Home » Online Branding

Promo Musik dengan Widget

26 January 2008 10,169 views 4 komentar

Satu lagi kreasi widget buatan kami dan non komersial, alias dibuat sambil bersantai-santai. Ini hanya contoh betapa memungkinkannya melakukan promosi album melalui sebuah widget. Untuk para maniak Ayumi Hamasaki (kalau nggak kenal, berarti kalian bukan pecinta J-Pop), jangan sungkan untuk memasang widget ini di blog atau profil Friendster kalian.

Widget yang merangkap mini website ini menampilkan kalender bulanan, info biografi dan galeri foto Ayumi Hamasaki, ragam videonya yang tersebar di YouTube, ragam track lagunya yang ada di Last FM, dan terakhir bisa dipakai untuk memesan albumnya di Amazon. Ini juga yang namanya mashup, dimana banyak API terbuka di jagad internet ini yang bisa dipakai untuk dijadikan 1 media gabungan baru.

Di luar, salah satu widget musisi yang terkenal dan dipasang di banyak blog adalah widget-nya Daft Punk. Melalui widget yang merangkap mini website itu, pengunjung blog bisa langsung menyimak video klip, track lagu, hingga jadwal konser Daft Punk. Si pembuat widget tinggal meng-update kontennya kapanpun, dan seketika itu pula semua widget yang sudah terpasang di ratusan blog ikut ter-update. Info dari Daft Punk yang tadinya hanya diinformasikan melalui website, kini bisa langsung dibaca pula di ratusan blog lainnya.

Nah, contoh ini sebetulnya bisa dijadikan media promo baru untuk musisi artis Indonesia. Dulu The Fly sempat promo viral melalui email dengan Madam Cinta-nya. Itu pun terbatas hanya pada permainan lucu-lucuan dan hanya dinikmati terbatas oleh penerima e-mail saja. Dengan widget, bisa jadi para fans akan dengan senang hati memasangnya di profil Friendster atau blog mereka. Apalagi kalau dengan widget itu selain sekedar permainan, juga bisa ditampilkan video klip terbaru, hingga single terbaru berikut liriknya. Dan, kalau musisinya memang cantik, bisa dipakai pula untuk pajang foto galeri si musisi.

Hehe, mungkin Maylaffaiza tertarik untuk mencoba? Mumpung baru mengeluarkan album baru.

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

4 komentar »

  • Personal Blog :

    Mau coba pasang diblog dulu ah… Thank’s mas

  • Christian Music :

    thanks banget bro. lagi cari ide ini memang πŸ™‚
    thanks for advice πŸ˜‰

  • Afrizal Pumiko :

    Hahahahaha…

    Ayumi hamasaki

    gw demen bos…. gw copy ya bos… thanks alot dah…

    hahahahah….

  • fajargoth :

    salam kenal….

    waduh ayumi hamasaki??? waw waw waw keren banget…boleh coba tuh πŸ™‚

    kalo sempet mampir-mapir ya gan :))

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge