Home » Creative Works

Animasi Layanan Masyarakat tentang AIDS

5 December 2006 11,409 views 17 komentar

Awal Desember kemarin adalah hari AIDS sedunia. Di Prancis, kampanye penyadaran tentang AIDS dilakukan melalui iklan layanan masyarakat dalam bentuk animasi. Meski animasi, iklan ini jelas tidak ditujukan untuk anak-anak.

Ada 2 versi iklan. Versi pertama menceritakan tentang kehidupan seorang remaja wanita dari masa ia kecil dijauhkan dari teman-teman pria, hingga saat menjelang dewasa dan digemari oleh banyak pria. Wanita ini terus mencari cinta sejatinya. Versi kedua lebih kontroversial. Ceritanya tentang pria gay yang berusaha mencari cinta abadi.

Prinsipnya, kedua iklan menceritakan perjalanan seseorang dalam mencari kekasih sejatinya. Cerita dibalut dengan gaya humor dengan sinematografi menarik. Musiknya pas banget pula dengan tema iklannya, “live long enough to find the right one.”

Sebelumnya, sudah ada beberapa animasi lain yang bercerita tentang AIDS. Bisa dibaca di posting ini dan ini.

AIDS

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

17 komentar »

  • asf :

    Menarik sekali animasinya.
    “Meski animasi, iklan ini jelas tidak ditujukan untuk anak-anak.”

    Nah ini yang repot. Di Indonesia animasi biasanya dianggap sebagai sarana hiburan anak-anak πŸ™‚

  • icha :

    animasinya keren. Tapi di Indonesia animasi seperti itu tidak akan bisa tayang kecuali tengah malam. Coba Indonesia dapat membuat pesan menarik seperti itu tapi animasinya harus disesuaikan dengan keadaan di Indonesia.

  • claire ria :

    ya emang sih animasi di anggap hanya bwt anak2 pdahal animasi itu ad yang untk dewasa,yah kan pembuatnya bkn anak2,so bagi yang memiliki adik atau anak kcil qt hrus jg mreka.

  • Herman Saksono :

    Yap, saya dah pernah liat animasi itu. Idenya dalem, bagus dan kena. Cuman eksekusinya… yaaa masih terasa alakadarnya. Hehehehe.

    Live long enough to find the right one!

  • Hisyam :

    HArus Lebih Mengena lagi soalnya di Indonesia kan cuman malem doang jadi tambahin lagi biar pada nyadar

  • tatuk :

    boleh minta copy Vidionya

  • prns_hakim :

    terserah mereka ah………..
    hehheheh……gk ada buat komentar
    cuma mau coba aja
    clinkkkkkkk

  • gunawan :

    thanks banget buat seluruh orang2 yang masi peduli pada aids.layanan animasi tentang aids,perlu banget tuch buat nyadarin mereka yang “suka jajan” supaya tobat n masyarakat juga jadi lebih ngerti bahaya aids.

    PS:minta copyan iklan masyarakat ini untuk kegiatan TIM PEDULI AIDS ATMAJAYA JAKARTA.THANKS B4!!

  • D12T_tarkoem :

    Bagus baget animasinya
    sekaligus biar orang2 yang ngesex bebas itu sadar
    apa yang ia lakuin itu berbahya !!!!
    jika gak mau kena tapi pengin ngesex
    mending pake Kondom ajadech !!!

  • melisa :

    bagus banget!!!!!!!!!!

  • NoVyta :

    Baguoz juGa sicH,,sBnaRx gW g Tw pa yg di bcarAin

  • cayi :

    nahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!! gitu dong tunjukan kreativitas kita sebagai kauka muda yang penuh dengan ide-ida yang smart dengan menyampaikan sesuatu pada oranglain dengan hal- hal yang menarik gitu lho!!! ya seperti iklan animasi ini

  • yenni :

    waddddddduuuuuuuuuuuuuughhhhhhhhh
    lumaYaAaAaaaaNNNnnnnnnnnnnn cichhhhhhhhh

  • galankz :

    keren bgt animasinya.. sorry dikit norak coz w msh pemula ney
    sebenarnya animasinya bisa gakya di cerna sama masyarakat w juga setuju sama kk ASF kl animasi di Indonesia animasi biasanya dianggap sebagai sarana hiburan bagi anak ”
    Tank’s ya
    salam. buat owner ma semunya

  • Tommy Yuanda :

    keren bgt nih iklan…. tp animasi memang identik bgt dengan anak kecil… sebuah iklan yang disajikan dalam bentuk animasi pasti di interpretasikan sebagai iklan untuk nak2… knapa ya?… bagaimana menciptakan image bahwa animasi itu bukan hanya utk anak2…?

  • Vallentine simon :

    Lanjut terus untuk iklan ini,gunakanlah dunia maya untuk sesuatu yang nyata,untuk saling memberi infomasi..demi AIDS yang telah merajalela…!

  • fryezka :

    hehe…animasinya akusuka', biar pada sadr tuh orang-orang gila', kecuali mereka yang mau bunuh diri dengan cara yang enak

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge