Home » Experiential

Interaktif dalam Kegiatan Activation

30 May 2008 6,763 views 2 komentar

Kalau dari dulu banyak bahasan di blog ini tentang interaktif di dunia online, baik itu untuk microsite branding atau ada kaitannya dengan Web 2.0, sekali-sekali sekarang dibahas kegiatan interaktif yang kini banyak dijumpai di dunia nyata. Di pertengahan tahun ini akan banyak kegiatan activation besar yang dilakukan brand. Ada event Bobo Fair, Indonesia International Motor Show, dan Pekan Raya Jakarta. Di dalam event tahunan ini, semua brand, dengan temanya masing-masing, akan berusaha unjuk gigi.

Yang sudah pasti, elemen interaktif berbau teknologi pasti akan muncul di sini. Kebanyakan brand pasti ingin memasang alat interaktif yang ‘beda’ dan belum pernah dilakukan brand lain. Kenyataannya, keberadaan alat-alat interaktif canggih di Jakarta ini pun terbatas. Memang banyak kreasi alat-alat interaktif yang semakin imersif di daratan Eropa dan Jepang sana. Kreasi yang memanfaatkan motion sensor dan multiple input sudah sangat berkembang di sana. Namun, harganya pun juga nggak main-main.

Meski di Indonesia terbatas, bukan berarti nggak ada sama sekali. Ada yang namanya interactive floor/wall (lihat banner di sidebar), dimana gambar diproyeksikan melalui proyektor ke lantai atau dinding, lalu orang bisa berinteraksi dengan hasil proyeksinya. Interactive floor/wall ini sudah ada beberapa penyedianya. Kebetulan, Stratego pun punya. Semua library-nya bisa dimodifikasi. Bahkan kalau perlu, bisa pula dibuatkan interaksi baru yang relevan dengan kebutuhan brand.

Sebagai contoh, saat Anda berjalan di bawah hasil proyeksi, akan muncul bunga atau bintang mengikuti langkah Anda. Atau, Anda bisa bermain sepak bola satu lawan satu dengan rekan Anda di bawah tembakan proyeksi. Bisa juga, Anda bermain menginjak-injak monster yang muncul di lantai sampai hancur. Variasinya bisa bermacam-macam. Semuanya bebas tergantung kreativitas, meski tetap dalam batasan skup teknis tertentu.

Floor FX - Wall FX

Lalu ada yang namanya A-Box (lihat juga banner di sidebar), sekumpulan permainan imersif yang dikhususkan untuk anak dan remaja. A-Box memiliki cukup banyak library game yang bisa dikustomisasi untuk kebutuhan branding. Anggaplah, Anda memainkan salah satu permainan di Timezone, hanya bedanya yang jadi tokoh dalam game adalah brand Anda.

Ada permainan Jingle Joy dimana Anda bisa bermain ala Dance Dance Revolution, lengkap dengan papan dansanya. Ada permainan Avatar U’r Voice dimana yang menjadi Anda harus teriak sekeras mungkin agar karakter dalam game berubah. Atau, mainan terbaru dari A-Box yang bernama Wings Cycle, dimana Anda harus menggenjot sepeda statis untuk menggerakkan karakter Anda dalam game.

A-Box

Kalau sekitar 2 tahun lalu, orang mungkin menganggap touch screen sebagai media yang canggih. Kini touch screen sudah menjadi hal yang lumrah. Tantangannya kini adalah bagaimana secara kreatif mengemas interaksinya hingga beragam jenis interaksi dengan memanfaatkan touch screen masih bisa menarik pengunjung. Pernah nggak kepikiran untuk membuat permainan mewarnai dan melukis langsung di atas touch screen? Modifikasi perletakannya menjadi seperti meja, sehingga Anda bisa “melukis” di atasnya. Atau, di meja yang sama diadakan pertandingan bola satu lawan satu. Pemain menggunakan jarinya untuk memukul bola di atas touch screen.

Kalau Anda melihat blog ini, Anda mungkin akan semakin tambah geleng-geleng kepala. Anda bisa melihat beragam aplikasi ‘ajaib’ hasil inovasi orang luar sana. Bukan berarti kita nggak bisa mengadakannya (mengadakan bisa mengimpor atau membuat ya). Hanya saja butuh waktu lebih lama untuk mencoba beragam eksperimentasi tersebut. Semakin gatal rasanya, karena tidak tahan ingin mencoba itu semua.

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

  • fg :

    wah keren2 mas pitra. btw, kalo keypad atau alat tombol (yang biasa digunakan utk voting) untuk kegiatan interactive baik itu yg wired maupun wireless kira2 gimana prospeknya? saya dan team punya peralatan spt itu, lengkap dengan program2 visualnya yg bisa di-custom. ato mungkin kita bisa kerjasama. πŸ˜€

  • Tuhu Nugraha Dewanto :

    Woww tampaknya seru nich. Saat ini pemasar harus lebih pintar memberikan experience yang menarik ke konsumen, karena pengalaman yang menyenangkan itu yang membuat orang tertarik membeli lalu kemudian loyal dengan suatu brand.
    Btw Mas Pitra, kita lagi bikin Blogging Writing Competition, dengan hadiah utama yang sangat spekta, liburan ke Disneyland Hongkong sekeluarga (4 orang). Infonya di, http://www.toyota-ownerclub.com/blog-kijang/

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge