Home » Online Branding

The UN Goes Gaming

1 January 2007 4,105 views Tidak ada komentar

Salah satu lembaga bantuan kemanusiaan PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), World Food Program (United Nations’ World Food Programme), memulai inisiatif yang terhitung unik. Mereka meluncurkan sebuah adver-edu-game tentang bagaimana WFP melakukan kegiatannya dalam membantu mengatasi bencana kelaparan di suatu negara.

Food ForceFood Force, begitu game ini dinamai, mengambil setting di sebuah negara fiktif Sheylan, yang sedang menghadapi konflik bersenjata. Kita berperan sebagai tim WFP yang diterjunkan ke sana. Kita harus memainkan 6 misi yang menggambarkan dengan menarik dan menantang, standar operasional prosedur yang dilakukan WFP ketika memberikan bantuan kemanusiaan. Keenam misi tersebut adalah: mensurvei lokasi pengungsi (IDP-Internally Displaced People), mengembangkan jenis nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan penduduk, melakukan air drop sebagai penanggulangan darurat sementara, memesan bahan makanan, mengemudi truk konvoi pembawa makanan, dan mengalokasikan makanan untuk program jangka panjang.

Bagi penulis, game ini menarik karena berhasil memberikan ilustrasi tentang bagaimana WFP bekerja dan tantangan yang mereka hadapi dalam membantu bencana kelaparan. Misalnya, dalam misi tentang meneliti dan memproduksi nutrisi yang sesuai, kita jadi paham bahwa kenapa bantuan makanan yang diberikan WFP biasanya kurang enak (bagi yang pernah bekerja di situasi bencana/konflik pasti tahu), karena mereka dibatasi dana dan memprioritaskan pada asupan nutrisi “minimum” (sehingga menyulitkan ketika harus memberi makanan bantuan pada anak, misalnya, yang lebih cenderung menyukai makanan manis dan tidak sehat).

Game ini juga menyampaikan secara implisit bahwa WFP selalu akan butuh dana darurat yang harus mereka gunakan ketika ada kondisi “darurat pangan” (alias bencana kelaparan) di manapun di dunia. Jadi bantulah WFP dan UN.

Game ini dikembangkan oleh Deepend di Italia dan pemrogramannya dilakukan oleh Playerthree di London, tentu saja dengan keterlibatan WFP. Game ini bisa diunduh di website-nya. Ukuran file untuk versi Windows adalah 227 Mb dan Mac 198 Mb. Website-nya juga memberikan informasi mengenai pemanfaatan game ini untuk pendidikan (lesson plan for teacher). Melalui website, kita bsia mengundang para pemain untuk melihat skor mereka di antara pemain-pemain lain di dunia (kita ditawarkan untuk mengirimkan skor akhir setelah kita memainkan game ini).

Website juga menampilkan blog salah seorang karakter fiktif dalam game ini. Tulisannya berkisah tentang situasi bencana kelaparan saat ini di seluruh dunia. Plus, kita juga bisa mengunduh desain label (untuk ditempel di permukaan CD) dan sampul (CD sleeve) game ini (bila kita membakarnya ke dalam kepingan CD) dan mencetaknya sendiri untuk dilipat dan dibuat menjadi sampul CD yang menarik.

(Sumbangan artikel dari PsychoFox)

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge