Home » Online Branding

Website-nya Pria Punya Selera

22 December 2006 9,765 views 14 komentar

Mendengar ini pasti orang langsung tahu kalau yang dimaksud adalah Gudang Garam. Sudah lihat website-nya? Website yang ditujukan untuk para pecinta Gudang Garam ini lebih mirip seperti website majalah dibandingkan sebuah website perusahaan rokok. Malah bisa dikatakan, hampir seluruh kontennya tidak menyebutkan produk rokoknya sama sekali. Bahkan banner iklan pun tidak ada.

GG Pria Punya Selera

Gayanya memang ditargetkan untuk para segmen Gudang Garam yaitu para pria petualang yang juga doyan gadget. Plus, ada model bulanannya lagi (kok malah jadi mirip FHM ya?). Tapi harap bersabar ya kalau membuka website ini. Mungkin karena ingin branding-nya kuat, jadi setiap halaman utamanya menggunakan Flash dan sound effect. Agak boros bandwidth memang. Jangan lupa untuk meramaikan forumnya yang masih sepi (kenapa sih, selalu harus ada forum? Dengan format desain yang standar pula. Apa tidak ada alternatif lain untuk menggalang komunitas?).

Di website ini juga bisa ditemukan advergame My Room. Sayangnya, sebelum bermain, Anda wajib untuk registrasi terlebih dahulu. Yang menyebalkannya, persyaratan ini baru diketahui setelah game yang loading-nya lama sekali ini terbuka di browser (ukurannya 2 MBytes). Setelah selesai registrasi, untuk memainkannya, Anda harus mengulang loading-nya kembali.

Untung game-nya menarik. Anda diminta untuk menelusuri seluruh kamar yang berantakan dengan barang-barang khas pria. Sebelum bertualang, Anda diminta untuk mencari beberapa barang sesuai permintaan. Saking ruwetnya kamar ini, dijamin dalam waktu 5 menit pun belum tentu bisa beres.

My Room

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

14 komentar »

  • dendi :

    eh memangnya nyambung ya .. rokok sama olahraga adventure gitu?
    kok iklan-iklan rokok banyak yang menampilkan olahraga-olahraga gitu ya?
    bukannya kalo ngerokok katanya nafasnya jadi setengah?
    lah kalo nafas aja setengah.. gimana mau asyik ber adventure ria?
    ..

  • Herman Saksono :

    Dendi: kalau ndak salah iklan rokok memang tidak boleh menampilkan aktivitas merokok. Alhasil ditampilkan aktivitas orang-orang sehat, yang tidak merokok.

    Mas Pitra, gimana nih pengunaan flash di Indonesia? Mengingat koneksi kita lambat dan pengguna internet Indonesia gak banyak yang online lama-lama, status flash untuk website Indonesia ‘Disarankan’ apa ‘Tunggu dulu’? πŸ™‚

    Soalnya saya nggak betah buka website yang murni flash lama-lama. πŸ˜€

  • ariesw :

    Kapan ya indonesia akan mempunyai koneksi internet yang cepat tapi dengan biaya yang murah???? πŸ™‚

    dengan begitu mungkin perkembangan website2 di indonesia mungkin akan lebih “liar” dan design website2 full flash indonesia tidak akan kalah dengan luar negeri.

  • Pitra :

    Dendi: bener kata Herman, karena rokok/bir gak boleh menampilkan produk.. makanya yg dikejar itu biasanya karakteristik perokoknya.. ato kalo nggak, diharapkan dengan merokok merk X maka ia akan merasa menjadi seperti seorang yang bla bla bla..

    Herman: hehe.. kalo gw pribadi sih sebisa mungkin menghindari flash. apalagi kalo itu utk flash intro. Selain nggak baik utk SEO (nggak bisa dilacak Om Google), juga lambat. Kalo utk website korporat, hindari aja deh Flash. Sebisa mungkin main di CSS dan XHTML aja. Manfaatin juga AJAX di bbrp tempat (misal: sistem comment, registrasi, dll) biar lebih cepet.

    Tapi kalo itu utk website yg ada branding-nya, itu yg agak susah. Soalnya penggunaan Flash itu sangat bisa membantu visual branding sih. Paling yah diatur2 aja manajemen filenya. Coba manfaatin loadmovie.

    Kayak yg Gudang Garam ini, semua header halamannya beda2 file flash. Sayang, jadi setiap kali buka halaman baru, kudu buka file flash baru. Padahal masih bisa diakalin dengan loadmovie (misal: dibedain antara file flash background, flash audio, n flash text). Text di header jg bisa main di XML spy bisa lebih cepat.

    Ariesw: hehe.. tanya aja deh sama petinggi2 telkom sana (yg menguasai arus informasi di negeri tercinta ini)

  • nikk :

    Hai Pit,
    wah iklan rokok memang selalu jadi sembilu.
    Selalu standar ganda, di manapun itu.

    Oh iya, flash kayaknya lebih tepat jika ditaruh di CD.
    Masalahnya, clients kadang suka sok tau tentang penggunaan Flash, walau kita udah bief mereka mengenai kekurangan dan kelebihannya. Hehe… saya sebut kekurangannya dulu, karena konteksnya bandwidth di Indonesia kan?

  • iim :

    Kontennya lumayan bagus, sayang penggarapannya sangat ngga based on pemahaman terhadap online behaviour dan ngga sadar sama kondisi bandwith di indo.

  • katroman :

    eh ada yang tahu website resminya gudang garam gak? saya nyari-nyari gak ketemu. niatnya saya mau nanya2 lamaran di gudang garam via website tsb. makasih ya

  • dina :

    ide gamenya sama kayak hauntsville ya?! oke sih..tapi kurang..

  • made bayu prabawa :

    website sudah bagus dengan content yang lumayan lengkap.masukan aja,tapi kurang menggambarkan gudang garamnya,logo aja kecil2.emang kurang pede dengan design logo rumah ditepi rel kereta?

  • akhmad khoirul anam :

    mmm mo tanya aja sih.. gimana caranya agar iklan rokok bisa masuk ke website kita…

    yang tau tolng kirim ke http://www.belajarmarketiva.com atau di kevin_dab@yahoo.com

  • hadi kurnia :

    lumayan bagus oge, tapi kapana kok lambat banget!!!!
    kalo bisa gudang garam ngadain kegiatan ke sekolah-sekolah, tapi kegiatan seperti ini akan memberikan nilai positif kesekolah2 dari gudang garam.
    contoh SMK MERDEKA SOREANG KAB. BANDUNG

  • Dadan Rohanda :

    ..saya mempunyai bid usaha di bidang antar jemput sekolah..mempunyai mobil 2 unit..bisa kah PT Gudang Garam memasang ikLan di mobil saya..??

  • agis :

    Kami warga Indonesia yang berkerja di Luar negara seperti saya di Singapore.

    Kami rasa senang dan bersukur kerna RCTI punya streaming tv di Mivo. Dan Gudan Garam International menjadi sponsornya. Tapi kegembiraan kami bertukar menjadi kesal kerana di waktu siaran World Cup, di Singapore mereka blokir tiada gambar hanya di tulis Scrambled channel waktu halftime mereka buka lagi dan pas mula game akan di blokir lagi. Kami coba nyari di site lain tapi semua search mengunakan kata RCTI di blokir dan akan tampil

    A Database Error Occurred Unable to connect to your database server using the provided settings.

    Muda mudahan informasi berguna buat teknisi RCTI agar kami bisa terus nonton RCTI dan ini satu plus buat sponsor RCTI kerna siaran di tonton ramai warga dalam dan luar negeri. Apa bias dan legal buat Singapore blokir link RCTI kerana ngak ada infringement dalam content siaran yang di siarkan?

    Terima kasih

    Agis

  • dev :

    itulah indonesia……….

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge