Home » Online Branding

Viral Berantas Malaria

11 July 2007 4,343 views Satu komentar

Burkina Faso ViralSebagai bagian dari upaya mencari donasi untuk membantu penyebaran penyakit malaria di Burkina Faso, disebarlah email viral ini. Malaria tidak mudah diberantas, bunuh 1 nyamuk, muncul puluhan lainnya. Pesan inilah yang diangkat sebagai tema viral.

Yang menarik pula adalah eksekusinya. Nggak perlu animasi flash yang berat-beratin email. Inti pesan disampaikan menggunakan standar HTML dan sedikit Javascript, sesuatu yang pasti bisa dibaca oleh seluruh pengguna email (dan tidak menuntut adanya aplikasi pemutar tambahan seperti flash). Ukuran file-nya kecil pula, sehingga dijamin tingkat orang membuka dan membaca email ini tinggi.

Tipe viral seperti ini bisa jadi referensi yang bagus kalau mau diterapkan di Indonesia. Ringan-ringan asal pesan sampai, dilengkapi sedikit fun, sudah cukup. Hanya saja yang sulit, mengeksplorasi kreativitas dengan batasan teknologi yang ada.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

Satu komentar »

  • cesylia :

    mau tanya …saya kan prnh pny malaria, waktu kecil, nah skrg suka kadang” meriang ,apa masih ada pengaruh dari dulu????

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge