Home » Experiential

Konten Interaktif di IIMS 2007

29 July 2007 6,512 views Tidak ada komentar

IIMSPameran IIMS (Indonesian International Motor Show) 2007 sudah berlalu hari Sabtu kemarin, dan sudah banyak yang membuat tulisan tentang pameran ini. Bahkan foto-fotonya pun bisa dilihat lengkap di koran Kompas beberapa hari lalu. Kali ini yang akan dibahas hanya yang relevan dengan topik blog ini, yaitu media interaktif yang dipakai sebagai alat unjuk gigi brand.

Ternyata, setelah berkeliling area pameran yang luasnya luar biasa, sembari menikmati senyuman para SPG dengan kostum yang luar biasa pula, hanya booth Toyota-lah yang memanfaatkan konten interaktif. Toyota, bersama Honda, memang menjadi tujuan utama pameran, mengingat 2 brand ini memiliki area pamer yang paling luas. Di salah satu sudut booth, terdapat permainan menggunakan holopoint (persis seperti yang dipakai di booth Marlboro di PRJ 2007 kemarin).

Di permainan holopoint ini, pengunjung bisa memilih dari 4 permainan menarik. Dari permainan serupa tapi tak sama, mencari yang serupa, dan 2 jenis puzzle. Pengunjung bisa berinteraksi hanya dengan menggerakkan tangannya di atas alat deteksi berbentuk U. Di area ini pula, pengunjung bisa mencoba-coba aplikasi GPS yang khusus dipakai untuk mobil Toyota.

IIMS

Tidak melulu pengunjung yang datang di pameran adalah orang dewasa berdasi. Kadang mereka mengajak pula anak-anak mereka. Pada sesi tertentu, booth Toyota ini juga membagikan CD game edukasi berjudul “Berlibur Bersama Kijang Innova.” CD game yang memang ditujukan untuk anak-anak ini mengajak mereka belajar berhitung, mengenal warna dan bentuk, dengan secara tidak langsung mengenalkan produk Kijang Innova kepada mereka.

Berlibur Bersama Kijang Innova

IIMSYang menjadi unggulan utama eksibisi Toyota ini adalah produk-produk konsep mereka. Di booth ini ditampilkan 3 jenis produk konsep, dari i-Unit, Toyota Fine-T, dan Prius Welcab, yang bertemakan lingkungan dan kemudahan mobilitas. Sayangnya i-Unit hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Menariknya lagi, pengunjung bisa melihat informasi mobil yang dipamerkan melalui layar touch screen di depan setiap tipe mobil. Desainnya intuitif dan menarik, baik secara fisik maupun konten.

Sayangnya, selain Toyota, tidak ada lagi booth yang memanfaatkan media interaktif sebagai bagian dari pengalaman eksibisi (atau apakah ada yang terlewat?). Biasanya, kecanggihan otomotif selalu identik dengan kecanggihan teknologi, yang biasanya ditampilkan melalui hal-hal baru yang belum pernah ditunjukkan kepada khalayak umum sebelumnya. Rasanya hal ini cuma berhasil ditunjukkan oleh Toyota saja di IIMS 2007 ini. Tapi siapa tahu, di eksibisi mendatang, banyak brand otomotif lain mencoba hal serupa, sehingga pengalaman otomotif yang lebih interaktif bisa dirasakan lebih banyak oleh pengunjung.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge