Home » Online Communities

Peringkat Desain Wallpaper Anda di Rank My Wall

10 December 2007 6,987 views 5 komentar

Rank My WallSejak hampir sebulan lalu, pasti Anda sempat mengklik banner kotak berwarna biru di sebelah kanan. Website Rank My Wall ini adalah eksperimen pribadi, yang dikerjakan hanya di waktu senggang (meski senggang ya kok ternyata butuh lebih dari 2 jam sehari ya).

Tujuan utama membuat website ini bukan sekedar proyek me too yang memanfaatkan aplikasi CMS Pligg, aplikasi yang juga dipakai oleh website Lintas Berita atau Blog-M. Aplikasi Pligg sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga yang dijadikan ranking adalah gambar, bukan berita.

Pembuatan website ini juga sebagai eksperimen optimasi AdSense. Terus terang, meski secara teori penerapan optimasi keyword dalam sebuah website cukup dimengerti, praktiknya belum pernah dicoba secara serius. Di Rank My Wall ini, yang dijadikan keyword adalah wallpaper dan desktop background. Memang sudah ratusan website yang mengidentifikasikan dirinya dengan keyword ini. Tapi ya itu, semakin sulit, tentu semakin menarik tantangannya. Yang juga menjadi unique selling-nya adalah tidak banyak website lain yang menyajikan desain wallpaper beresolusi tinggi.

Lalu bagaimana pengembangan website ini selanjutnya? Rencananya, akan dibangun banyak mini website baru yang merupakan subdomain dari Rank My Wall. Semua mini website ini akan mendukung keyword website utama. Selama hampir sebulan ini, berdasarkan Google Webmaster Tools, yang menjadi top search queries dan top clicked queries sudah mendekati keinginan, yaitu keyword itu sendiri: wallpaper.

Apakah proyek eksperimen ini akan berhasil? Hihi, lihat saja tahun depan. Yang penting kan dicoba dulu.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

5 komentar »

  • Nofie Iman :

    Selamat!

    Kalau boleh tahu, apa kelebihan Pligg dibanding WordPress, terutama dalam hal SEO?

  • Okto Silaban :

    Mantap.. Keren euy..
    Gak me-too, itu yang penting..

    Yah.., aku juga nunggu tahun depan gimana jadinya.. πŸ˜€

  • Pitra :

    Kalau mau buat aplikasi kayak Digg (yg bisa diranking/diperingkat/dikasih bintang) pake Pligg. Pligg juga sbtlnya bisa dipakai sbg blog (meski belum pernah ada yg manfaatin utk ini). Meski tetep saja canggihan WordPress lah kalo utk urusan blog.

    Kalau dari sisi SEO, rasanya gak ada bedanya mau pakai CMS yg mana. Yang penting bukannya konten kata-kata di dalamnya? Makanya di Rank My Wall ini, setiap posting wallpaper pasti saya kasih tulisan konten yg nyambung dengan keyword yg diinginkan.

  • Pitra :

    tambahan, untuk para pemakai CMS Pligg hati2 ya.. Baru saja hampir semua CMS Pligg diserang spam yg pakai embel2 .info. Sudah dipastikan Blog-M, Lintas Berita, dll pasti ikutan kena. Baca-baca ke forumnya Pligg, dan download module baru Akismet dan Captcha untuk tindakan preventif selanjutnya.

  • tang zarot :

    Im want to ny wallpaper in nokia 2600c,anyting

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge