Home » Online Living

Maraknya Lomba Blog

12 June 2008 5,759 views 21 komentar

Blog ContestBaru saja kemarin posting tentang kompetisi blog yang diselenggarakan oleh TAM, langsung saja hari ini ditemukan setidaknya 4 lomba blog serupa dengan kekhasannya masing-masing. Memang lomba blog lagi musimnya ya?

Pertama, lomba blog yang diselenggarakan dagdigdug dengan XL sebagai sponsornya. Hadiahnya, sekeping Blackberry. Ulasan lebih jelas bisa dibaca di blognya Ndoro Kakung.

Kedua, lomba blog yang diselenggarakan Flexi melalui situs komunitasnya, Flexiland. Melalui lomba ini, pengunjung “dipaksa” punya blog di Flexiland dan berkompetisi di sana. Hadiah total mencapai Rp. 125 juta. Info singkatnya bisa dibaca di blognya Kuncoro.

Ketiga, ada lagi lomba yang sayangnya disajikan dengan amat tidak menarik. Penyelenggaranya Balai Bahasa Bandung. Lomba blog ini bertemakan kebahasaan dan kesusastraan Indonesia (duh, susah banget!). Nggak tau, apakah animo peserta blog ini besar atau tidak.

Yang terakhir, adalah lomba menulis blog dengan tema wisata kuliner di daerah, dengan sponsornya Bango. Harapannya sih, yang diliput peserta adalah kegiatan activation Bango di daerah-derah. Info lebih lengkap bisa dibaca di blog ini. Hadiah totalnya lumayan, 80 juta.

Fenomena lomba ini cukup menarik. Ini tandanya, produsen mulai menyadari potensi besar dari para blogger (atau penggubah blog, menurut versi Balai Bahasa Bandung). Namun, tersebarnya ratusan blog di tanah air tanpa pemetaan yang jelas, sering kali membuat para produsen banyak berasumsi dan menebak-nebak dalam menentukan blog mana yang tepat untuk diajak bekerja sama promosi.

Dalam kaitannya dengan kompetisi blog liburan bersama Kijang, bagaimana TAM bisa mengestimasi jumlah blogger yang sudah berkeluarga misalnya? Lalu, bagaimana Bango bisa tahu blog-blog terkemuka mana yang spesifik membahas tentang kuliner misalnya? Semuanya bisa jadi masih tebak-tebak buah manggis. Menembak sambil berharap peluru yang diluncurkan tepat sasaran.

Seharusnya ada review nih. Adakah yang punya informasi seberapa banyak peserta kompetisi blog di ajang-ajang lomba blog sebelumnya? Apakah target yang dicapai pada kompetisi yang pernah ada memang tepat sasaran? Ada rekan-rekan yang punya masukan?

Kredit: gambar nggak nyambung, diambil dari contestblogger.com

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

21 komentar »

  • Ben :

    mudah-mudahan pihak sponsor tidak berekspektasi terlalu tinggi. di sisi lain semoga blogger bisa memilih mana lomba blog yang bermutu dan mana yang sekedar numpang beriklan di blog-blog secara murah… 🙂

  • Andy OrangeMood :

    Hehehe… makanya kemarin saya bilang TAM itu idenya “simple”… :p

    Nah kalau mau nge-drill down soal ROI, mungkin bisa nanya pada team “ahli”… tanya siapa?… :p

    Kalau ngincernya murah iya, kalau hal lain, perlu dipertanyakan deh… dan kalau sudah mo ngitungin ROI, itungin juga biaya buat hadiahnya… baru ngeeh…

    Makanya kalau ditanya soal ROI saya suka bingung mas… :p

    “Andy OrangeMood is Online Advertising Consultant”

  • sigit :

    ada 1 lg yg diselenggarakan oleh Acer (khusus mahasiswa+dosen)

  • Ollie :

    Hebat! Bagus deh… membudayakan menulis, khususnya di blog

  • Tuhu Nugraha Dewanto :

    Sebenarnya yang dicari TAM kan bukan hanya berapa orang blogger yang berkeluarga. Kijang itu kan mobil keluarga, jadi bisa saja yang nulis bapaknya, anaknya, kakeknya dll. Dan lebih penting lagi, sebenarnya tujuan dari lomba ini kan menciptakan awareness. Orang jadi tahu, ouww ada lomba. Mereka menulis, berdiskusi, berdebat itu tujuannya. Soal Kijang diributkan disini berarti udah meningkatkan awareness bukankah???heheheh
    Dan diskusi ini pastinya akan terus lanjut, dan berlanjut. Tunggu saja kejutan berikutnya, karena efek ini bentar lagi akan sekali lagi meluberrrr ke offline. ‘m sure for that…

  • Ihwan :

    Iya untuk memasyarakatkan blog, sapa tau menjadi banyak warga Indonesia yang melek internet ;))

  • Jed :

    artinya blogger udah bisa dijadikan profesi ya…

  • Ivan :

    Kampanye iklan sekarang tidak bisa diukur langsung pake ROI. Yg penting masyarakat umum jadi terbiasa dengan brand nya, maka pas waktunya butuh jadi teringat.

    Pake blog teritung murah, soalnya jangkauannya belom tentu sebesar media tradisional. Mungkin sebentar lagi jadi lebih rame, lalu lebih mahal kali.

  • gandhi :

    Belum lagi lomba yang ini. coba aja lihat di blog saya. ada 10 juta total hadiahnya. 🙂

  • mus :

    Wahhh!!! kalu gytu aku makin bersemangat,belejar blognya!! iya ngak booSS!!

  • Nivell Rayda :

    Wah..wah… kalau aku sih masih sedikit skeptis yah mengenai akan seberapa efektif blogging competition ini. Aku gak melihat ada bedanya antara blogging competition dengan kompetisi menulis dalam traditional media.

    Ketika blogging sudah dikompetisikan, menurut saya sudah bertentangan atau melunturkan the nature of social media. Yang saya takutkan pada akhirnya akan hilang ‘authenticity’ dan ‘credibility’ keduanya sangat penting dalam blog.

    TAM, Coca Cola atau lainnya should worry kompetisi seperti ini akan diserang oleh blogging ‘purist’ yang punya massa sangat banyak.

  • Retty :

    “Ketika blogging sudah dikompetisikan, menurut saya sudah bertentangan atau melunturkan the nature of social media. Yang saya takutkan pada akhirnya akan hilang ‘authenticity’ dan ‘credibility’ keduanya sangat penting dalam blog.”

    Menurut saya sih, tergantung pribadi blogger sendiri. Yang otentik dan kredibel seharusnya bisa terbaca dari isi postingan blog dan komentar. Saya ikut dua lomba penulisan blog…British Council dan Kijang. Bukan terutama untuk hadiahnya, tapi karena topiknya menarik saya dan bisa menggali lebih banyak tulisan pribadi. Kalau Kijang sih terus terang setengah nostalgia, obok-obok foto lama…dengan harapan ada komunikasi antara produsen dan konsumen, kedepannya bisa lebih tinggi lagi simbiosis mutualismanya (maksudnya “after sales service” bisa meningkat juga…)

    Yang terasa, waktu agak keteteran…kegiatan citizen reporter sedikit terganggu, tapi ternyata pembaca blog ada juga yang lebih senang hal-hal pribadi daripada melulu “news”.

  • gandhi :

    hm, bulan depan ada lomba blog apa lagi ya? kasih tau dong… 🙂

  • konsultasi kesehatan :

    info menarik, kemarin dari digdagdug n XL dapat flaskdisk n dll. Coba yg lain ah…

    terima kasih

  • Jonru :

    Pak, BelajarMenulis.com juga sedang mengadakan lomba blog, dengan konsep yang agak beda.

    Info selengkapnya di http://www.belajarmenulis.com/blogwriter

    thanks

    Jonru

  • gandhi :

    hm… ayo marakan lomba blog! Eh adakan jg dong dengan hadiah yg gede gede.. ha ha ha… Sukses terus!

  • kang gery :

    ada yang lebih menarik nih mas fitra, politikus aka cagub lampung menggelar lomba blog sebagai ajang pencitraan! gimana menurut anda?

  • Yan Rizqi Kurniawan :

    Kapan ada lomba blog lagi?????Kalo ada tolong beritahu saya ke : rizqi_dna@yahoo.co.id

  • qq :

    jangan percaya deh sama lomba blog, coz ada “sesuatu” di balik lomba tersebut, terutama kalau poling penilaian lewat sms terbanyak. Tetap waspada dengan akal promosi yang tentu saja tidak mau rugi dong.

  • radityo djadjoeri :

    Lomba Ngeblog yang digelar oleh Kecap Bango tidak berdiri sendiri. Masih ada 3 kategori lainnya yaitu Lomba Menulis Artikel, Lomba Foto dan Lomba Video. Payungnya bertajuk “Lomba Kreativitas Bango”.

    Untuk tahun ini, total hadiah yang diperebutkan senilai Rp 100 juta. Tahukah Anda? Lomba Ngeblog di tahun 2008 ternyata kurang diminati oleh blogger Jakarta dan Bandung. Yang “paling agresif” adalah blogger Surabaya. Di kota arek itu ada komunitas bernama Tugu Pahlawan. Di Bandung ada Batagor. Kalau di Jakarta apa ya namanya?

  • Faizal | Akselera :

    membudayakan menulis, khususnya di blog

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge