Home » Online Branding

Toyota Mengajak Blogger Berkompetisi

10 June 2008 3,445 views 3 komentar

Beberapa bulan lalu Toyota-Astra Motor (TAM) dalam rangka peluncuran Corolla Altis, mengundang beberapa blogger acara Blogger Luncheon. Sejak minggu lalu (maaf telat infonya), TAM yang rupanya semakin yakin dengan semangat para blogger, kini membuat kompetisi baru. Kali ini, TAM mengundang semua blogger untuk menuliskan pengalaman mereka berlibur menggunakan Kijang di blog mereka masing-masing. Hadiahnya lumayan besar, tamasya ke Disneyland Hongkong. Kompetisi ini terbuka untuk para blogger dengan syarat dan ketentuan yang bisa dilihat di sini.

Kompetisi Blog KijangIde partisipatif ini memang menarik. Tidak seperti beberapa kampanye brand tahun lalu, dimana kompetisi menulis blog hanya berlangsung di situs brand, yang dilakukan TAM justru kebalikannya. Biarkan arena blog masing-masing menjadi ajang perseteruan. Ada timbal balik positif di sini. Efek buzz TAM menyebar ke banyak blog. Sebaliknya, blog yang ikut serta kompetisi akan ada peningkatan traffic. Yang punya blog pun ikutan senang.

Di situs utama kompetisi sekarang juga menjadi agregator tulisan-tulisan terbaru para peserta kompetisi. Saat ini baru 4 tulisan teragregasi (nggak tau memang baru 4 atau yang ditampilkan hanya 4). Cara ini akan membantu meningkatkan traffic ke blog peserta, yang tentunya akan membuatnya semakin senang.

Kalau sudah melibatkan blogger, asal ditargetkan pada segmen yang tepat, efek buzz yang ditimbulkan bisa menjadi luar biasa. Pemasangan banner pun dilakukan di blog-blog besar yang pembacanya adalah segmen Kijang. Efektif dan relatif murah biaya placement-nya.

Akan sukses atau tidaknya kampanye online ini, tinggal tunggu waktunya saja. Nanti menjelang akhir Juli (atau kalau ada kesempatan ngobrol dengan orang TAM), akan kita review lagi deh.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

3 komentar »

  • GusKoko :

    Berbagi info, mantap ! Sebagai blogger ber-usia senja, saya senang sekali jika blogger di Indonesia makin banyak dan semakin ber-aneka (ria) tulisannya πŸ™‚

  • Fany :

    mau ikut jadi males, gara-gara pertanyaanku dan beberapa teman yang diajukan lewat contact form tidak berbalas. Jadi gimana interaksinya dengan calon peserta lomba ya..

  • gadis :

    langsung tkp, pengen cobain πŸ˜€ ngarep hongkong kapan lagi bisa jalan2 gratisssss, thanks infonya

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge