Home » Online Communities

Menjual Konten di Metacafe.com

30 November 2006 5,980 views 2 komentar

Setelah membaca tulisan Boediputra di blog-nya, rasanya ada masukan baru bagi para sineas muda dan animator muda Indonesia. Sejak dahulu, banyak studio animasi di Indonesia yang mengeluhkan betapa rendahnya penghargaan atas karya mereka bila dijual ke stasiun televisi. Biaya pengerjaan sebuah episod animasi memang memakan biaya tinggi, yang bisa dikatakan lebih besar pasak daripada tiang, kalau seandainya episod animasi itu dijual hak tayangnya ke stasiun televisi lokal. Di lain pihak, stasiun televisi lokal juga hanya sanggup untuk membayar program animasi dengan harga tinggi kalau program tersebut menduduki rating tinggi (seperti acara-acara sinetron televisi pada umumnya).

Di dunia internet, lebih dulu dikenal YouTube yang menyajikan berbagai video kiriman dari pengunjung. Kesuksesan YouTube – sehingga membuatnya dibeli oleh Google – menggugah website-website video lainnya untuk menunjukkan keunikannya. Salah satunya adalah Metacafe yang menawarkan program lisensi tayang kepada para produser video. Setiap 1.000 pengunjung yang melihat video tersebut, Metacafe akan menghargainya $5. Metacafe baru akan melakukan pembayaran bila video itu sudah dilihat oleh 20.000 pengunjung.

Bentuk videonya bisa apa saja. Dari animasi, video pendek, video liputan, atau apapun, asalkan kontennya tidak melanggar hak cipta orang lain. Biarkan pengunjung yang menilai seberapa menarik video tersebut. Sebagai gambaran, Metacafe pernah melakukan transaksi sebesar $24.000 kepada seorang produser video belakangan ini.

Sebagai langkah awal, kami menampilkan video Asia: Bleak or Bright karya Studio Bajing Loncat di Metacafe. Jumlah pengunjungnya masih sedikit sih. Tapi kita lihat saja beberapa bulan lagi. Siapa tahu kami ikut kebagian rejeki pula dari Metacafe.


Asia: Bleak Or Bright – video powered by Metacafe

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

  • Fernando :

    filmnya keren mas pitra, walaupun produksi lama.
    saya viewer #176. πŸ˜€
    goodluck, semoga sukses!!
    usul mas, bikin film ttg smackdown di indonesia. πŸ˜€

  • buchin :

    metacafe? wah boleh dicoba nih. sayangnya ga bisa di download ya?

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge