Home » Interview

Indra: Mengelola 17Tahun2.com Supaya Bebas dari Serbuan Hackers

11 March 2008 27,479 views 49 komentar

Kalau sebelumnya kebanyakan wawancara Media Ide ditujukan kepada para pelaku penjual online, kali ini sedikit berbeda. Siapa yang nggak kenal situs panas 17Tahun.com yang sudah melegenda. Situs yang berisi beragam cerita dewasa itu tiba-tiba sempat hilang dari peredaran karena serbuan hackers. Beberapa bulan kemudian muncul situs baru 17Tahun2.com, yang merupakan perbaharuan dari versi lamanya.

Kali ini, kesempatan wawancara ditujukan kepada Mas Indra, si admin 17Tahun2.com yang kini masih terus berjibaku membebaskan beragam serangan yang menimpa situsnya. Sekaligus juga Mas Indra akan bercerita seperti apa situs 17Tahun2.com versi baru ini.

(Wawancara dituliskan apa adanya seperti aslinya, kecuali koreksi yang bersifat editorial)

Apa yang membuat 17Tahun2.com ini berbeda dengan versi sebelumnya, 17Tahun.com?

Pertama, dari segi desain kami berusaha agar versi baru 17Tahun.com sedekat mungkin versi lama. Menurut saya desain lama sudah oke banget, simple tapi elegan dan hanya perlu di-refreshing sedikit. Agar tidak terlalu monoton kami tambahkan ilustrasi gambar original (bukan foto) pada halaman tertentu.

Kalau dari segi materi, kami tetap ambil kategori cerita yang sama agar pembaca tidak bingung. Kami hanya menambah kategori “komik” untuk gambar dan komik dewasa asli Indonesia. Komik pertama, “Indekost, Lusi gadis model”, kami biayai sendiri agar tidak kosong. Sekarang kami menunggu gambar dan komik original dari pembaca. Dalam waktu dekat kami akan membuka satu kategori baru (apa kategori itu?… masih rahasia!).

Di samping itu, sekarang pembaca bisa ganti font dan ukuran tulisan, data cerita lebih lengkap, dan pembaca bisa mencari cerita berdasarkan kata kunci. Penulis misalnya, bisa pilih siapa yang bisa menghubungi dia: siapa saja – pembaca terdaftar atau tidak – bisa dihubungi sama sekali. Penulis juga bisa tambahkan avatar dan menulis presentasi tentang dirinya. Banyak yang berubah sebetulnya tapi lebih ke detil-detilnya.

Bagaimana ceritanya hingga muncul ide membangun website 17Tahun2.com ini pada awalnya?

Pertama karena merasa kangen sama situs 17Tahun. Ketika situs 17Tahun hilang gara-gara server-nya diserang virus Brontok, pemiliknya lalu memutuskan untuk tidak menghidupkannya kembali. Tidak ada situs penganti yang muncul. Kan sayang. Di Indonesia banyak orang yang suka baca cerita dewasa (dampak budaya mungkin?). So… ya begitulah saya mulai membangun 17Tahun2.com dan ternyata dapat dukungan penuh dari pemilik 17Tahun.com pertama. Itu sangat berarti bagiku. Kan artinya, walaupun dia sudah keluar dari dunia itu, tapi dia merasa puas dengan versi barunya 17Tahun.

17 Tahun 2

Aktivitas pengunjungnya seperti apa nih, Mas? Berapa besar pengunjungnya per bulan dan berapa banyak yang berpartisipasi mengirim cerita setiap bulannya?

Pada saat ini 17Tahun2.com dikunjungi sekitar 30.000 orang per hari. Mengingat suksesnya situs 17Tahun.com saya cukup optimis akan bisa mencapai 100.000 per kunjungan per hari tahun ini. Sempat mencapai 40.000 pengunjung sehari beberapa bulan yang lalu… Ssayangnya sejak buka kami sudah terpaksa tutup sementara 3 kali. Setiap kali tutup pengunjungnya turun drastis dan harus mulai dari bawah. Aktivitas pengunjung? Yaa pastinya baca cerita!

Loh, kenapa harus tutup?

Karena masalah teknis dan lagi-lagi karena serangan “hackers”. Saya tidak tahu apakah hackers itu disewa oleh saingan atau oleh kelompok radikal tertentu ataupun iseng saja. Yang pasti dari dulu situs 17tahun paling disayangi (dibenci) “hackers.” Sebenarnya saya harus berterima kasih kepada mereka sebab setiap kali diserang, saya terpaksa memperbaiki situsnya agar lebih kuat, stabil dan secure.

Ya, intinya, tadinya server kami tidak mampu melayani puluhan ribu pengunjung sehari. Akibatnya kami terpaksa menonaktifkan beberapa features “Web 2.0” di website dan mengubah script-nya agar lebih ringan di server. Sekarang seluruh halaman pakai cache-system yang cukup canggih dan kami gunakan 3 server yang berbeda. Satu khusus buat gambarnya, satu buat pengelolaan situs dan satu khusus untuk halaman cerita. Jika situsnya mulai lambat lagi kami tinggal tambahkan satu server. Ya, kami belajar dari kesalahan… Saya rasa sekarang sudah stabil dan kebanyakan bug sudah dibenarin. Lihat aja..!

Upaya promo apa yang sudah dilakukan untuk mengenalkan 17Tahun2.com?

Belum banyak sih. Paling, saya menulis komentar di blog sana-sini kalau situs 17Tahun sudah buka kembali. Menurut saya kalau situsnya berkualitas, pengunjung akan datang sendiri. Pengunjung yang puas pasti bercerita ke temannya kan? Apalagi 17Tahun2.com adalah penganti resmi dari situs 17Tahun.com yang cukup legendaris.

Gara-gara serangan hackers, sampai sekarang kami terpaksa fokus pada segi teknis situsnya. Sibuk terus dengan kodenya. Nah, sekarang situsnya sudah stabil jadi kami bisa mulai fokus pada isinya (penambahan cerita baru). Mulai bulan ini situsnya akan di-update setiap hari, bahkan mungkin dua kali sehari. Mudah-mudahan yang senang baca cerita dewasa akan kunjungi 17Tahun2 secara rutin.

Ada niat mengkomersialkan 17Tahun2.com? Kalau iya, boleh diceritakan dengan cara bagaimana?

Hmm.. gimana ya? Saya orangnya sebenarnya cukup idealis. Tujuan utama saya adalah membuat situs yang paling bagus dalam bidangnya. Cieyyee… Hehe ada kepuasan tersendiri loh kalau hasil kerja keras kita diakui dan bisa dinikmati banyak orang. Pasti sudah bisa merasakannya dengan blog ini kan? Kalau cuman mau cari duit sih bisa saja… seperti di blog-blog tertentu, pasang iklan di mana-mana, pakai pop-up, bikin halaman penuh keyword palsu khusus buat Google, menerima sponsor yang menawarkan trik “jadi jutawan dalam 3 hari”, dll… No way

17Tahun2 akan tetap bersih. Seperti dalam versi pertama, iklannya secukupnya saja.

Tapi memang ada biayanya. Selain waktu tak terhitung yang disita, kami juga harus membayar 3 server. Karena situs kami digolongkan “dewasa” maka kami tidak boleh mengunakan Google AdSense. Iklan yang ada belum menutupi biayanya tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat akan ada sponsor (situs) lokal yang akan tertarik untuk memasang banner di 17Tahun2. Kalau pengunjungnya banyak kan kenapa tidak?

Yang pasti, buat pengunjung, 17Tahun2 akan tetap GRATIS! Malah seandainya nanti kami mendapat uang lebih dari 17Tahun2, kami pasti akan bagi-bagi rezeki dengan penulis terbaik…

Sekarang kan semakin mudah orang membuat situs dewasa. Dapat gambar atau video dari mailing list, lalu pajang di blogspot. Menurut Mas, apakah ini akan berpengaruh terhadap kunjungan ke 17Tahun2.com?

Ya pasti berpengaruh. Tapi lebih berpengaruh bagi situs foto dan video daripada situs cerita. Soalnya kalau cerita, sistem pencariannya dan kualitas cerita penting sekali. Orang punya fantasi yang berbeda-beda. Harus bisa mencari cerita dan harus punya banyak pilihan. Format milis bahkan blog biasa menurut saya tidak begitu cocok untuk dijadikan situs cerita.

Membuat blog dewasa memang makin mudah. Tiap hari muncul puluhan blog baru. Tapi dari yang saya lihat sampai sekarang, maaf, belum ada yang benar bermutu. Masalahnya pemiliknya hanya fokus pada untung materiil. Kemampuan mereka sepertinya sebatas “copy/paste”.

Blog cerita misalnya, mereka hanya bisa mengambil cerita dari situs lain. Cerita original tidak ada. Lalu sepertinya mereka tidak bersedia mengoreksi cerita sebelum dipublikasikan. Hasilnya ya… banyak cerita yang tidak bermutu.

Kalau di 17Tahun2.com, semua cerita dikoreksi dan diformat sebelum diedar. Cerita yang kurang bermutu tidak dipublikasikan. Dan tentunya kami juga cek apakah cerita yang dikirim sudah ada di situs, dengan membandingkan kalimat cerita dengan kalimat seluruh cerita yang disimpan di database 17Tahun.

Ya blog cerita bukan masalah, siapa saja boleh usaha, dan pembaca bisa membedakan sendiri mana yang bermutu dan mana yang tidak…

Nah, terakhir. Ini pertanyaan imajinasi. Dalam 10 tahun mendatang, 17Tahun2.com sudah akan seperti apa?

Wah… belum kepikir Mas… Baru buka soalnya. Hmm… kalau berimajinasi ya… Mungkin 17Tahun2.com sudah go internasional. Selain dalam bahasa Indonesia dan Melayu ada cerita dalam bahasa Inggris, Spanyol, Perancis… Terus ada banyak korektor sukarelawan yang bersedia membantu mengoreksi cerita (seperti moderator kalau di forum), lalu… bisa memberi hadiah kepada penulis cerita original yang mendapat nilai tertinggi. Banyak pengunjung. Hackers tidak mengganggu lagi. Itu aja sih. Didoain ya Mas. emoticon

Terima kasih Mas Pitra, terima kasih buat semua pengunjung yang membaca interview ini dan sukses selalu buat blog Media ide!

Terima kasih juga ya, Mas Indra!! Untuk pebisnis dotcomers lain yang tertarik untuk diinterview, silakan cek artikel ini ya!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

49 komentar »

  • Mimitmamat! :

    Yang empunya jangan-jangan bung pitra sendiri nih πŸ˜›

  • Pitra :

    #1 wahaha bukan bukan.. Bukan saya yg punya. Saya gak punya dotcom2an.. Apalagi yg dijadiin bisnis spt ini.

  • iqranegara :

    Ga perlu promosi, konsultan internet marketing, semua nyebar lewat word of mouth. Dunia maya memang paling cocok untuk hal2 tabu kayak gini yang semuanya anonim.


    100.000visit/hari, kapan ya situsku bisa?

  • funkshit :

    wah .. dari sekian banyak situs cerita dewasa.. tetep aja identik sudah melekat pada seventeen dot com deh
    sayang nya skrg harus pake 2 . ..

  • andrias ekoyuono :

    ini dia, apakah reborn situs yang dulu berjaya bisa kembali mengulangi masa jayanya di tengah persaingan era web 2.0 ? ditunggu aja

  • geblek :

    wow kalau 100.000 perhari jadi apa blogku yah, bisa2 /bln habis bw 1 tera πŸ™‚

  • Blog Strategi + Manajemen :

    Sorry Pit, saya agak kecewa Anda menampilkan postingan dengan tema yang “agak tabu” ini.

    Media ide adalah blog favorit 2007. Mestinya ada sejenis ikhtiar yang sungguh-sungguh untuk memberikan teladan yang baik — tentang apa itu artinya membangun sebuah blog yang sehat, bermartabat dan positif.

  • Pitra :

    Mas Yodhia, saya pribadi memang nggak ingin membedakan situs dewasa ato bukan. Kalo pun itu situs dewasa, yang saya bahas juga bukan dari sisi konten ‘panas’-nya, tapi tetap dari sudut pandang advertising/marketing/promotion/technical yg terkait dgn dunia interaktif dan online.

    Kadang-kadang, kita juga perlu belajar kenapa sih sebuah situs dewasa itu sukses, dan mungkin nggak pola itu diadaptasi oleh situs2 lainnya.

    Tapi saya terima masukannya dgn baik. Kalo nanti banyak yg keberatan dgn posting spt ini, maka akan saya hindari untuk melakukan hal serupa di posting2 selanjutnya. Hihi, soalnya sebelum ini ada bbrp posting berbau ‘dewasa’ lainnya di blog ini.

    Sekalian saya minta maaf untuk pembaca yg nggak bisa baca posting ini, gara2 ada kata “17tahun”-nya. Mungkin karena di-block oleh penjaga cumi di kantor masing-masing. Bacanya pake RSS Reader aja ya.

  • snydez :

    ..banyak orang yang search keyword 17tahun (atau 17 tahun) nyasarnya ke blog gue πŸ˜€

  • salwangga :

    zaman reformasi memang semakin jadi. jadi gila maksudnya. semua serba maya, kapan ya ada tulisan hubungan intim versi dunia maya. ga perlu ngeluarin duit. he..he..he.he…

  • SMSIREG :

    Situs 17tahun.com isinya plagiat dulunya dan sekarang sudah banyak bertebaran situs2 dengan isi yang sama dengan 17tahun.com yang lama. Sulit untuk mendapatkan iklan dengan situs plagiat.

  • nasher :

    Kapan ya Saya d wawancara? Apa harus buka 17tahun3? hehehehe…
    itu jawaban yg terakhir sepertinya gak mungkin terjadi soalnya dari nama yg sudah d rubah pun tetap tidak menunjukan niat go internasional

  • Okto Silaban :

    Eh, titipan pertanyaan saya gak jadi ditanyakan ya?
    Soalnya saya benar – benar penasaran dengan jawaban atas pertanyaan saya itu.

  • Romi Satria Wahono :

    Kalimat terakhir jadi gimana gitu. Minta didoain supaya nggak diserang hacker πŸ˜€

  • Apa Saja :

    Mas Pitra, Anda mungkin berniat untuk menggali sisi marketing dari situs ini. Tapi dengat memuat wawancara dengam mereka, Anda secara tidak langsung sudah mendukung keberadaan situs esek esek seperti itu.

    Apakah anda ini manusia yang bebas nilai atau apa?

    Kalau bicara tentang, marketing, tak ada yang istimewa dari marketing situs esek-esek, karena situs seperti ini akan cepat ngetop walau tak ada promosi sama sekali.

    Kalaupun ada manfaat dari pemuatan artikel di atas, saya kira mudharatnya jauh lebih banyak.

  • Pitra :

    # 15
    Mas Apa Saja, secara pribadi saya nggak keberatan dengan adanya situs dewasa. Semua website punya pasarnya masing-masing. Kalo ditanya apakah saya akan buat situs dewasa spt itu, jelas saya akan jawab tidak akan buat. Tapi kalo ditanya saya apakah keberatan nggak dgn hal spt itu, maka akan saya jawab kalo saya nggak akan keberatan. Monggo aja kalo mau ada yg buat situs dewasa. Sepanjang itu memang ditargetkan untuk orang dewasa. Ini mirip dulu waktu saya ditanya, apakah saya tidak keberatan dgn Playboy Indonesia..hehe.. Jawaban saya, saya tidak keberatan, asal tidak dijual ke target yg salah.

    Kalo ditanya apakah saya bebas nilai ato nggak? Setiap pribadi punya prinsip, kepercayaan, n nilai yg dipercayainya masing-masing. Jadi, mohon tidak menjudge seseorang karena nilai yg dimilikinya berbeda dgn orang lain.

    Karena sekarang blog ini sudah dikonsumsi umum, saya cuma bisa mengembalikan kembali ke yg baca. Kalo yg baca tidak keberatan dgn tulisan2 semacam ini (yg sbtlnya cukup banyak kalo dirunut ke belakang), ya saya nggak akan tulis lagi. Begitu pula dgn sebaliknya.

    Apa saya bikin polling sekalian ya? πŸ˜€

  • Nothing :

    Ah bullshit aj tu yg bicara maslh nilai,mmg lw sndri ga baca apa?Jgn munafik deh jd orang.Sok ngomg nilai sgala macam.Klo lw blm dwasa,jgn msk website nya.Ato jgn2 lw impotent yah,jd iri sma yg bisa ereksi gara2 cerita dewasa.Mulut lo bau tau gak.

  • Ajreng :

    Asal ada peringatan situs itu diperuntunkan khusus buat orang2 dewasa ya kenapa ga? Apalagi situs itu sebenarnya ga terlalu vulgar. Baru dicek: tiada foto atau video porno kok. Yang ada malah gambar yang bisa dinilai cukup artistik (menurut gue)…

    Orang mau baca cerita buat ber-onani ria, kenapa ga? Onani itu sehat. Tanya aja doktermu Pak suci. Yang gak sehat itu melarang-larang orang lain untuk ini-itu. Buntutnya saling membenci dahkan bisa pasang bom kalau ambil jalur sesat itu. Melarang situs dewasa? Yang jadi malah orang frustrasi, praktek poligami dan pemerkosaan… Hasrat seks harus disalurkan… Gak kasihan loe ama yang masih jomblo? Kita bukan robot Man.. Punya kebutuhan biologis. Kalau gak ya perempuan yg jadi korbannya. Nah situs seperti itu punya fungsi penting di situ.

    Terus, aspek positifnya yang paling dasyat bagiku adalah pengunjung mereka jadi suka BACA dan MENULIS. Coba baca, gak jarang ada cerita yang benar SASTRA. Ada orang yang mungkin gak akan pernah coba nulis cerita jika tidak kenal situs cerita dewasa seperti itu. Orang jadi kreatif loh bikin cerita ginian. Sponsor situs 17tahun2.com itu seharusnya departemen pendidikan lol! Berkat situs macam ini banyak orang yang pada awalnya ga suka baca akhirnya jadi suka baca juga πŸ˜‰

    Bung Pitra jangan mau di-intimidasi oleh orang yang ingin mensensor blog ini. Situs dewasa adalah bagian dari dunia internet. Asal membahas fenomena nyata atau situs yang berkualitas ya sah-sah saja. Selalu lebih baik ngomongin sesuatu secara terbuka daripada tutup mata (dan diam-diam di belakang juga main di situ juga).

    Yang ga suka ya ga usah ke sana. Nonton aja novelnya Pramoedya atau majalah Gatra. Tulisan yang tersedia banyak toh? Tapi jangan melarang orang lain untuk ke situ. Zaman diktator sudah lewat Pak. Terus kalau benar merasa terganguu dengan adanya situs dewasa yang bisa diakses dari Indonesia monggo Pak pindah aja ke Saudia atau Korea Utara. Di sana enak, situs dewasa difilter semua!

  • ayip :

    apa ada perbedaan situs 17tahun2.dengan situs ah uh tk.apakah ah uh tk itu pagiat ya mas…..

  • Pitra :

    #18 thanks atas pendapatnya. hehe.. jadi input jg buat kita

    #19 waduh, kalo itu saya malah ndak tau tuh. Mas Indra yg ngelola kali yg lebih tau. Dijawab aja ya Mas Indra…

  • slamet :

    gak ada kommen ah

  • HARUHI-ism :

    Kayaknya akhiran “2” udah diikuti beberapa orang deh.

    Teman saya ada yang men-delete blognya (celotehsaya), lalu membuat blog baru (celotehsaya2), kemudian anehnya buat celotehsaya3 lagi. πŸ˜†

  • Maylana :

    Setiap orang bth kesenangan trsndri.klo ad yg g ska ya udh donk.g usah d bka stus ini.toh stus ini g d bwt untk lo.stus ini d bwt untk orang2 yg mmbthknny.lo g ska.ngapain bka2

  • fari :

    akhirnya ada juga yang membahas tentang topik ini. situs ini memang sepertinya diserang secara sporadis oleh hacker yang ga setuju dg eksistensinya yang mengancam perkembangan mental generasi muda.

  • Robi Herianto :

    Buat Mas Pitra,
    Cuma minta tolong tanyain ke Mas Indra pengelola 17tahun2.com, gimana caranya download? Kalo harus bayar berapa? Dulu pernah waktu masih versi lama.
    Tapi tampilan yg baru cool banget, Jadi pengen punya lagi.
    Thanks.

  • Robi Herianto :

    Lalu sekarang kadang2 susah bukanya.

  • radman :

    Kalo situs gituan di luar negeri, memang diperbolehkan, alias legal, tapi aturannya ketat bgt. Bahkan harus ada semacam pernyataan dan persetujuan dari organisasi hot gitu.

  • soni :

    kenapa 17tahun2 ga bsa dbuka lgi mas?

  • up 2 u :

    kayaknya 17tahun2 kena hacker lagi ya.saya jadi nyasar kemana-mana…

    asiknya 17tahun2 ngasi free u pembacanya beda ma yang laen harus bayar..padahal waktu pertamanya mereka ngasi free..eh begitu tau banyak yang baca disuruh bayar…

    usul nih..klo dah bisa di akses tetap ngasi free…apa mau jadi 17tahun3…?

  • brandon :

    Mas 17tahun2.com kok kayaknya udah gak ada lagi ? sudah tidak kuat mengurus lagi kah ? hiks jangan begitu dong mas ayo semangat !!!

  • didoet :

    mana situs barunya 17tahun…..??????
    jadi bosen didepan kmputer kalau g ada crita gituan bwat ngilangin stress kerjaan..

  • sayf :

    kenapa 17tahun2 ga bsa dbuka lgi mas? bagaimana mahu membukanya.

  • lola :

    mana mana, qu gak bisa ngebuka lage niy???

    kemana kah y baru itu???

    yaaaaaaaaacchhhhhhhhhh

  • wawan :

    saya menanti cerita serunya lagi

  • sezat :

    Om… Gman in 17tahun2 tak bs d buka? Ap akn ad 17tahun3? Bnyk nc pnggmar yg pada mlai bngung situs fav ilang. Nah kshn lha mrk

  • Rainbow Runner :

    Kok belum bisa-bisa juga, kapan dong. Mau login nih….

  • jacki_kemon :

    bagaimana nih kok sampai skrg belum bisa dibuka juga 17tahun2.com nya. kita kita khan lumayan buat hilangin stres dikantor. baca baca.

  • liekpok :

    17tahun2.com kapan bisa dibuka.
    situs ini bisa nambah semangat para kaum laki, yang loyo langsung greng.

  • han :

    gw ngefans bgt ma situs ini, tp kok ga bs dibuka lg sih….ayoo dong buka lg…

  • Teguh Wiguna :

    saya setuju dengan niat baik mas indra sang admin 17tahun2.com. tanpa menafikkan kebutuhan hidup bang indra selama mengelola situs 17tahun2.com yang selama ini selalu gratis, saya siap ko menggalang temen2 pecinta 17tahun2.com untuk memberikan donasi demi kelangsungan hidup 17tahun2.com. saya pikir sudah banyak situs2 yang menggunakan sistem donasi seperti halnya joomla. orang bebas mendownload joomla, tetapi joomla membuka donasi bagi pengunjung dan pecinta joomla. menurut saya itu sah2 saja.

  • dilay :

    tolong ceritanya lebih dahsyat lagi dunk supya mantep

  • debleng :

    dalam khdpn psti ada crita,enth tu baik p bruk.tp hrs ingat,sgla ssuatu ada btsnya.OK slm knl dari q debleng,asli jawa timur.slm knl buat smua y,,,,

  • ukay :

    mantap juga tuh bisnisnya

  • ukay :

    emangnya berguna seperti apa sih situs ni?
    emang ad tips yang bisa ngebangunin yang loyo?

  • ukay :

    kayanya yang exist di situs ini cuma debleng doang ya?

  • erdim :

    ok banget bisa donk bagi tipsnya

  • Robi Herianto :

    Dear mas Pitra…
    Kok sekarang situs 17 tahun2.com hilang lagi? gimana nih? bisa gak titip tanya ke mas Indra, gimana caranya biar kita2 bisa download. bayar juga gak pa pa… nanti bisa diupdate terus….Aku tunggu tanggapannya di emailku ya.
    thanks……

  • budiman :

    ga asik bgt nawala.. jadi ga bisa dibuka deh…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge