Home » Experiential

Game sebagai Bagian dari Brand Activation

14 May 2007 8,258 views 13 komentar

Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak brand yang melakukan aktivasi melalui kegiatan-kegiatan yang langsung berhubungan dengan konsumen. Dari sebatas sampling hingga terlibat dalam beragam event di sekolah, pertokoan, mal, hingga roadshow keliling daerah. Dengan kegiatan aktivasi ini, brand ingin semakin dekat dengan konsumennya dengan cara mengajak mereka terlibat langsung dalam acara dan fasilitas yang disediakan oleh brand. Keinginannya, agar para konsumen bisa merasakan langsung pengalaman yang diberikan oleh brand.

Salah satu cara agar konsumen merasakan pengalaman langsung bisa dilakukan menggunakan game. Berbeda dengan game yang dimainkan melalui internet atau CD-ROM, game di event membutuhkan perlakuan yang sedikit berbeda. Biasanya agar lebih menarik, para pemain diajak untuk sedikit menggunakan fisiknya dalam melakukan interaksi game. Dari yang sederhana menggunakan touch screen, hingga yang “memaksa” pemain untuk meloncat-loncat dalam memainkan game-nya.

Sebagai contoh, hari Minggu kemarin di 2 tempat yang berbeda, dan oleh 2 brand yang berbeda, disajikan game menarik yang mengajak pemain berinteraksi fisik. Di Senayan, di event Walk the World, salah satu sponsor utamanya, TNT, menyediakan arena khusus bermain untuk anak-anak. Salah satu atraksinya adalah game racing TNT. Melalui game ini, pemain diminta mengumpulkan paket-paket TNT yang tersebar di sepanjang jalan. Dibuat ala arcade game, pemain menggunakan setir dan pedal gas untuk mengendalikan mobil paket TNT. Selama waktu tertentu, pemain harus mengumpulkan paket sebanyak mungkin.

Di salah satu mal di Depok, brand Leo dari Garudafood juga menayangkan arcade game ala Dance Dance Revolution. Pemain diajak untuk mengikuti gerakan tari karakter Leo melalui injakan-injakan di atas papan neon box penuh lampu. Saking menariknya game ini, sempat menyebabkan terjadinya antrian.

Kedua game ini hanya sebagian dari koleksi game produksi A-Box, yang mengajukan solusi murah untuk pembuatan game 3D berkualitas. Para pemilik brand bisa mengkustomisasi koleksi game A-Box agar sesuai dengan citra dan representatif brand tersebut. Tidak perlu khawatir untuk mendesain model jenis permainan baru, karena seluruh model game produksi A-Box sudah dites cocok dan layak dimainkan untuk anak dan remaja.

Bagi pihak brand dan agency yang tertarik mengadaptasi koleksi game A-Box di beragam kegiatan event yang akan diikutinya, silakan mengontak email ini. Nanti kita bisa ngobrol-ngobrol lebih jauh lagi soal ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

  • wawan :

    kalau mo order game kemana..??

  • kerokeropi :

    wuahh….makasi ya gw dapet pemahaman lagi mengenai brand activation,, mudah2an lancar ni skripsi

  • widie :

    kalo mau order kemana…?email gw rincian dan hal yang perlu gw tau yah….thanks….

  • Esti :

    alamat A Box dimana ya?

  • wita :

    berguna banget nih.. πŸ™‚ thx ya

  • erri :

    selamat siang

    saya tertarik dengan program game interaktif ini sy coba mengirimkan email kepada anda tetapi selalu failed
    seandainya anda berkenan mohon mengubungi saya di email
    erri@momentumprimakarya.com

    terima kasih

  • thomas :

    helpfull ni…buat event MT, bisa cerita kisaran biayanya engga ?email yah …tks

  • faldi :

    bagus nih concept nya, kl mau hubungi kemana ya? tolong kirim detail nya dong, ke faldi.rifky@hotmail.com. thanks bro…

  • Adietya :

    Could you send an email about the details of the product, since at this moment some of my client really need a new yet fresh idea about their activation program, thanks

  • andy boim :

    Ehm…jujur saya tertarik…kebetulan kami dari krease enam warna akan mengadakan road show music. dan disitu ada content game,saya mohon dinformasikan kemana kami harus menghubungi ( contact person ) urgent.
    Teng kyu

  • Gerald :

    boleh dikirim via e-mail tentang harga dan jenis2 game apa saja yg bisa dicreate?ke gerrotz@gmail.com..thanks!

  • adit :

    wah menarik juga nie buat brand activation.

    bisa kirim kan detailnya dan tentunya pricelistnya juga ya…

    kirimkan ke terorivator@yahoo.co.uk

  • Adam :

    waw aku baru nemu postingan ini, email a-box bisa melalui saya (adam) di adam.abox@gmail.com atau (benny) di benny.capella@gmail.com

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge