Home » Interview

Kukuh TW: Si Penggagas Kronologger.com dan KumpulBlogger.com

16 February 2008 9,176 views 22 komentar

Kronologger dan KumpulBloggerPasti sudah pernah dengan tentang Kronologger.com dan KumpulBlogger.com dong. Dua proyek ini diawali oleh gagasan Kukuh TW yang hobi mengembangkan sesuatu yang baru di bidang online. Lebih jelas tentang kedua website ini bisa dibaca di wawancara berikut.

(Wawancara dituliskan apa adanya seperti aslinya, kecuali koreksi yang bersifat editorial)

Boleh diceritain nggak, Kronologger.com dan KumpulBlogger.com itu tentang apa?

Kronologger.com tentang microblogging services, KumpulBlogger.com tentang Menghimpun Jaringan Blog Sebagai Media Advertising.

Bagaimana ceritanya Mas Kukuh dulu kepikiran untuk buat 2 website ini?

Sebenarnya dulu menyesal bikin Kronologger.com, karena ternyata sudah ada layanan seperti itu, namanya Twitter dan Jaiku. Dulu namanya Kronologis.com, dan pertama kali launch 23 Februari 2007, tapi setelah itu jarang diurus lagi, sampai ada tawaran dari Pak Budi Putra dari Asia Blogging Network. Namanya lalu berubah menjadi Kronologger.com.

Nah, sejak saat itulah fiturnya dikembangkan, dibuat aplikasi programming interface, dibantu desain interface-nya oleh Thomas Arie, dibantu penyediaan hosting-nya oleh Andri Setiawan, dibuat program integrasi Yahoo Messenger oleh Ronnie Muhadi, dibuatkan WordPress plugin-nya oleh Purwedi Kurniawan dan Maseko, dibuat Komunitas Planet Kronologger oleh Masim Vavai Sugianto, themes/skin untuk Kronologger dibuat oleh Sandynata, Deny Sri, Akeda dan sebagainya.

Di-review di banyak blog oleh para blogger senior, seperti Indra Pramana, Enda Nasution, Harry Sufehmi, Rendy Maulana, Kuncoro Wastuwibowo, dan sebagainya. Sekarang tersedia juga aplikasi Kronologger untuk Facebook, dan juga versi Google Maps untuk Kronologger.

Kronologger dan KumpulBlogger

Ide KumpulBlogger.com muncul waktu baca blognya Media Ide tahun lalu. Waktu itu Google AdSense sedang booming dan sempat kepikiran untuk buat semacam itu, tapi berhubung masih skeptis, apa mungkin ada yang mau join, karena bersaing langsung dengan Google AdSense dan AdBrite?

Setelah baca-baca blog dari berbagai macam blogger yang membahas susahnya diterima di AdSense, akhirnya nekat-nekatan aja deh bikin AdSense lokal serupa (mumpung Google Adsense masih semena-mena dengan publisher Indonesia), coba-coba trial and error aja deh. Wah, ternyata responnya di luar dugaan. Setiap hari rata-rata bergabung 10-20 blogger. Menyesal juga, kenapa nggak bikin dari dulu.

Sudah berapa banyak pengguna 2 fasilitas ini? Targetnya ingin punya berapa banyak pengguna nih?

Kronologger.com saat ini baru beranggotakan 1300-an, KumpulBlogger.com dalam 40-an hari terkumpul 600-an blogger. Saat ini KumpulBlogger.com dibantu manajemennya oleh MaxStudio dan Disitu.com.

Untuk Kronologger.com, ada niat untuk mengkomersialkannya? Kalau ada, dengan cara bagaimana?

Usaha komersil sedang dirintis, bekerja sama dengan content provider dan operator. Bisa juga di-combine dengan teknologi GPS pada mobile phone, dimana seorang bisa posting dan posisinya bisa diketahui dari MobilePhone + GPS tersebut. Selanjutnya ditampilkan di web dalam bentuk peta. Progresnya agak lamban, karena waktu pengerjaan hanya mengandalkan hari libur, itu juga kalau sempat.

Untuk KumpulBlogger.com, siapa saja yang boleh bergabung? Apakah terbatas untuk para blogger saja?

Siapa saja boleh bergabung, selama konten tidak mengandung kontroversi. Pemilik portal atau forum juga boleh bergabung.

Berikutnya pertanyaan imajinasi. Dalam 10 tahun mendatang, dalam bayangan Mas Kukuh, Kronologger.com dan KumpulBlogger.com sudah akan seperti apa?

Wah, saya belum berani berandai-andai sampai 10 tahun ke depan. Diri sendiri masih bisa hidup saja, Syukur Alhamdulillah.. πŸ™‚ Tapi Mudah-mudahan Kronologger.com dan KumpulBlogger.com bisa menjadi streaming revenue dan sanggup menghidupi banyak orang. Amiiin…

Isu-isunya Mas Kukuh selalu memanfaatkan hari libur untuk mengerjaan ide-ide proyek baru. Selain Kronologger.com dan KumpulBlogger.com, proyek apa lagi yang kini sedang dikembangkan?

Iya, kalau ada hari libur panjang, biasanya saya manfaatkan untuk coding. Semuanya bersifat trial and error, ada yang berhasil, ada juga yang tidak berhasil. Sekarang ini lagi suka buat aplikasi menggunakan Google Maps dan eksperimen sedikit mengenai Google Android (tapi belum berhasil juga nih). Setiap hari banyak hal-hal baru yang bisa dieksplor.

Sekarang-sekarang ini diusahain dulu untuk membuat apa saja, biarkan market yang menilainya ada potensi bisnis atau tidak. Kalau ada akan diteruskan, kalau tidak ada ditinggalkan, lalu cari yang baru.

Untuk pebisnis dotcomers lain yang tertarik untuk diinterview, silakan cek artikel ini ya!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

22 komentar »

  • Felix :

    Interview yg bagus, menginspirasikan.

  • Hans :

    Interview yang menarik, keep them coming! Saya suka Kronologger, punya potensial! Saya belum begitu yakin dengan kualitas iklan dari KumpulBlogger.., tetapi semoga sukses.

  • ndoro kakung :

    wah, wawancara yang hebat pit. coba itu komandan dagdigdug diwawancara juga … hihihi

  • Dina Airin :

    ini yang bikin lokasijakarta.com juga ya ?

  • Pitra :

    #3 Maksudnya Pak Didi ato Paman Tyo yg jadi komandannya?

    #4 Ya, tul.. Idem jg dgn yg bikin goingtoindonesia.com

  • Diki :

    salut buat mas kukuh, smoga muncul kreasi web-web 2.0 lokal lainnya

  • Kukuh TW :

    Pitra, Thanks bangetz ya interviewnya

  • andrias ekoyuono :

    semangat ! seneng sekali melihat anak-anak negeri yang terus berkarya

  • Boyke Bader :

    Mas KukuhTW… mangkin okeh aja nih sampeyan…

  • mungkin :

    waaah bagus sekali, sudah pintar, kreatif pula ya mas kukuh itu. yang menarik adalah jaringan kerja sama orang2 pinter itu sehingga hasilnya bisa dinikmati para blogger. saya mau gabung ah…

  • Phillip Decastro :

    Kalau Bikin Web 2.0 itu Dapet duitnya dari mana sih ?

  • idham :

    Wahh..wawancara yang inspiratif sekali..penuh inovasi segar..terus mas kukuh!!!

  • imsuryawan :

    Hmm.. menarik juga mas! Ini saya lagi googling tentang kumpulblogger dan nyasar ke sini! hehehe…

  • Fatlee :

    Kuh, ok kron. Buat banyak pengatahuan luas.Tambah teman

  • ridhocyber :

    saya juga udah ikutan di kumpulblogger.com , tapi advertisernya kayaknya kurang, jadinya iklan yang muncul itu itu aja, dan untuk warna dan tampilan iklannya gak bisa di custom, alias udah di tetapkan dari sononya, jadi kadang nampak kurang matching sama themes blog kita…

  • Kukuh TW :

    @ridhocyber:
    Sebenarnya bisa, kalau pasang yang type javascriptnya, bisa disesuaikan dengan CSS Blog itu sendiri, contohnya banyak kok blog yang bisa customize tampilan sendiri ,misalnya http://nomor-togel.blogspot.com/ , http://tayuang.blogspot.com/ , http://motor-loe.blogspot.com/ , http://tabris-tabunganarisan.blogspot.com/
    dan lain-lain

    intinya: mainkan CSS di blog masing-masing,
    bisa sesuai deh, mau fontnya warna apa aja, sizenya apa aja, warna apa aja, kalau setting CSSnya bener, pasti sesuai dengan themes blognya

  • Iwan beginner :

    Buat mas kukuh yg ditolak oleh ad sense : salut buat idenya,

    saya si jd coba2 bikin blog juga(masih amatiran), biar bisa daftar di kumpulblogger.com

    cuma mo usul ni krn saya mahasiswa yg rekeningnya udah ada di bank lain(yg biaya tetek bengeknya murah) dan bank itu kebetulan tdk terdaftar di kumpulblogger gimana kalo metode pembayarannya bisa pake check juga dan langsung dikirim ke alamat rumah/KTP, tentu saja paymentnya gak bisa dikirim klo cuma 10 ribu tapi dikirim otomatis klo sudah 100/200/300 ribu – kepotong ongkos kirim otomatis tentunya, seperti sitis Yuwie itu lo mas kukuh, nanti mas kukuh bisa kerjasama dengan Perusahaan Delivery dengan syarat perusahaan itu ditampilin juga sebagai advertiser di kumpulblogger.com

    Gimana mas usulnya? (maaf bukannya gak modal tp biaya adm di BCA mahal mas, saya malas mengurus buka rekening lagi,pindah rekening lg, dan saya mahasiswa yg biaya hidupnya pas2an, harap maklum)

    oiya,terimakasih dan jawaban bisa dikirim ke email saya(udah dicantumkan)

  • Aris Bachtiar :

    Hebat Kuh, natural banget ama karakter elo yg gue tahu…

  • iambadung :

    Wawancara yang mantab pit…

    Maju terus produk kreatif Indonesia!

  • Partisimon.Com :

    KumpulBlogger Dot com memang mantap. Win win solution untuk publisher maupun advertiser. salut sama mas Kukuh yang bisa ngembanging jasa broker iklan online ini.

    semoga tambah inovatif aja layanannya dan sukses selalu

    Jabat Erat πŸ™‚
    Partisimon

  • nurhamidi :

    sy pelanggan pasang iklan di http://www.kukuhblogger.com…... smg mas kukuh terus mengembangkan kukuhblogger shg bisa menjadi the best….. salam sukses

  • Rina :

    semangattt om kukuh… πŸ™‚

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge