Home » Online Communities

Plurk Mania Mulai Mewabah di Negeri Ini

28 July 2008 13,835 views 52 komentar

Ada fenomena menarik dalam sebulan terakhir ini. Para makhluk dunia maya baru saja menemukan tempat baru untuk berkumpul. Namanya Plurk, sebuah fasilitas microblogging yang digabungkan dengan model jejaring pertemanan, plus sedikit konsep forum di dalamnya.

Microblogging adalah format penulisan blog dalam batasan jumlah karakter tertentu. Mirip SMS, dan umumnya menceritakan apa yang sedang dilakukan penulisnya saat itu. Salah satu pioneer-nya adalah Twitter, yang lalu diikuti oleh Jaiku dan Pownce. Di Indonesia sendiri ada pula Kronologger yang barusan saja di-update dengan fitur tambahan, bisa posting sekaligus langsung dari Kronologger ke Twitter, Pownce, Jaiku, dan Plurk.

Faktor utama yang membedakan Plurk dengan yang lain memang dari sisi desain. Format timeline dimana Anda bisa langsung melihat semua post teman Anda di satu halaman. Teknologi Ajax sangat bermain di sini. Plurk bahkan tampil dengan beragam pilihan karakter/maskot dan desain theme untuk timeline-nya. Sejak minggu lalu, Anda bahkan bisa bebas bermain CSS untuk mengkustomisasi theme Anda.

Plurk

Hal menarik lainnya adalah sistem Karma, sistem poin yang mungkin sudah familiar bagi Anda yang sering berkumpul di forum-forum. Semakin aktif Anda di Plurk, semakin tinggi Karma Anda. Semakin tinggi Karma akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pilihan karakter dan emoticon yang beragam pula. Sistem ini di awalnya kan mendorong Anda untuk aktif. Bisa jadi, karena akhirnya sudah menjadi kebiasaan, Anda semakin giat melakukan posting tanpa lagi memperhatikan poin Karma Anda.

Visualisasi dan konsep Plurk yang menarik ini kini banyak diminati orang sini. Lihat saja penghuninya di tautan ini atau ini. Di halaman itu Anda bisa melihat peringkat pengguna Plurk di Indonesia berdasarkan jumlah Plurk-nya, komentar/responnya, Karma-nya, hingga jumlah teman yang direkrutnya. Di tautan terakhir pula, Anda bisa mengecek jumlah pengguna Plurk dari setiap kota. Berdasarkan data terakhir, ada sekitar 215 anggota Plurk dari Indonesia, dengan 42 orang dari Jakarta.

Plurk

Kegilaan ber-Plurk-ria ini kebanyakan memang dilakukan oleh para blogger. Hehe, bahkan bisa-bisa para blogger semakin malas menulis, karena semua rekan bloggernya ada di sana, dan bisa berinteraksi dengan cepat satu dengan lainnya di sana. Karena mudahnya ber-Plurk-ria (nggak terlalu memikirkan apa yang harus ditulis), membuatnya menarik pula untuk para pendatang baru. Beragam komunitas online terlihat di sini. Ada yang dari forum, ada pula komunitas game developer, bahkan terlihat pula ibu-ibu muda di sini.

Beberapa tautan menarik seputar Plurk:

  • Plurkmania: untuk melihat statistik Plurk.
  • Plurk Top User: juga untuk melihat statistik Plurk.
  • Plurk Karma Trends: untuk melihat tren Karma pengguna Plurk. Cek juga FAQ tidak resmi tentang Plurk di sini.
  • Plurkerati: versi lain dari statistik Plurk. Dibuat oleh Chris Prakoso, yang saat ini berdomisili di London.
  • Plurker: entah apa gunanya ini, untuk melihat Plurk seseorang tanpa harus meresponnya.
  • Plurkpix: unggah gambar Anda dan Plurk tentang gambar itu di sini.
  • Plurkable: blog seputar dunia Plurk. Ada pula koleksi emoticon di sini.
  • Plurkiverse: juga blog seputar dunia Plurk, dilihat dari sudut pandang jejaring sosial.
  • Plurkshops: blog tentang Plurk, dilengkapi dengan liputan wawancara seputar jejaring sosial.
  • Plurkaholics: juga blog tentang Plurk.
  • Plurkular: lagi-lagi blog tentang Plurk.
  • My Pleeps!: satu-satunya blog tentang Plurk yang nggak diawali dengan kata Plurk.
  • Plurkland: blog tentang Plurk, dalam bahasa Spanyol.
  • Plurktionary: tips dan trik seputar Plurk.
  • Plurktemplates: tempat Anda bisa berbagi desain template Plurk Anda dengan pengguna Plurk lain. Baru berjalan, dibuat oleh Stratego.

Jadi sudahkah Anda nge-Plurk?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

52 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge