Home » Creative Works, Online Branding

Film 16 Agustus

17 August 2008 9,156 views 25 komentar

16 AgustusSejak beberapa hari lalu, iklan tentang 16 Agustus dari Sampoerna ini beredar kencang di TV, koran, hingga radio. Iklan berdurasi 15 detik menjadi teaser dan memberikan persepsi kalau 16 Agustus ini adalah sebuah film keren yang membawa pesan nasionalisme, dan menarik untuk ditonton remaja Indonesia. Hampir semua televisi nasional dikatakan akan menayangkannya jam 21.00. Tentu saja semua orang menanti-nanti dan berekspektasi tinggi terhadap 16 Agustus ini.

Ekspekstasi itu pun jatuh langsung saat “film” yang ditunggu-tunggu itu hanyalah sebuah iklan panjang berdurasi 2 menit. Iklan berupa film ini memang menceritakan kisah penculikan Bung Karno oleh Chaerul Saleh, Sukarni, dan Wikana, tokoh pemuda yang menuntut Bung Karno memproklamirkan kemerdekaan saat itu juga. Kualitas iklan “film” ini memang luar biasa bagus. Berdasarkan wawancara dengan tim kreatif iklan di situsnya, iklan ini memang dikonsepkan dalam format trailer dengan harapan pemirsanya tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang cerita di baliknya.

Versi iklan 15 detik.

Versi panjang 2 menit.

Sayangnya, persepsi audiens bisa jadi berbeda. Kesan trailer ini malah membuat bias kalau ini adalah cuplikan dari sebuah film layar lebar. Banyak orang berharap akan bisa melihat film panjang jam 21.00 kemarin. Saat yang dilihatnya hanya iklan “film” berdurasi 2 menit, semua pun kesal dan kecewa. Lihat saja komentar-komentar yang muncul di shoutbox situsnya (lihat di menu download, atau bisa langsung bypass saja dengan masuk ke halaman ini).

Sekarang tinggal kembali ke pihak Sampoerna. Banyak yang antusias berharap lebih dari 16 Agustus. Apakah akan dikembangkan menjadi sebuah film layar lebar? Ataukah hanya akan didiamkan saja, tanpa ada sikap meredakan kekesalan audiens yang sudah terjadi?

(Segenap tim Stratego dan Media Ide juga turut mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-63. Merdeka!!

Sudahkah Anda mengibarkan bendera di blog dan beragam profil jaringan sosial Anda hari ini?)

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

25 komentar »

  • mr.bambang :

    Pas jam 9 td malam, aku juga antusias melihatnya. Kirain iklan film, ternyata setelah liat dibelakangnya baru mahfum klw itu iklan sampoerna. Dan penontonpun kecewa

  • kunderemp 'An-Narkaulipsiy' Ratnawati Hardjito :

    Padahal…
    aku sudah minta tolong orang2 Bandung buat merekam agar bisa kubawa ke Amerika…

    Padahal…
    di RW-ku baru akan keluar hasil penjurian nasi uduk. Dan aku terpaksa meninggalkan nasi uduk yang enak buat film ini… Ternyata.. huahahahahahahahahahahaha…..

    Kalau untuk baca saja sih, aku gak butuh pancingan.
    Justru film ini (dengan durasi panjang.. bukan cuma 2 menit) dulu pernah jadi cita-citaku tetapi sayang tidak tercapai karena kesibukan kampus.

  • Andra & my Backbone :

    Merdeka!!

  • Yeni Setiawan :

    Badly disappointed, my middle finger for Sampoerna!

  • aulya :

    ah kirain jam 9 malam

    eh ternyata jam 12 malam

    udah tdr dunk

    ah padahal ingin nonton euy

  • Rosyi dan Dewi :

    Kami kecewa.tapi setelah tau responnya orang se indonesia, kami bangga dan bahagia, karena kita masih punya kebanggaan. Terhadap sejarah yang hampir di lupakan. Semoga menjadi inspirasi bagi para produser untuk mau mengangkat. Sejarah perjuangan masa lampau. Menjadi film. Untuk dapat di pelajari anak indonesia. Masa d depan….

  • PROKLAMASI :

    Proklamasi,
    Kami bangsa Indonesia gengan ini meyatakan kekecewaannya,hal – hal yang mengenai film 16 agustus dan jam tayang nya adalah Bohong belaka…..

    Jakarta , 18-Agustus / 2008
    A.N.Bangsa indonesia yang dibodohi.

    Itu adalah ungkapan kekecewaan pada pihak yang berjanji akan menayangkan film 16 agustus.. Tapi saya sebagai penulis comment ini ada di pihak tengah, memang sya agak sedikit kecewa, krn itu cuma iklan rokok “SMPRN” tapi di pihak lain saya menilai film itu Bagus banget… dari sekian banyak sutradara dan produser, saya yakin , gak ada yang punya pikiran sejauhb itu.

  • Q first :

    Hwakakakaka,,

    aku kena tipu juga neh,.
    Bodohnya, aku ga nyadar2 padahal udah tak lahap tu iklan pas jam 9,,.. tetep aja nungguin barangkali jamnya diundur,.
    Dodol!!!

  • imam :

    parah…. >.

  • kunderemp 'An-Narkaulipsiy' Ratnawati Hardjito :

    Itu bukan iklan rokok Sampoerna…
    Itu iklan layanan masyarakat yang disponsori oleh Sampoerna.

    Beda!

  • Black_Claw :

    bung ANDA HARUS IKUT DENGAN KAMI, MALAM INI JUGA

  • Stanley :

    nah… harusnya yang kaya gini nih dibuat film… trus nanti pelajaran2 sejarah di sekolah jgn cuma dari buku doank,, ga menarik dan bikin ngantuk. Harusnya dibuat seperti film dalam pelajaran sejarah di sekolah. Murid pun lebih mudah mengingat.

  • choky :

    busyet banyak juga yang nungguin yah….mudah-mudahan aja ada yang mau bikin film panjang nya!!!!!

  • Anggie Uli :

    Iyaaa, busyeeet, gw lewat nontonnya yg jam 21.00 soalnya td gw pikir itu bnr2 film jadi lewat bbrp menitpun msh bisa ditonton. Heee… tnyata cuma trailer aja

  • kunderemp 'An-Narkaulipsiy' Ratnawati Hardjito :

    Kalau anda bilang anda siap melakukan revolusi. Kenapa tidak anda memproklamasikan sendiri saja? — Hatta

  • unyuy53 :

    euleuh-euleuh,,,geuningan eta pelem teh ngan waduk hungkul nya…???
    aduwh sumpah gw kecewa banget,gw nunggu sampe jontor ,tu film kaga muncul2 juga,,gw berharep banget ada yang mau ngembangin iklan ini jadi film layar lebar beneran,, -indonesia- ,,merdeka!!!!

  • damar :

    klo bisa lebih terjankau hargana khususna d daerah depok masalahna luar biasa bgt mahalna.

  • gita :

    aduh, knapa gk ditayangin tuh film, padahal kan banyak yang pengen nonton, coba aja ditayangin, pasti seru jadinya tuh…

  • decen sesduta :

    cukup tertipu…sbg penonton dan sbg salah seorang cucu dari salah satu tokoh di iklan tsb….kepada pihak sampoerna sbg producer atw pihak lowe sbg biro iklannya….saya kecewa….dari ttg perizinan smp penayangan…..tlg di perhatikan….

  • alvan :

    kenapa nama DN Aidit ga ada?? padahal perannya di 16 Agustus cukup besar lho … πŸ™

  • Daus si ganteng :

    ya…..loe semua mah enak pd ngliat gw lbh prh lagi KAGAK NGELIAT!!! tapi,,, loe semua bener durasinya cuma 2 mnt ( abis ngeliat ).Padahal gw ud ber bln bln nunggu ginian . eh , ternyata cm 2 mnt ! Rugi dah !

  • sutan syahrir :

    tapi…ppki itu tidak menguntungkan buat kita bunng
    bung berdua di panggil ke dalat hanya tipu muslihat jepang saja bung

  • dina imutz... :

    aku cieh kagak usah nonton larut malam , di sekolah juga nanti pas pelajaran ips juga nonton….. kan anak anak kaya aku kan kagak boleh nonton jam sembilan nanti kagak baik…..

  • dhimas :

    skrg banyak org yg mnyataken Indonesia merdeka.
    Tp ga sdkt dari mreka yg msh blm mengerti arti kemerdekaan itu.
    menurut saya kemerdekaan Indonesia hanyalah sebuah “Label” tok,,

  • Dani :

    Sayang sekali ya

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge