Home » Experiential

Cerita dari IIMS 2008 Hari Pertama dan Kedua (dan Jepretan Fotonya)

12 July 2008 6,305 views 12 komentar

Awalnya para blogger (kondang, katanya…) mendapat undangan dari Toyota-Astra Motor (TAM) untuk hadir di acara pembukaan IIMS (Indonesia International Motor Show) 2008 di JCC Senayan. Blogger-blogger yang diundang kurang lebih sama dengan yang diundang oleh TAM pada saat peluncuran Altis beberapa bulan lalu. Kali ini, tentu jelas lebih senang, karena skup acaranya yang jauh lebih besar. Kesempatan untuk datang di hari pertama, yang tertutup hanya untuk undangan sungguh sebuah kehormatan. Mungkin TAM semakin merasakan peran blogger untuk meniupkan ‘pesan’ (atau mungkin TAM memang kelebihan jatah undangan, lalu nggak tahu mau dikasih ke siapa lagi).

Desain booth TAM memang yang paling luas di acara ini. Tema yang diangkat dari desain booth-nya adalah Inspiring Innovation for Sustainable Mobility, yang (katanya) TAM menjanjikan kehidupan dan kebahagiaan yang lebih bagi pengunjung.

Seperti tahun lalu, baik TAM atau Honda berlomba-lomba menampilkan inovasi terbaru. Di TAM sendiri, kini ditampilkan I-Real yang merupakan pengembangan dari I-Unit yang muncul di IIMS 2007. Dengan I-Real, di masa depan nantinya pergerakan manusia bisa semakin personal.

Lalu ada mobil konsep yang disebut FT-HS, yang menggabungkan konsep mobil untuk balap namun menggunakan energi hibrid. Sesuatu yang rasanya berlawanan. Balapan dan hemat energi? Namun itu yang menjadi tantangan di ke depannya.

Yang keren dan bisa dicoba adalah VDIM (Vehicle Dynamic Integrated Management), alat simulasi untuk menguji pemainnya seberapa halus ia berkendara mobil. Saat alat bergoyang ke kiri dan ke kanan melewati batas keamanan, akan terdengar bunyi, dan mesin simulasi ini akan melakukan intervensi untuk menjaga keamanan kendaraan.

Toyota-Astra MotorPara blogger yang diundang di pembukaan hari Jumat kemarin, setelah puas melihat-lihat, siang harinya mendapat traktiran dari TAM. Lumayan, makan enak kenyang mewah di Ah Yat Seafood Senayan. Kalau dulu pas peluncuran Altis, para blogger mendapat flash disk, kali ini yang diperoleh adalah USB extension dan buku Meniti Tali Generasi, yang menceritakan kisah hidup TAM sejak awal ada di Indonesia, hihi, dengan Kijang kotaknya.

Foto-foto Blogger – TAM dan Booth Proton

Itu kalau hari pertama. Di hari kedua saat sudah dibuka untuk umum, IIMS sungguh ramai (jangan bawa mobil deh, capek). Kali ini benar-benar disempatkan keliling seluruh pameran, sambil foto-foto mobil (dan SPG-nya tentu). Dari foto-foto ke booth Proton, Mercedes Benz, Nissan, bahkan sampai Isuzu dan Hino yang memamerkan mobil-mobil berat pun dihiasi dengan SPG cantik.

Di area Honda, booth didesain dengan tematik berupa kota berikut semua elemennya: rambu jalan, kolam, tempat makan, gedung, dll. Saat memasuki lorong yang mengarah ke hall tempat Honda berada, pengunjung disambut dengan happening berupa beberapa orang yang mengenakan kostum pohon (asli banget kayak pohon, mereka juga kayaknya nggak bisa jalan), sesuai dengan tema booth yang go green. Sempat pula mampir lagi ke area TAM, dan melihat para SPG-nya berjoget kesana kemari.

Foto-foto Booth Honda dan Area Lainnya di IIMS 2008

Di hari kedua ini juga, Proton mengadakan lomba foto model gratis untuk umum. Lomba yang merupakan kerja sama Proton dan FHM ini menuntut para pesertanya untuk bisa menampilkan citra mobil Proton Persona berikut wajah modelnya. Modelnya sendiri adalah 2 cewek dari FHM Girls Next Door, yakni Yulia dan Rika. Hihi, sungguh menggoda lah pokoknya. Untungnya pesertanya nggak banyak, jadi harapan untuk menang semakin besar.

Foto-foto Jepretan Lomba Proton – FHM

Catatan: Untuk melihat galeri, tombol paling kiri untuk melihat full screen, dan kedua dari kiri untuk melihat slideshow. Mouse over pada foto untuk melihat keterangan foto. Klik tombol get & share untuk memasang galeri foto ini di blog/website kalian.

Kalau mau mengambil foto-foto di atas (kecuali foto lomba Proton dan FHM), bisa dicomot dari Flickr. Di situ ada pula jepretan papparazzi Sandra Dewi lagi mangap dan memakai roll rambut pada saat ia makan siang di JCC.

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

12 komentar »

  • Hedi :

    itu enaknya jadi blogger kondang, bisa ketemu sandra dewi πŸ˜€

  • Dino :

    Truk warna birunya itu keren..

  • Daus :

    Yang dipotretin SPG-SPG mulu nih? πŸ˜›

  • Mbelgedez™ :

    Orang Malesa pada ndak tau, apa ituh sekseh….

    πŸ˜†

  • andrias ekoyuono :

    Pit,gw gak terlalu merhatiin, bisa diulas ada interactive game apa aja di IIMS kemaren ? ps : kepitingnya emang enak πŸ˜€

  • Pitra :

    #1 Sandra Dewi mah cuma papasan aja. Ntah dia abis ngapain. Btw, menurut TAM, Sandra Dewi diangkat jadi brand ambassador TAM utk smart driving. Ada sih jadwalnya dimana Sandra Dewi akan nongol di booth-nya TAM, tapi saya juga ndak tau kapannya.

    #3 Kalo pameran mobil, masa nggak ngefoto SPG-nya. Wong SPG-nya sukarela n ikhlas kok difoto.

    #4 Kalo tau, mungkin model FHM nya akan disuruh pake bikini, nggak pake baju lengkap spt kemarin.

    #5 Nah itu dia. Setau saya, ndak ada interactive game baru di IIMS kemarin. Yang ada recycle-an semua. Kalo pun ada yang wah, itu hanya ngambil game comotan dari PS2 dan PS3, bukan sesuatu yg custom n dibranding (jadi menurut saya, nggak layak lah di-mentioned). Di booth Kids Corner nya TAM sendiri ada sih game Berlibur Bersama Kijang Innova, tapi itu pun buatan tahun lalu (hehe, kalo itu sih memang saya yang buat gamenya). Oh iya, biasanya setiap booth menyajikan touch screen utk informasi produk. Saya nggak hapal mana yang baru mana yang lama. Yang pasti baru paling touch screen di Proton (hehe, karena itu pun saya juga yg buat).

  • aLe :

    mbak2nya sekseh ^^ *ngiler*

  • Tuhu Nugraha Dewanto :

    Hahahah, mbak-mbak bertato dipunggung gak mau kalah difoto juga ternyata. Emang pinterrrr bener orang Singapur itu menciptakan publikasi hehehe

  • burhan :

    wah pasti masih banyak foto yang tidak diunggah (upload) alias disimpan sendiri hehehe. hayoo hayoo…. dan itu pasti lebih menarik

  • bowo :

    indonesia hanya sebatas tempat pameran … aja… blom bisa menampilkan mobil nasionalnya…

  • Roni :

    Fotonya mantep-mantep mas…

  • fisto :

    All new Honda Jazz-nya gimana? beneran keren gak? saya pengen liat euy, di kota saya belum ada…. πŸ™

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge