Home » Online Communities

Aplikasi Web 2.0 dan Mashup

26 September 2007 7,143 views 3 komentar

Tulisan ini masih kelanjutan 3 tulisan sebelumnya tentang Web 2.0. Persis sebelum tulisan ini, sudah dibahas tentang Open API, dimana website seperti Google, Yahoo!, Facebook, atau Flickr menyediakan sarana yang memungkinkan pengembang mengeksplorasi, memodifikasi, dan menampilkan data yang dimiliki website tersebut. Pengembang lalu bisa membuat aplikasi baru baik untuk online atau desktop berbasiskan data tersebut.

Kini semakin banyaknya website yang menyediakan API terbuka, memungkinkan para pengembang berbuat lebih kreatif lagi. Mereka mengkombinasikan beberapa API terbuka dan menjadikannya sebuah aplikasi utuh yang berdiri sendiri. Gado-gado beberapa API ini kini dikenal dengan istilah mashup. Ada yang mengkombinasikan fitur-fitur dari eBay dengan Google Maps. Ada yang mengkombinasikan antara Flickr, YouTube, Google Maps, sambil mencampurnya dengan data dari website pribadinya. Atau ada yang sekedar mengumpulkan data RSS dari beragam sumber dan menampilkannya dalam bentuk grafis yang menarik.

Mashup

Untuk membuat sebuah mashup, tentunya perlu lebih dulu tahu siapa saja yang menyediakan API terbuka. Tech Magazine sudah menampilkan daftarnya. Lalu masih bingung, ide mashup seperti apa yang ingin dikembangkan? Coba deh mampir-mampir dulu ke beberapa website berikut untuk mendapatkan gambaran lebih jauh tentang mashup.

  • GME Gallery, tempat kumpulan mashup yang dibuat dengan Google Mashup Editor.
  • Yahoo! Gallery, tempat kumpulan mashup yang dibuat dengan memanfaatkan Yahoo! API.
  • AOL Mashup Gallery, tempat kumpulan mashup yang dibuat oleh AOL.
  • Mashup Awards Winners, tempat jawara-jawara pembuat mashup dengan ide yang inovatif.
  • Daftar mashup dari blog Mashable, yang bisa dilihat di bagian bawah artikel ini.

Mashup memungkinkan pengembang untuk menciptakan sebuah aplikasi online atau desktop baru, dengan cara mengumpulkan data-data yang diambil dari pihak ketiga, memberikannya nilai tambah, dan mewujudkannya dalam bentuk baru. Mau mencoba?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

3 komentar »

  • Permana :

    Mauuu, mau coba

  • Kukuh TW :

    Pitra, RepublikBlog ganti Konsep, ganti design, nggak main di social bookmarking services lagi…, main di mash-up sekarang….Daftar Indonesian Blogsphere dan peta lokasi Blogger dari Google Maps,
    http://RepublikBlog.com

  • luci :

    mau…

    cara bikinnya gimana????

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge