake IM3 n AS.IM3 nya tuk telepon..n ASnya tuk SMSan..
    tuh artinya..IM3 masih kalah saingan dgn operator lain sola hrga SMS lain operator..
    moga IM3 maju terus..masuk ampe ke deso2 kayak ABRI dulu…. πŸ™‚
    salam kenal semuanya..!!!
    call me: 085641971411

  • anna :

    im3 pembohong………
    katanya nelpon, sms murah ternyata MAHALLLLLLLL………

  • Eko Susanto :

    Mentari ****?CCO susah dihubungi. ?Pihak terkaitpun juga tidak bisa memberi jawaban yang memuaskan mengenahi keluhan pelanggan. Kesimpulan saya, Indosat tidak siap dengan penurunan tarif.

  • Mufree :

    IM3? Top abise.. SMS murah, tlp murah, net murah, bs gratis lg net ny. Emg CCOny byr, y gua seh jrg bget tlp CCO. Mgkn 2bln 1x. No Prob lah. Tetap IM3 jee

  • Mufree :

    Oia, buat IM3, kpn neh ada 3G di SumSel??

  • muhsin :

    mkasih, brillian idea

  • Farhan :

    Apa2an tuh blog IM3,Gw sbgai perwakilan dr member blog IM3,menyatakan ‘Kami benar2 kesal’. Kalau mau di not aktifkan servernya kash tau membernya donk. Pdhl blog gw tuh http://www.m3nok.blog.m3-access.com dah PR2. Gw dah tanyain ke IM3,Jwbn tdk memuaskan dan ngk da permintaan maaf.gw jg dah tulis disurat pembaca kompas,tp ngk da tanggapan.skrg gw dah pindah ke http://www.menoktips.blogspot.com

  • NUR :

    IM3 Sekarang Kurang Nyaman . . Trobelan. . & gk da Gratisan untuk Mig33

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge