Home » Online Communities

Kumpul-kumpul Game Developer (2)

26 April 2007 6,375 views Tidak ada komentar

Game Developer Gathering

Melanjutkan tulisan sebelumnya…

Acara kumpul-kumpul ini kemudian dilanjutkan dengan presentasi Eric dari Max Studio. Ia berbagi ilmu tentang XNA Platform yang dikembangkan oleh Microsoft, dan bisa dipakai untuk pengembangan aplikasi game untuk Windows dan X-Box. Penjelasannya memang agak teknis, dan memang ditargetkan untuk para pengembang. Kalau ada yang mau mencoba platform ini, silakan unduh di website-nya.

Presentasi berikutnya dilakukan oleh Satya Hody dari Menara Games yang banyak bercerita tentang casual game yang memang menjadi spesialisasinya. Satya menjelaskan pola bisnis casual game ini, dari sisi produksi, pemasaran, hingga penjualan. Karya komersial Menara Games yang terakhir adalah Burger Rush, yang mereka kerjakan selama 8 bulan. Hak cipta game ini mereka jual ke Gamehouse, sebuah publisher luar, yang lalu menjual game itu secara online.

Terakhir, presentasi dilakukan oleh Ellen dari Matahari Studios. Sebagai perusahaan yang banyak mengerjakan outsourcing dari luar, Ellen banyak bercerita tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengerjaan proyek outsourcing. Lumayan libet sebetulnya, mengingat banyaknya aturan-aturan dari segi pipeline produksi, kualitas, hingga keamanan.

Di akhir acara, beberapa studio diberi kesempatan pula untuk berbagi proyek game yang pernah atau sedang dikerjakannya. Diawali oleh Vres Studio dengan proyek pilot mereka, lalu Inveria Studio dengan proyek engine 2D mereka, Sangkuriang Studio dengan proyek MMORPG mereka yang berjudul Nusantara Online, Sonia Studio yang mengerjakan mobile game, Stratego yang mengerjakan proyek-proyek advergame, dan terakhir seorang mahasiswa bernama Heru dari Bina Nusantara yang memperesentasikan proyek game pendidikannya yang menggunakan engine Torque.

Akhir kata, ini merupakan awal yang baik dari komunitas pengembang game untuk saling berbagi. Kita bisa saling mengerti keahlian masing-masing. Siapa tahu gara-gara kumpul-kumpul awal ini, bisa menjadi awal pengembangan konten kreatif lokal yang menarik dan menjual.

Tautan lain yang berhubungan dengan kegiatan ini bisa dilihat di sini.

Game Development Gathering

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge