Home » Online Communities

Aplikasi Web 2.0 yang Open Source

27 September 2007 139,283 views 15 komentar

Tulisan kali ini lebih ditujukan untuk Anda yang nggak terlalu jago di bidang web programming dan dana terbatas, tapi ada keinginan untuk membuat sebuah website yang mengandung ciri Web 2.0. Salah satu opsi bagi Anda untuk ini adalah memanfaatkan beragam aplikasi open source yang disediakan oleh banyak komunitas pengembang di jagad maya. Perlu diperhatikan pula, open source tidak berarti harus gratis ya (meski kebanyakan memang disediakan tanpa bayar alias gratis).

Penggunaan open source pun juga mudah-mudah sulit. Ada yang sudah mempersiapkan aplikasi berikut content management system (CMS) yang lengkap, sehingga Anda yang awampun paham menggunakannya. Dari ratusan aplikasi open source, akan coba disarikan yang mungkin bisa dipakai oleh Anda sebagai langkah awal membangun website berciri Web 2.0.

Bentuk paling sederhana dari website berciri Web 2.0, dimana anggota bisa saling berbagi dan berkolaborasi, adalah forum. Forum sudah lama dikenal, dan model ini sudah banyak membantu berkumpulnya komunitas-komunitas di Indonesia untuk saling berbagi. Aplikasi forum umumnya open source, mulai dari yang gratisan hingga yang lumayan mahal. Silakan coba PHPBB, SMF, Vanilla, Joomla + Fireboard, hingga yang berbayar seperti Invision Power Board dan VBulletin. Masing-masing juga menyediakan desain template yang bervariasi. Tinggal pasang dan pakai.

CMS Open Source

Atau Anda ingin membuat jaringan sosial seperti MySpace atau Friendster? Kalau untuk keperluan ini, dengan fitur yang paling lengkap dari berbagi musik, video, galeri foto, hingga game, mungkin bisa coba CMS Dolphin dari Boonex. Alternatif lainnya adalah PHPizabi, Joomla + Community Builder, atau AroundMe. CMS jaringan sosial yang agak berbeda adalah Elgg yang awalnya lebih berfokus untuk kebutuhan pembelajaran, namun kini dikembangkan menjadi jaringan sosial. Ada lagi CMS Mugshot yang berupa jaringan sosial plus agregator data anggota dari YouTube, Flickr, Twitter, del.ico.us, Digg, dll.

Mungkin Anda ingin membuat website seperti Digg atau del.ico.us,dimana setiap anggota bisa mengirimkan URL website yang menarik. Anggota lain bisa memberinya ranking, untuk menunjukkan kalau URL website itu bermanfaat. Kalau begitu, Anda bisa mencoba CMS Pligg yang benar-benar menduplikasi fitur Digg saat ini. Kenyataannya, Republik Blog, Blog M, dan Lintas Berita pun sudah menggunakan CMS Pligg ini. Sebagai alternatifnya, bisa pula menggunakan CMS NewsCloud atau GetBoo.

CMS Open Source

Atau mungkin Anda sudah punya pengetahuan dasar PHP dan CSS, ingin membuat sesuatu yang berbeda, tapi Anda tidak punya waktu untuk mengembangkannya dari awal. Untuk kebutuhan ini, sebaiknya Anda mencoba memilih aplikasi open source yang sifatnya fleksibel dan mudah dikembangkan. Sebagai alternatif, Anda mungkin bisa coba Joomla, Mambo, atau Drupal. Ada banyak sekali komponen, modul, atau plugin baik gratis maupun komersial bisa dipakai untuk mengembangkannya menjadi sesuai seperti kebutuhan Anda. Sebagai contoh, website Makan Mulu menggunakan CMS Joomla + Fireboard + Community Builder + Jreviews + FlexAdvert.

Kalau mau, semua aplikasi open source di atas masih bisa dimodifikasi dengan memasukkan berbagai mashup dan widget sehingga memberikan penampilan berbeda dibanding website lainnya yang menggunakan CMS sama.

Perlu diperhatikan pula, sebelum memilih aplikasi open source mana yang akan dipakai, pastikan aplikasi itu sudah didukung oleh banyak komunitas. Artinya, kalau nanti Anda kebingungan dalam mengoperasikan atau memodifikasi aplikasi tersebut, akan banyak anggota komunitas yang berbaik hati membantu Anda.

Namun kembali lagi, bahwa apa yang disebutkan di atas hanyalah tools. Tanpa diferensiasi, website yang Anda buat hanyalah sekedar duplikasi dari website yang sudah ada sebelumnya. Konsep matang berikut studi terhadap target pasar yang spesifiklah yang menjadi kuncinya. Namun tetap gunakan tools yang tepat agar website yang Anda buat suatu waktu nanti bisa dikembangkan dengan fleksibel, tanpa harus membongkarnya lagi dari awal.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

15 komentar »

  • Adi :

    Pertama akhirnya….

  • Okto Silaban :

    Fuuhh…, toolnya sih banyak. Tapi penerapannya di Indonesia itu lhoo.. Njiplak abizz.. Mbok ya modif ato gimana gitu.. Liatnya bikin saya miris.. Mau jadi apa bangsa ini kalo selalu jadi peniru..

    Perbedaannya biasanya cuma satu, mereka pake bahasa Indonesia, titik.

  • Aswandi :

    hehehe tq informasinya
    aku mau buat web 2.0 pake cms pligg ah
    siapa tau kalo sudah rame banyak yang masang iklan πŸ™‚

  • sugianto :

    pernah nontoh workshop mario teguh, jadi peniru itu bagus. Jadi minimal bisa ngejar ketertinggalan. Belajar dengan meniru yang sudah sukses. Jadi jangan antipati dengan meniru donk…

  • RepublikBlog :

    republikblog.com beda lho dengan yang lain. sudah tidak menggunakan cms pligg, develop dari awal dengan penambahan peta. konsepnya juga berubah menjadi indonesian blogosphere on the map.

  • Dardi :

    Jelas, padat dan singkat sangat berjuga bagi temen2 yang mo buat web. Oke deh tetep berbagi ya mas

  • akwhat_sporty :

    Hmmm…BTW thx atas infonya ya.. πŸ™‚

  • Edi Nasution :

    Bagus….., tetapi bagi sodara2 kita yang bisa programming bisa bantulah untuk ngemrog dalam bhs Indonesia, spt: Endonesia.com.

    http://www.alumnifpusu.org

  • Suune :

    Thanks buat infonya. Saya lagi bikin2 web pakai Pligg di http://gad.getio.us (khusus Gadget mania). Seru juga, loh πŸ˜€

  • gunawan :

    thx buat info nya, lagi cari2 ide neh buat website apa πŸ™‚

  • jimy :

    Yo….
    Thanks buat infonya…
    Bagi lagi dong info soal web yang lain..!!
    di tunggu yah,!!!!11

  • bangun t :

    ah sekarang saatnya buat web tuk diri sendiri ga mulu bikinin buat perusahaan tempat kita kerja doank. wah ide jiplakannya boleh juga mas, tapi ketinggian versi gak baek juga loh. selain ngabisin bandwith,dunludnya lama juga menghargai yang masih pake pentium 3 biar bisa ngeliat web kita. cari yang enteng2 ja tapi dimodif abis pe orang bingung ngeliatnya hehe …… Tetaplah hidup saudaraku, teruskan perjuangan ini. (bangun@bangun3.com)

  • pmreload :

    pmreload pake wp

  • Rendra :

    Artikel bgus blur..
    Cocok nih lg ada tgas.
    Di copy yuaw.

  • fat loss factor review :

    When someone writes an piece of writing he/she maintains the
    plan of a user in his/her brain that how a user can be aware of it.

    Therefore that’s why this post is outstdanding. Thanks!
    fat loss factor review baru saja menulis..fat loss factor review

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge