Home » Online Living

Membangun Blog itu Sulit-sulit Mudah

30 October 2007 6,700 views 27 komentar

Bukan mudah-mudah sulit ya. Banyak sulitnya daripada mudahnya (kalau memang berniat jadi blogger serius). Sambil mencoba melengkapi apa yang sudah dituliskan Pak Nukman, ada beberapa pengalaman dari blog ini yang mungkin bisa dijadikan rujukan untuk mengembangkan sebuah blog menjadi lebih baik.

Pertama, pastilah passion. Ini sudah banyak diungkapkan para blogger lain. Kalau memang niat menjadi blogger, sebaiknya jangan tanggung-tanggung. Jangan menjadi blogger karena (katanya) bisa dapat duit banyak dari kegiatan ngeblog. Atau hanya ingin sekedar menampilkan profil diri online hanya karena sekarang fasilitas membuat website itu gampang.

Menulislah dalam blog karena Anda memang punya kecintaan untuk menulis. Tumbuhkan kesadaran kalau Anda ingin membagikan pengetahuan dan pengalaman Anda yang berharga kepada orang lain. Bukan karena Anda butuh duit. Ilmu Anda nggak akan habis kok kalau dibagikan. Bahkan Anda bisa belajar hal baru, karena setelah itu Anda dituntut untuk mengejar ilmu baru lebih banyak, supaya tetap tahu lebih dulu daripada orang lain.

Kedua, fokus. Pertimbangkan sejak awal konten blog yang akan Anda tulis. Blog ini akan dibawa ke arah mana. Apakah akan bersifat personal? Ataukah akan membahas tentang kecintaan Anda akan kuliner? Ataukah liputan jalan-jalan Anda ke berbagai kota? Sebenarnya tidak ada yang melarang Anda untuk mencampuradukkan beragam tulisan dalam satu blog. Hanya saja konsekuensinya, identitas blog Anda akan menjadi buram. Pilihlah tema konten yang tidak terlalu sempit, tapi juga tidak terlalu luas. Misalnya, blog ini membatasi hanya pada tulisan yang berhubungan dengan dunia kreatif, khususnya interaktif. Anda tidak akan menemukan curhat penulis di sini.

Ketiga, mimpi. Blog ideal menurut Anda itu seperti apa? Ke arah mana blog ini nanti akan dikembangkan? Seorang yang berwirausaha akan memulainya dengan mimpi dan cita-cita. Lalu, ia akan merumuskannya dalam tahapan-tahapan hingga akhirnya mimpi itu terlaksana. Tidak berbeda dengan blog. Dalam setahun mendatang, blog seperti apa yang ingin Anda bentuk? Kontennya sekaya apa? Kalau dulu, pada saat awal mengembangkan blog ini, mimpinya adalah menjadi seperti AdRants dengan fokus konten seperti Adverblog. Sekarang, mimpi itu masih juga belum terkejar. Nah, versi mimpi blog Anda seperti apa?

Keempat, identitas. Bila Anda sudah menemukan arahan konten blog, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan nama blog Anda. Nama dan domain blog akan mewakili identitas konten blog Anda. Salah satu kesalahan blog ini adalah tidak membuat domain media-ide.com sejak awal. Karena dulu masih dimulai dengan keraguan, blog ini dibuat menggunakan subdomain bajingloncat.com yang memang sudah kami punyai lebih dulu. Sekarang, sudah terlanjur. Karena untuk memindahkan ke domain baru, akan memutuskan ratusan tali tautan yang sudah bermunculan di jagad internet ini. Yang bisa dilakukan hanyalah melakukan proses forwarding dari media-ide.com ke media-ide.bajingloncat.com.

Kelima, frekuensi. Semakin banyak Anda menulis, semakin banyak pula Anda belajar. Anda tidak perlu sejago Ndoro Kakung atau Paman Tyo yang bisa menulis lebih dari 2 tulisan setiap hari. Tapi sebaiknya tentukan target seberapa banyak tulisan Anda akan buat dalam sebulan. Selain Anda akan semakin terbiasa untuk menulis, mesin pencari seperti Google akan juga menjadi semakin baik kepada Anda. Apalagi kalau tulisan Anda selalu mengulang-ulang definisi (keyword) tertentu yang menjadi tema blog Anda. Suatu waktu nanti, bila ada orang mencari keyword tersebut, blog Andalah yang akan tampil duluan. Definisi inilah yang disebut dengan otoritas, seperti yang diungkapkan Pak Nukman saat Pesta Blogger kemarin. Atau minimal, bila ada yang meng-Google-kan nama Anda, blog Anda yang akan muncul di urutan paling atas.

Keenam, desain. Desain merupakan elemen dari identitas. Kalau sebuah perusahaan memilki panduan logo,warna, tipografi, dan tata letak untuk setiap elemen desain korporatnya, nggak ada salahnya hal ini dimulai pula pada blog Anda. Identitas yang unik akan membuat blog Anda berbeda dengan lainnya. Bila Anda seorang blogger yang serius, hindari menggunakan template gratis apa adanya. Modifikasi template itu hingga sesuai dengan identitas blog yang Anda bayangkan. Atau kalau memang mampu, buatlah desain template sendiri sejak awal.

Ketujuh, berani jual diri. Meski blog Anda nomor satu di otoritas tertentu, kalau Anda nggak rajin berpromosi secara offline ataupun online, ya orang juga nggak akan tahu bahwa keyword yang Anda sebutkan itu ada. Dalam kaitannya dengan blog ini misalnya, awalnya siapa yang kenal dengan istilah advergame? Selain dijelaskan via blog, kata yang satu ini selalu sempat diungkapkan saat kami bertemu dengan rekanan, prospek, atau klien. Beberapa post dalam blog ini juga beberapa kali dilontarkan pula ke beberapa mailing list terkait. Semakin banyak orang yang aware akan istilah yang Anda kemukakan, semakin besar pula kemungkinan orang akan mencarinya dalam mesin pencari.

Dengan semakin sering Anda menjual kemampuan diri Anda, diiringi dengan tulisan blog yang mendukung kemampuan Anda, akan membuat diri Anda dianggap sebagai seorang ahli (expertise). Mungkin masih banyak lagi orang yang jauh lebih jago daripada Anda di luar sana, tapi karena hanya Andalah yang muncul dan mudah ditemukan, Andalah yang akhirnya dikontak. Siapa tahu gara-gara Anda dianggap sebagai ahlinya, Anda mendapat peluang yang menguntungkan. Jauh lebih menguntungkan daripada berharap dari AdSense, misalnya. Hal seperti ini sudah terjadi di blog ini. Dimulai dari hanya sekedar mendapatkan tiket seminar gratis hingga proyek pengerjaan sebuah game CD untuk brand otomotif.

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

27 komentar »

  • Yeni Setiawan :

    Nice article. Love it.

  • diams :

    wah.. terimakasih atas masukannya, semoga saya juga bisa membangun blog yang baru saya bangun selama 1 minggu ini.

    http://www.gadgetindo.com

  • bey :

    Salam kenal mas. Wah, berkah kemenangan di Pesta Blogger kayanya ni blog tambah rame. O ya, selamat ya.

    Mas, sepenuhnya saya setuju dg tulisan diatas. Ternyata memang gak gampang buat blog, terutama itu lo…konsisten dengan brand yang ingin kita bangun. Seringkali kita tergoda utk juga ngikutin kesuksesan blogger lain, akhirnya jadi gak fokus. Kayanya perlu dilanjutkan tulisannya mas, dengan mengangkat topik “Membangun jaringan melalui blog”. (Saya yg usul, sampeyan yg nulis ya. he…he…)

    regards,
    soul of syariah//beyblog.syafaatadvertising.net

  • Blog Strategi + Manajemen :

    Damn good post, man !! Saya lagi berikhtiar keras untuk mempraktekkan 7 RESEP SAKTI diatas….

  • Pitra :

    #3 Bey: maksudnya membangun jaringan ini jaringan apa ya?

  • Irvan :

    keren tulisannya.
    abis baca ternyata masih banyak yang kurang dari blog saya.

    -IT-

  • Firman Firdaus :

    Hehehe. Kalo mbaca artikel yang begini-begini malah berasa ngeblog itu susaaaaaahhh banget.

  • udhien :

    dan melakukan blogwalking seperti ini juga merupakan salah satu cara menjual diri πŸ™‚

    good article mas pitra…

  • feri gunawan :

    Atau minimal, bila ada yang meng-Google-kan nama Anda, blog Anda yang akan muncul di urutan paling atas

    yess…sudah no 1 *norak*

    artikel okeh ni πŸ™‚

  • galih :

    serius banget, bakalan susah ngeblog menurut petunjuk di atas. kalau saya mah, tetap suka-suka saya. mau menulis, mau tidak semau saya. mau orang berkunjung terima kasih, mau tidak ya tidak apa-apa. blog bagi saya adalah tempat untuk curhat.

  • garmin gps :

    salam kenal…

  • Pitra :

    #10 Galih: hehehe.. ya wis ya nggak usah dipaksa. Setiap orang bebas kok mau nulis apa di blog-nya. Kalau blognya utk curhat aau sekedar suka-suka, ya emang nggak perlu sih ngikutin petunjuk di atas. πŸ™‚

  • Iim Rusyamsi :

    Thanks artikelnya, nambah wawasan lagi nih…

    Selamat yah atas penghargaan yang diraih dari Pesta Blogger 2007.

  • Hedi :

    Susah ya? jadi frustrasi nih hehehe πŸ˜›

  • Memo :

    Apa? Saya jago? Duh berlebihan.
    Saya mah ngeblog sesukanya aja, sesempatnya, sebisanya. Toh energinya sama dengan chatting ato SMS-an. πŸ˜€

    Kalo lagi bosen ya saya tinggalin, tapi tahu2 spamnya banyak banget. Jadi saya harus nengok halaman admin buat ngebersihan spam supaya nggak ngeberatin server. Tapi itu pun masih ada yang lolos.

    Lha kalo nurutin ide dan mood, sehari bisa berkali-kali. Untung internetnya mbayar, kalo gratis mungkin lupa diri. πŸ˜€

  • ipoet :

    mudah-mudahan kita bisa nyusul jejaknya mas Pitra ya… tapi buat aq, blog ya diary yang boleh dibaca semua orang, jadi ya mesti bagus biar gk malu he..he..

  • Okto Silaban :

    Eh mas, buat nge-blog tentang suatu tema apakah kita harus memang jago dan pengalaman di bidang itu?
    Misal kita ngeblog tentang toko online, apakah kita memang harus benar – benar ahli dan pengalaman disitu? Misal, punya beberapa toko online, pernah develop toko online gitu..?

    Soalnya saya kepikiran tentang integritas si penulis.

  • Pitra :

    #17 Okto: gak usah jago sih, tapi sebaiknya lumayan ngerti. Ini aja saya nulis juga sambil belajar kok..

    Pertanyaannya: kita mau nulis blog dengan tujuan kita membangun integritas? Atau kita nulis blog karena kita suda punya integritas di bidang itu?

    Kalau saya sih nulis blog karena saya berupaya membangun integritas.. Kalau ditanya soal expertise di bidang game/online branding/apapun, banyak yg lebih capable daripada saya.

  • bey :

    maksudnya membangun jaringan bisnis melalui media blog. Kan bisa tho diarahkan ke sana. Jadi blog ini tidak semata-mata hobi atau ngisi waktu, tapi sebenarnya bisa jd media jaringan bisnis yang bermanfaat. Gitu mas Pitra. Gimana mas?

  • Pitra :

    #19 bey: hehe.. ok deh, ntar saya pikirin dulu draftnya..
    Kalau nggak bisa baca posting terdahulu:

    http://media-ide.bajingloncat.com/2006/11/12/memasang-iklan-di-blog-anda/

    atau

    http://media-ide.bajingloncat.com/2006/04/28/kenalkan-diri-dan-usaha-anda-melalui-blog/

  • edratna :

    Tulisan yang bagus…wahh jadi minder, blogku ndak ada apa2nya…

  • JAR :

    hmmm…. memang-memang benar itu…

  • garmin gps :

    trims…. informasi yang menarik

  • LiSan Skywalker :

    Selama ini aku ngeblog sesuai mood aja hohohoho ^o^ Tapi masukannya oke juga niey buat aku ^O^

  • mfajrinet :

    Ini nih yang sedang lagi diusahakan.. memfokuskan isi blog.. πŸ˜‰

  • Paijo :

    wah, ternyata susah buat fokus
    karena nulisnya sesuai mood….
    terkadang kita respect pada suatu hal pada suatu hari, namun di hari yang lain dah enggak lagi… klo gitu gmn bisa fokus?he he

    ketika mau membuat blog yang lebih spesifik, kadang nyali jadi ciut karena kita belum menguasai apa yang mau kita tulis… gimana dong biar bisa pede?
    thx sarannya…

  • Dewa Rental Plasma :

    Lha ini baru Tulisan bagus
    Prinsipil banget Mas dan banyak Blogger pemula yang salah langkah di awal karena salah niat dan prinsip..

    tapi mas nulis itu mudah mikirnya yang susah..
    Ha ha ha Just Kidding -:)

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge