Home » Online Living

Jumpa Darat dengan Menkominfo (7 April Jam 7 di Lantai 7)

8 April 2008 9,408 views 22 komentar

Pertemuan Menkominfo dan staf dengan para ICT Societies (istilah yang disebutkan oleh Pak Nuh kepada kita-kita semua yang hadir) berlangsung ramai dan menarik. Agak panjang kalau harus dijelaskan satu persatu topik-topik apa yang dibahas di malam ini. Tunggu saja Rabu pagi, pasti akan ada banyak blogger, portal berita, dan stasiun televisi yang akan membahasnya.

Daripada dijelaskan apa-apa saja poinnya, bagaimana kalau Anda mengunduh saja langsung hasil rekaman acara tadi dan dengarkan sendiri. Maaf ya, ukurannya cukup besar, karena total waktu rekamannya adalah 2 jam (tapi tenang aja, nggak pake iklan kok.. Hehehe..). Maaf juga kalau agak kurang jelas, maklum pakai alat perekam sederhana soalnya.

Silakan unduh berkas audionya di tautan-tautan berikut (ukuran: 27.8 MB):

Bisa juga baca liputan live blogging singkat dari Kuncoro di sini.

Kronologi acara yang lebih lengkap bisa dilihat di blognya penggagas acara, Mas Romi.

Tulisan terkait lainnya: Ndoro Kakung, Kunderemp, Riyogarta.

Kalau nggak tahu apa yang diomongin, karena belum baca UU ITE itu isinya apa, silakan unduh di tautan ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

22 komentar »

  • Kukuh TW :

    btw, tadi kesimpulannya apa ya ? sedang di cari solusi elegan untuk kasus fitna di youtube ?… ya kalau solusinya nggak ketemu…, sepertinya tetep deh… youtube di blokir

  • aRuL :

    gimana dengar pendapatnya?
    ah kayaknya berlangsung seru nih… moga2 mendapatkan manfaat banyak πŸ™‚

  • herman saksono :

    Dari transkripnya, aku kok menangkap kalau pemerintah tidak ingin memahami kerisauan para bloger.

  • kunderemp :

    @Kukuh:
    kesimpulannya, bahwa pertemuan tadi untuk silaturami, tidak ditujukan untuk pemecahan masalah.

    @HermanSaksono:
    Iyah..
    Kami gagal membujuk Pak Menteri dan para Staf Ahli yang menemani beliau. Maafkan kami.. ihik ihik

  • Rio :

    wah..pinginnya berlama2 dsana…tapi badan dah gak enak, jadi kudu cabut duluan..btw, wartawan jak tv, yang nemplok di pintu cakep juga tuh
    πŸ˜€

  • iorme :

    yang jelas pak Nuh memberi respon positif dan mendukung kegiatan bloging, jadi blog gak akan di blok

  • Mus_ :

    ndak bisa download dari rapidshare.
    diblok sama speedy. :((

  • dede :

    skrg malah situs rapidshare.com di blok. maksud apa? apa sih maunya pemerintah ini?

  • nanda_abiz :

    wegh… blm ada penyelesaian nih ya….

    sedang nglurusin pendapat…..

  • Pitra :

    waduh.. saya yg upload ke rapidshare semalem… tapi hari ini saya sendiri nggak bisa masuk rapidshare lagi.. πŸ™

  • Sopan :

    Kabar terakhir yang saya terima, Youtube, Rapidshare, Myspace, Multiply dan beberapa situs lagi diblok oleh Telkom sesuai permintaan Menteri sebagai pelaksanaan perintah dari Presiden….

    Sebenarnya saya marah tetapi saya juga tertawa terbahak-bahak mendengar berita ini. Saya koq sekarang merasa jauh lebih pintar dari Menkominfo apalagi Presiden SBY yang mengira hanya dengan memblok 7 situs tersebut akan mengakhiri peredaran film tersebut di Indonesia. Selain merupakan tindakan mubazir (Saya sangat yakin hampir semua pengakses internet dari Indonesia, Islam atau bukan, tidak setuju terhadap isi propaganda murahan seperti film Fitna, yang bahkan isinya cuman potongan film sana sini ditambah bumbu-bumbu semau pembuatnya. Jadi buat apa berpayah-payah memblokir peredaran film yang memang tidak akan ditonton, atau kalaupun diunduh juga mungkin akan ditonton dengan penuh rasa ketidaksetujuan terhadap isinya, di negara Indonesia tercinta ini ??? Lain ceritanya kalau pemblokiran ini bisa dilakukan secara global diseluruh dunia karena dikhawatirkan popaganda ini akan dicerna oleh pihak-pihak yang memang tidak mengerti mengenai konsep islam yang damai.

    Tahukan bapak Menkominfo bahwa tanpa berpikir panjangpun saya bisa menyebutkan ada lebih dari seratus cara yang bisa dilakukan untuk mentrasfer sebuah file (dalam hal ini adalah film Fitna) didunia Maya tanpa harus melalui ke 7 situs tersebut ????? Kalo niatnya menutup jalur keberadaan file tersebut di dunia maya kenapa tidak sekalian saja search engine seperti Google, Yahoo dan lain-lain diblokir supaya orang-orang awam seperti saya tidak bisa mencari di keyword ??? Atau kalo mau pakai cara yang lebih terlihat bodoh, bagaimana kalo koneksi internet di Indonesia di matikan saja sekalian ???

    Sungguh, diluar rasa marah dan dongkol atas penutupan situs tadi, saya sekarang merasa jauh lebih pintar, setidaknya jika di bandingkan orang-orang di Kementerian Kominfo serta para petinggi negeri ini. Sebuah euforia yang aneh memang, tapi ini mungkin karena saya (mungkin juga kita-kita dalam arti jamak) terlalu sering dibodohi atau dibodohkan oleh para pamong negara ini sehingga sebuah bukti kecerdasan bagi saya terasa begitu berarti….

  • dental :

    ini seperti awal mimpi buruk.
    sikap pemerintah indonesia ini mengingatkan saya dengan perlakuan negara china terhadap penggunaan internet di sana.

  • Ollie :

    Aduh tolong hentikan semua kebodohan ini hiks *stress*

  • Herdiansah :

    ya susah yah kalo yang didenger itu omongannya si RSβ„’ ‘pakar’ itu

    harusnya pakar yang asli segera melakukan pendekatan ke pemerintah nih untuk memperbaikin persepsi yang salah ini

  • Pitra :

    #14 hehe, itu udah disampaikan kok di meeting dgn Menkominfo.. Supaya Menkominfo nggak salah memilih publicist dalam mensosialisasikan hal2 yg berhubungan dgn IT. Supaya Menkominfo menghindari menggunakan si pakar bernama RS itu, dan cari alt pakar lain yg bener2 pakar, dan bukan ‘pakar’ karena publisitas.

  • Jed :

    makasih dah upload

  • Ardi :

    @sopan, kalau anda lebih pintar, knp tidak memberikan saran alternatif supaya situs2 yg terblok skrg hanya konten2 khusus aja yg diblok? Saya yakin pemerintah kalau cukup pintar (menurut standar anda) bisa saja memblok hampir semua akses ke film fitna, tp apakah itu jd-nya bener2 pintar? Cuma sekedar untuk menunjukkan pemerintah lebih pintar dari anda?

  • andy :

    @7: benar mas, sekalian saja internet di indonesia dilarang itu malah selesai urusan. biar ga maju seklian. kira-kira apalagi yang mau di blokir. blogspot, youtube, rapidshare, google, etc mati aku.

  • purple :

    Miris…
    Ketika masyarakat pendidikan Indonesia baru saja “ngintip” internet, pemerintah justru akan memangkas situs-situs yang masih mempunyai banyak manfaat selain menyebarluaskan salah satu video yang judulnya hampir sama dengan isinya “fitna”

    Well, sepertinya kepercayaan kepada pemerintah akan semakin berkurang… drastis…

  • z4v4 :

    Sesuatu yg baik belum tentu terlihat baik,
    Dan untuk menyikapi hal tsb, kita harus terus belajar dan memahami segala sesuatu yang ada di sekeliling kita

  • Heru Purwanto :

    wah tuju, tuju, tuju dunk,,,,

  • Foredi GEL :

    Thx sharingnya semoga bermnafaat

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge