Home » Info

Refleksi + Beriklan di Media Ide

9 January 2008 6,188 views 9 komentar

Mumpung masih awal tahun 2008, nggak ada salahnya untuk sedikit refleksi apa yang sudah terjadi selama 2,5 tahun usia blog ini. Awalnya blog ini dibangun sebagai media pembelajaran tentang hal-hal yang relevan dengan profesi saya, yang dekat dengan dunia kreatif. Dari awalnya sebagai komikus, mengerjakan produksi animasi, video, multimedia, hingga kini lebih banyak berkecimpung dalam pembuatan game dan web untuk kebutuhan brand.

OphirPercaya atau nggak, dulu di tahun 1999 saya bersama teman-teman awalnya berniat membangun studio komik profesional. Apa daya, meski idealis, namun pasar lokal kurang mendukung. Tapi komik yang sudah kami buat sudah sangat banyak loh. Kerja sama dengan penerbit Mizan membuahkan puluhan komik remaja dan komik Islam. Yang paling heboh, adalah komik Ophir: Sic Transit Gloria Mundi yang langsung ludes 500 eksemplar di peluncuran perdananya di Pasar Seni tahun 2000. Bahkan sempat tampil di halaman utama lembar kedua koran Kompas Minggu. Kini dari tim lama, cuma 2 orang yang masih fokus di duna komik. Salah satunya bahkan sudah cukup mendunia.

Saya sendiri sudah beralih dari profesi itu. Bersama rekan lainnya fokus membangun Stratego yang lebih berfokus pada jasa desain dan animasi, yang lalu berkembang ke arah multimedia dan web, hingga lalu berkembang lagi ke pembuatan game. Kerja sama dengan salah satu advertising agency di Blok M menjadi titik tolak berkembangnya Stratego. Namun, seperti biasa. Kalau tak kenal, maka tak sayang. Promosi dan jual diri harus terus dilakukan.

Dulu banyak yang mengenal kami dengan sebutan Bajing Loncat (terutama teman-teman dan relasi di komunitas komik dan animasi) Nggak salah sih, karena memang nama itu yang dibentuk saat studio komik kami dulu awal berdiri. Tapi kini, karena perubahan fokus pekerjaan, kami perlu memikirkan brand kami yang baru. Dan tercetuslah nama Stratego. Sedikit demi sedikit kami mulai mengenalkan nama kami yang baru ke klien-klien lama kami. Ada untungnya juga, karena personil kami pun tidak jauh berbeda, klien juga tidak ambil pusing.

Lalu seperti para calon blogger lainnya 3 tahun lalu, semua teracun oleh virus Enda. Saya pun mulai mencoba blogging dengan fokus pada topik yang memang saya pernah geluti, yakni dunia komik, produksi animasi, video, multimedia, game, dan web. Lagi pula, saat itu belum ada blog lain yang menulis hal seperti itu di Indonesia. Tujuannya, ya jelas untuk jualan kemampuan diri dan tim Stratego. Meski saya yang menulis, bukan berarti itu pemikiran saya sendiri, tapi juga pemikiran tim kami. Hanya saya pilih-pilih, mana yang bisa saya tulis dan tampilkan di blog dan mana yang belum boleh.

Kini fokus Stratego lebih banyak pada pengembangan game dan kampanye online. Makanya, kini semakin banyak tulisan tentang hal tersebut di blog ini. Kalau dari interview saya dengan Cosa, ada yang menanyakan darimana saya dapat duit di dunia online, jawabannya jelas bukan dari pemasangan Google AdSense atau iklan-iklan lainnya. Menurut saya lebih penting menulis hal-hal yang sesuai dengan profesi saya di blog, dan biarkan rejeki datang secara offline gara-gara apa yang saya tuliskan di blog. Itu jauh lebih menguntungkan (setidaknya untuk saya ya).

Kini, tulisan ini ada di posting urutan ke-367, dan saat posting ini dibuat sudah ada 3.514 komentar. Blog ini didatangi rata-rata 24.000 unique visitor per bulannya yang rata-rata berkunjung selama 4,5 menit. Rasanya sudah saatnya ada sesuatu yang berbeda di blog ini. Traffic yang datang sudah cukup banyak (setidaknya untuk ukuran blog). Saya berharap, mudah-mudahan juga nggak ada yang keberatan kalau blog ini mulai dipasangi iklan. Dan untuk yang tertarik bekerja sama untuk pemasangan iklan ini bisa mengunjungi halaman informasi ini. Nggak mahal kok, dan nggak jauh berbeda dengan harga blog-blog Indonesia lain yang juga sudah mulai menawarkan iklan.

Mudah-mudahan nggak kepanjangan refleksi ke belakangnya. Yah, siapa tahu gara-gara baca ini, ternyata ada yang tertawa dan sadar kalau telah mengenal saya dari dunia-dunia yang pernah saya geluti sebelumnya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

9 komentar »

  • be-mine :

    Akhirnya Om Pitra “Jual Diri” ….:-)
    Sudah sering saya singgah di blog ini, baru kali ini ngasih comment.
    Salam kenal, saya dukung Om ngeblog terus, soalnya aku sering dapat ide dari blog ini
    thanks

  • Diki :

    udah salut sama pitra sejak jaman bajing loncat baheula tea πŸ˜€ semoga makin sukses!

  • herru :

    salam kenal mas, selamat untuk perjalanan blog yang cukup panjang tapi dengan reward yang – buat saya – sangat memuaskan

  • cosa :

    jujur, selama ini mampir ke sini, baru setelah baca artikel ini aku ngeh kalo aku udah kenal nama bajing loncat sejak beberapa tahun lalu! Kapan itu ya, pokoknya jaman2 masih aktif jadi gamer πŸ™‚ 2000-2001 rasanya yah

  • N. A. Hilal :

    wah si chris dulu sama lo ngobyek-nya pit..
    aku pernah baca tentang dia di korannya jawa pos group, “orang indonesia bikin komik di amerika”…

  • jertungparart :

    gw sih kenalnya dengan nama bajing loncat duluan hehehe…klo namanya jual diri harus..karena orang indonesia kurang pede dan kurang narsis..mari kita belajar narsis dikit kan gpp gw dukung lu fit…(sok kenal gini ya..)

  • Blog Strategi + Manajemen :

    Oke Pitra, kapan-kapan gue akan pasang iklan di blog elo. Tapi di blog-nya Cosa lebih in-expensive dong. Saya psang banner ditempatnya dia, Rp 200,000 berlaku seumur hidup..:):)

    Eniwei, saya ndak masalah dengan your price. Mungkin lebih pada pertimbangan jenis audiens.

    Goodluck, bro.

  • kunderemp :

    Hiks.. padahal saya masih mengharap lanjutan Ophir.. terakhir baca baru sampai di Afrika…

  • antown :

    mantap!! saya sangat senang bisa berkunjung ke blog ini. terus berkarya mas…

    mampir ke blog saya
    salam kreatif

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge