Home » Online Living

Mengejar Komentar (Bermutu) di Blog

21 December 2006 4,668 views 17 komentar

Untuk para blogger pemula yang (katanya) sampai putus asa karena blog-nya tidak mendapat tanggapan, berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman blog Media Ide ini sebelumnya. Mudah-mudahan sih bisa bermanfaat, mengingat blog ini pun kadang sepi komentar.

  • Fokuskan blog pada topik-topik tertentu saja, yang memang seusai dengan keahlian Anda. Selain ini menunjukkan kalau Anda ahli di bidang tersebut, juga akan menjaga agar tulisan Anda tetap fokus.

  • Belum ada yang komentar? Tidak apa-apa. Terus saja menulis. Semakin banyak Anda menulis, semakin mudah blog Anda nanti diindeks oleh Google. Suatu waktu nanti, orang-orang yang bergerak di bidang yang Anda tulis, akan melakukan pencarian di search engine, dan akan menemukan tulisan dalam blog Anda. Kalau topiknya relevan dengan bidangnya, ia pasti akan komentar.

  • Tulislah sebuah artikel yang lagi hangat-hangat beritanya sekarang. Tapi, coba Anda bahas dari kacamata topik blog Anda. Jangan lupa, masukkan trackback ke tulisan-tulisan di blog orang lain yang sudah pernah membahas berita ini sebelumnya. Lebih baik lagi, kalau di-trackback ke blog-seleb.

  • Dalam menulis, sekali-sekali buatlah sebuah artikel yang diakhiri dengan pertanyaan. Tujuannya, Anda justru mengajak pembaca blog Anda untuk berdiskusi.

  • Kalau ingin mencari sensasi dengan cepat, maka Anda bisa menulis hal-hal yang sifatnya kontroversial, misalnya: seks, kekerasan, atau gosip. Hanya berhati-hatilah saat menulisnya. Akan lebih baik bila hal kontroversial itu masih tetap dihubungkan dengan topik blog Anda, sehingga berkesan kalau Anda tidak menulis itu secara sembarangan.

  • Sesumbar sedikit pun perlu. Anda pasti ikutan mailing list kan? Sekali-kali masukkan tulisan Anda di blog ke beberapa mailing list yang relevan. Jangan lupa, masukkan tautan blog Anda di atas/bawah tulisan. Harapannya, kalau nanti ada pembaca mailing list yang tertarik dengan tulisan Anda, ia tentu akan mencoba mencari langsung sumber tulisan. Hal serupa juga bisa Anda lakukan ke forum-forum di berbagai website.

Hal paling penting di antara yang penting adalah menjaga terus konsistensi tulisan. Apa yang Anda tulis adalah buah pikiran Anda. Tidak usah sakit hati atau kecewa kalau belum ada yang komentar. Lebih baik Anda menunggu komentar dari orang yang tepat, yang mengerti tentang topik Anda, daripada sekedar menerima komentar asal, meski itu dari seorang blogger terkenal.

Satu hal yang paling menyenangkan saat sebuah blog masih sepi komentar adalah, tidak adanya spam. Untuk para blogger yang banyak menerima komentar, mereka secara berbanding lurus akan menerima pula komentar spam yang sama banyaknya. Pekerjaan yang tidak menyenangkan loh memilah komentar-komentar spam setiap harinya. Jadi, untuk satu hal itu, blog Anda yang sepi komentar wajib bersyukur.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

17 komentar »

  • Hedi :

    Bener Pit, kaya blog mu ini, belum banyak yang komentar tetapi paling banyak jadi rujukan penikmat dan peminat iklan πŸ˜€

  • Herman Saksono :

    Di bagian bulleted list, fontnya kecil banget shg susah dibaca πŸ™

    Tapi yang jelas, tidak ada komen tidak berarti tidak ada yang baca πŸ˜‰ Seperti juga kenyataan bahwa banyaknya hit tidak berarti ada yang baca πŸ™‚

  • Jay :

    Secara teknis keyword juga mempengaruhi ranking tulisan di Google. Keyword di judul lebih tinggi peringkatnya dibandingkan hanya di body postingan.

    Keyword yang sedikit (atau kurang informatif) jika kita search di Google adalah sebuah peluang untuk membuat tulisan tentang hal tersebut.

  • Adi :

    Setuju, gak ada komen bukan berarti gak da yg baca. Semua tergantung topik yang diposting kl menarik buat dikomentari ya dikomentari kl gak ya gak dikomentari.

  • cahyo :

    # 3 herman saksono

    “Seperti juga kenyataan bahwa banyaknya hit tidak berarti ada yang baca”

    ceritane keblasuk atau kesasar gitu ya mas herman. hehehehehe

  • dendi :

    wah kalo blog pribadi yang tidak bertopik gimana ya?
    soale blog saya tuh bahasannya dari alda sampai atom API dengan Ruby ada semua je…
    mau bikin blog sendiri-sendiri untuk masing-masing topik kok ya agak malesy…
    πŸ˜€

  • Aip Ahada :

    Klo kata pak Rosihan Anwar mah, “Aku menulis makanya aku ada.”
    Tah eta, makanya yang penting mah nulis dulu. Apa aja kek.
    Klo perlu bikin diari copy-paste juga boleh yang penting eksis.
    Ayooo, mari kita mulai nulis. Menulis dimulai… Graaak!!!
    Tul gak tuh?

  • Abah Eman :

    Bravo. Setuju. Yang penting ada dulu. Komen? Ya suka2 dong.

  • Fahmi Eman :

    Bagus tuh bro. Klo belum ada komen anggap aja lagi ngamen.

  • Ade Desi :

    Betulnya sih baru sempet nulis aja juga dah kebagusan tuh.
    Makanya go ahead aja gak usah harapkan komen segala. Tul gak?

  • Anjeli Desi :

    Rasanya sih baru menulisnya aja dah gampang2 syusah kok.
    Sering juga terjadi peranbg bathin. Tampilkan gak?
    Tapi mana ada lagi, begitu crot lahir langsung keren?

  • Brahmasta :

    Wah boleh nih tipsnya..
    Tapi kadang susah ei mau memfokuskan ke satu topik..
    Ide itu datang dari mana2..

  • dina :

    kalo aku kadang orang yang liat ga bisa kasih komen karena bukan dari satu komunitas blog yang sama.. jadi dia harus sign in jadi member dulu..kan males..

    ya..menjamurnya ngeblog.. menurutku sebagai sebuah pembuktian kalau setiap manusia pada dasarnya butuh media untuk mengekspresikan otaknya.. hehehee..

    http://dinahumairo.multiply.com

  • RUDI :

    Klo menurut gua lo smua musti klik site ini deh biar fress!
    http://wisata.totalh.com

  • didit :

    kalo blog sepi pengunjung , biasanya bloggernya kurang share dengan blogger lain, habis nulis yaudah dibaca sendiri ……..itu kan namanya blog mati gan. siapa yang mau blognya mati ?? wah bisa serem…solusinya adalah : blogger harus sering update berita terbaru , lalu share di koment2 blogger lain, sumpah deh , dalam sehari blog kita pasti di serbu pengunjung.

    salam sukses blogger indonesia

  • rahman :

    bener mas. saya posting mengenai blog yg ngetop langsung dibanjiri comment spam,tppostinganyglainsepicomment

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge