Home » Creative Works

Sudah Ada yang Mencoba Lilo?

6 August 2007 6,046 views 6 komentar

Membuat game itu susah, apalagi kalau yang dibuat itu berupa multi player online. Kompleksitasnya tinggi. Tapi bukan berarti nggak bisa dibuat. Beberapa tahun lalu, tim Altermyth Studio sempat mengembangkan game multi player online berjudul Inspirit Arena. Meski kini sudah dipublikasikan di bawah Boleh.com, game ini belum juga diluncurkan secara resmi.

Yang susah dari pembuatan game multi player online, pekerjaan pengembangan game belum selesai setelah game diluncurkan. Pengembang harus memelihara dan menjaga agar game bisa berlangsung dengan lancar 24 jam. Belum lagi tuntutan desain elemen baru, dari item, quest, hingga setting baru, supaya pemain bisa terus-menerus bermain tanpa bosan, karean ia selalu menemukan hal baru.

Mungkin karena kendala bujet pula, akhirnya game Inspirit Arena ini keduluan oleh game multi player online terbaru yang berjudul Lilo. Berbeda dengan Inspirit Arena yang berbau fantasi, game Lilo ini justru bertemakan keseharian. Dunia yang dilewati para pemainnya pun adalah kompleks perumahan yang kurang lebih tidak berbeda dengan kompleks perumahan di Jakarta. Konsepnya menarik, dan membuka peluang masuk banyak sponsor di dalamnya. Tentu harapannya, dengan adanya dukungan sponsor akan membuat game multi player online ini dapat terjaga kontennya dengan baik.

Sayangnya, game Lilo ini kayaknya kurang dari sisi menjaga keberlangsungan pemain. Promonya sudah gencar dimana-mana, bahkan sudah mendapat dukungan kuat dari Indosat IM3. Gaungnya sudah terdengar dimana-mana. Iklannya di media cetak, hingga promo Indosat di pameran-pameran juga mengangkat nama game Lilo ini. Selain Indosat IM3, game Lilo ini juga didiukung oleh media majalah Gadis, radio Prambors, hingga grup Slank. Hal ini bisa dilihat pula dari toko-toko dan banner yang didesain apik di dalam game-nya.

IM3

Slank

Dulu, saat masih memasuki masa Open Beta, game ini sudah sempat dicoba. Waktu masa Open Beta, bisa dimaklumi saat pemain hanya bisa mencoba fitur-fitur game ini yang masih sangat terbatas. Namun kini, setelah game ini diluncurkan, nyatanya game ini tidak semenarik yang dibayangkan. Quest-nya masih sangat terbatas, dan rasanya kok kurang kreatif. Rasa-rasanya setelah mencoba game ini, pemain malah jadi seperti pembantu yang disuruh-suruh membantu banyak orang, tanpa tujuan yang jelas. Ataukah quest ini hanya sekedar teaser saja? Di game ini juga ditemukan banyak mini game, dari permainan three-point-shoot, serupa tak sama dalam foto, mencari hantu, dll. Mini game-nya sebetulnya menarik, tapi tidak jelas relevansinya dengan quest atau pengembangan karakter game itu sendiri.

Mudah-mudahan saja versi update dengan quest dan pengembangan karakter lebih lengkap bisa kita lihat secepatnya, supaya benar-benar ada kebanggaan kalau inilah game multi player online Indonesia pertama yang berjalan dengan lancar dan sukses.

Prambors

Gadis

 

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

  • vira :

    cara nyari Lilo Setup dimana??
    Pgn main nih..
    wajib di bales!
    Pgn tau mainnya kaya gimana..
    key πŸ˜‰

    BALAS WAJIB!!!!!!!!!!

  • Depi :

    klo pengenh taw cara downloadna,,,

    lsg aj buka di lilofriends.com ato lilogame.com
    dst ad cr downloadna,,,
    permainan ni lumayan keren kog,,,
    meskipun jadi ‘pembantu’,,,
    tp hadiahna ke paris looogh,,,
    jadi gag rugi,,,

  • sandy eggi :

    wah keren game nya. .. pengen nyoba juga …

  • cikka :

    seru koq
    cman gw masii bngung maennya!!!
    hheh

  • Widi Asmoro :

    LiLO sekarang makin seru karena hadiahnya juga beneran.. ada MACBOOK boow.. gilee..

    installernya bisa di download disini: http://www.lilogame.com/download_client.php

  • Rheza :

    kenapa ni games ngak bisa d mainin?
    Mohon di beri penjelasan n apa udah ngak ada lagi ni games??

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge