Home » Experiential

Bermain Video Game Sembari Belajar di Kampung Game

6 November 2007 11,748 views 18 komentar

Saat ini di Parkir Timur Senayan terdapat acara bernama Bouncy Town, yaitu taman permainan anak dengan konsep balon-balon (inflatable). Anak-anak di area ini bisa bermain sekitar 30 balon sepuas-puasnya.

Di dalam area ini juga terdapat beberapa area permainan video games, dengan Kampung Game sebagai primadona utamanya. Para penggemar video games bisa membeli 1 tiket, dan mereka bebas memainkan semua permainan yang ada disana. Yang unik adalah semua permainan memiliki setting dan tema sama, yaitu alam pedesaan Indonesia. Dengan ditemani 4 karakter jagoan utama: Along, Dinda, Buyung, dan Baba, anak-anak bisa bermain tenis, sepak bola, balon udara, jungkat-jungkit, dan lain-lain.

Kampung Game

Kesamaan setting area dan tokoh jagoan ini dimungkinkan karena semua game di dalam Kampung Game ini diproduksi oleh game developer yang sama dan 100% asli buatan Indonesia. Tema dan hubungan antara setiap game pun bisa dibuat menjadi koheren.

Semua permainan di Kampung Game ini ditujukan untuk anak-anak. Tidak dijumpai satu elemen kekerasan pun di dalamnya. Semua permainan bertumpu pada aktivitas, seperti dancing, menendang bola, atau jungkat-jungkit. Bahkan game tenisnya menggunakan raket sungguhan agar anak harus terus bergerak. Dapat dijumpai juga game balon udara yang menggunakan pedal kanan-kiri yang harus dikoordinasikan dengan baik, sebagai bentuk “Brain Gym” atau senam koordinasi otak kanan dan otak kiri.

Kampung Game

Kampung Game dibangun dengan satu konsep wahana tematik yang tujuan nantinya bisa dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan. Dengan komponen-komponennya yang knock-down, semua elemen dalam Kampung Game bisa dibongkar pasang, sehingga memungkinkan kegiatan roadshow berkeliling ke kota-kota di seluruh Indonesia. Nantinya, di lokasi, tinggal digelar tenda agar anak-anak bisa datang bermain video games sambil belajar dengan nyaman.

Sekarang kan katanya zaman penuh teknologi. Hidup kita pun dijejali beragam produk high-tech. Lalu kenapa anak-anak masih belajar sama persis seperti era puluhan tahun yang lalu? Semoga pemanfaatan video game sebagai alat edukasi ini bisa menjadi salah satu teknik baru yang bisa memicu anak menjadi semakin pintar.

Kalau ada pihak yang tertarik untuk bekerja sama dalam dengan memanfaatkan aktivitas Kampung Game ini, silakan kontak via komentar ya.

(Sumbangan tulisan dari Bullit Sesariza)

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

18 komentar »

  • -tikabanget- β„’ :

    berapa ituh harga tiket?

  • bukrie :

    20 rebu (CMIIW, bener gak lit?) πŸ™‚

  • andrias ekoyuono :

    nice nice..
    ada jadwal roadshownya gak ?

  • sony set :

    Bullit Sesariza

    salam buat bung Bullit Sesariza ya. Semoga dia masih ingat saya. 7-8 tahun yang lalu, di suatu tempat di jakarta. πŸ™‚ Gimana kabarnya? Udah berkarya berapa game? apa kabar mataharistudio? sony set

  • Bullitt Sesariza :

    Thanks commentnya..

    Betul Bukrie, harga tiket 20 ribu untuk main 7 game (+ gratis 1 sih)..
    Jadwal roadshow belum ada, baru memilih kandidat lokasinya.
    Halo bung Sony Set, Kabar baik2 saja, kalo dihitung dari 7 tahun lalu, karya game yang sudah di release lumayan juga sih.. Apa kabar juga?

  • eizman irham :

    he3………….

  • syaifudin zuhri :

    wah bagus banget itu idenya bos..sip layak di dukung

  • pandu :

    kalo pengen menggunakan jasa kampung game utk sebuah event gmana caranya ya? mungkin ada contact person nya..thanks

  • najihah :

    ade tak games kat ps2 (bola kampung)

  • edithole :

    rasanya ini yang sangat ditunggu-tunggu…bulan februari (kla gak batal) akan ada event International Education Video Games Festival di ITB…mbok kl bisa yang knokdown itu diset di sana…Anda bisa kontak ke FSRD ITB…dengan Mr.Imam Santosa

  • Didin Wahidin :

    Salam Kenal,
    Saya tertarik dengan games anda saya ingin sekali membeli produk anda atau sewa,bisakah kita berkomunikasi by phone / ketemu.saya tunggu kabarnya secepat mungkin.
    Thanks

  • kira :

    salam kenal, gimana caranya bermain game ps 2 yang asik

  • hari :

    boleh minta price list gak ? kalo mao sewa buat acara berapa biayanya ya?…thanks

  • shinta :

    Hi salam kenal ya.. boleh minta no telfonnya gak… lewat japri juga boleh. Kabari secepatnya yaa karena butuuuuh banget banget.

    Terima kasih sebelumnya.
    Salam,
    Shinta

  • meytri :

    saya ingin menawarkan kerjasama tolong segera hubungi saya untuk acara tanggal 30 juli 2008. Thanks

  • donald :

    wah mas bagus tuh…. kapan dong roadshow keliling jawa… πŸ˜€ di tunggu kabar nya ya.. πŸ˜€

  • Bambang Lukito :

    apakah ada software untuk game anak-anak

  • yanto :

    mari belajar dengan senang

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge