Home » Experiential

Ragam Game Interaktif di PRJ 2007

20 June 2007 9,348 views 4 komentar

Hampir seminggu lalu datang ke pembukaan PRJ di Kemayoran. Di sana cukup menyegarkan mata karena hadirnya ratusan SPG yang mewakili beragam produk. Beberapa brand besar ikut menyemaraki area utama PRJ, yang kebanyakan dari otomotif, makanan, dan rokok.

Seperti biasa, para brand unjuk diri dengan menampilkan booth yang beda dari lainnya. Fasilitas yang ditampilkan dalam setiap booth pun beragam, dari sekedar jualan produk dengan harga miring, hingga membangun brand experience melalui beragam kuis dan permainan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini lebih banyak brand yang memanfaatkan aneka fitur interaktif untuk menarik pengunjung. Dari sekedar pemutaran video hingga permainan game baik fisik dan virtual yang berhubungan dengan brand.

Yang paling menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah booth Marlboro. Booth ini tertutup, tidak bisa dilihat dari luar. Tapi kalau sudah masuk, dijamin akan merasakan pengalaman yang luar biasa. Anda bisa memainkan game F1 di mesin arkade multi player. Game ini memang bukan custom made, tapi Marlboro menyajikan penayangan game ini karena salah satu sponsor utama F1 adalah Marlboro. Dengan menukar identitas diri, Anda bisa bermain piccadilly melalui Tablet PC. Bila menang, Anda berkesempatan untuk memainkan hologame, sebuah virtual game menggunakan sensor. Di hologame ini, Anda diminta untuk menyusun rangkaian sparepart mobil F1. Oh ya, di booth Marlboro ini, Anda juga mencetak t-shirt dengan ikon-ikon F1 di posisi yang Anda bisa tentukan sendiri melalui sebuah aplikasi touch screen.

PRJ - Marlboro

Selanjutnya, mampir jugalah ke booth Sampoerna. Di booth ini, setiap brand Sampoerna, seperti Dji Sam Soe, Mild, Sampoerna Hijau menampilkan atraksinya sendiri-sendiri. Yang paling aktraktif adalah Dji Sam Soe yang membawa tema COPA di booth-nya. Dengan menukarkan identitas diri, Anda bisa mencoba 2 game interaktif touch screen bertemakan bola, yakni game tendangan sudut dan piccadilly mencocokkan logo klub sepak bola dengan namanya. Di tengah-tengah booth Sampoerna, Anda juga bisa memainkan interactive floor bertemakan bola. Menggunakan proyektor dan sensor yang ditembakkan ke lantai, Anda bisa menendang “bola” ke “gawang.”

PRJ - Dji Sam Soe

PRJ - GarudafoodSempatkan juga untuk bermain ke booth Garudafood. Di booth ini, terdapat game ala Dance Dance Revolution (DDR) produksi A-Box, yang menggunakan karakter Leo. Selain itu Anda juga memainkan game menjatuhkan lawan melalui penggunaan papan jungkat-jangkit.

Mungkin masih banyak lagi ragam permainan lainnya yang belum sempat didatangi dan dicoba. Tentunya tidak semua permainan harus mengandalkan komputer dan alat canggih lainnya. Ada pula yang menggunakan permainan fisik, seperti game memasukkan bola golf di dalam labirin, seperti yang bisa dilihat di booth Indosat.

(Sebagian foto sumbangan dari Om Bullitt)

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

4 komentar »

  • rdt :

    Trend yang menarik.

    Bung Pitra bisa saya contact lebih lanjut untuk membicarakan tentang hal ini?.

  • Media-Ide » arsip » Konten Interaktif di IIMS 2007 :

    […] Ternyata, setelah berkeliling area pameran yang luasnya luar biasa, sembari menikmati senyuman para SPG dengan kostum yang luar biasa pula, hanya booth Toyota-lah yang memanfaatkan konten interaktif. Toyota, bersama Honda, memang menjadi tujuan utama pameran, mengingat 2 brand ini memiliki area pamer yang paling luas. Di salah satu sudut booth, terdapat permainan menggunakan holopoint (persis seperti yang dipakai di booth Marlboro di PRJ 2007 kemarin). […]

  • dedi hermawan :

    wah asik jug tuh saya dan keluarga pergi ke PRJ tgl 14 juni 2008 hari sabtu ..sampai sekitar jam 15.30 wib ..pd saat masuk keparkiran sdh banyak terisi dgn cuaca hujan rintik2( kasih masukan kepada pengelola PRJ : kalau bisa yg memiliki stan jgn digabung parkirannya dengan pengunjung agar pengunjung dapat parkiran dengan cepat dan tidak habis waktunya utk mencari parkir ), tapi akhirnya dapat juga saya & keluarga melihat stan2 dan bermain game yg disajikan oleh stan2 , istri saya mendapatkan hadiah dari stan INDO PARTS dgn permainan menyusun bola yg bertulis huruf sampai bisa menyus kalimat kata indoparts dikasih waktu 1 menit atau 60 detik, anak saya meminta sepeds akhirnya saya membelikan sepeda dgn kesepakatan prudusen sepeda wah hari itu saya & keluarga cukup happy . dari dedi hermawan komp.Duta Bintaro claster tampak siring Rt.06/08 kel.kunciran Kec.Pinang Cileduk Tanggerang Telp.021=53123385 hp.08179190470

  • joe :

    wah,, games2nya seru2 yah,,, bisa bantu untuck contact personnya pembuat dan pengadaan games2 tersubut.. klo ada yang tau,,, tolong dong kabarin ke saya di joerio4u@yahoo.com atau telfon langsung juga boleh, di 08567779203

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge