Home » Creative Works

Indonesia Salah Satu Pengguna Opera Mini Terbesar

18 August 2008 47,155 views 21 komentar

Opera MiniOpera Mini adalah perambah (browser) yang paling umum digunakan untuk mobile gadget. Aplikasinya ringan, sederhana, namun bisa menampilkan informasi situs WAP dengan jelas (dibandingkan dengan standar perambah yang diberikan di setiap telepon selular). Habis baca-baca laporan dari Opera, ternyata Indonesia adalah negara ke-2 dari 10 besar pengguna Opera Mini (heran kan?). Versi PDF laporan ini bisa pula diunduh di sini. Selain Indonesia, negara lainnya yang disebutkan dalam laporan ini adalah: Rusia, India, China, US, Afrika Selatan, Ukraina, UK, Jerman, dan Polandia.

Data laporan mengenai Indonesia itu disebutkan kalau pria 18-27 tahun umumnya menggunakan aplikasi mobile untuk berinternet, dengan demografi 82% pria dan 18% wanita. Tidak disebutkan memang angka persentase ini dari jumlah berapa.

Aneh ya, padahal jelas-jelas pengguna internet di Indonesia (sebanyak 20 juta orang) jauh lebih sedikit daripada di US (218 juta orang) maupun Jepang (94 juta orang, bahkan Jepang pun tidak termasuk dalam laporan tersebut). Pengguna internet dengan mobile di Indonesia pun hanya 6% dari keseluruhan pelanggan internet di Indonesia (berdasarkan data dari Synovate Indonesia). Itu artinya, kira-kira pengguna internet dengan mobile hanya sekitar 1,2 juta orang. Jumlah yang sangat sedikit sebetulnya.

Dalam laporan itu juga disebutkan sepuluh situs utama yang dikunjungi pengguna dari Indonesia dengan menggunakan Opera Mini adalah:

  1. friendster.com
  2. google.com
  3. yahoo.com
  4. my.opera.com
  5. gamejump.com
  6. youtube.com
  7. getjar.com
  8. wikipedia.com
  9. information.com
  10. peperonity.com

Agak heran, kok nggak ada facebook.com atau plurk.com ya? Padahal keduanya justru punya halaman yang khusus untuk pengguna mobile. Situs gamejump.com, getjar.com, dan peperonity.com pun rasanya tidak familiar.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

21 komentar »

  • Epat :

    data ip mereka blum update kali
    maybe πŸ˜€

  • Anang :

    plurk??? sudah sejauh mana sih penggunanya??? seberapa heboh??? getjar adalah situs tempat kumpulan aplikasi .jar yaitu aplikasi mobile yg bisa diunduh dan dipasang di hp. pengunjungnya pasti bejibun. gamejump adalah ladang game. peperonity adalah wap tempat berbagi file. hmmm. postingannya tolong di update. hahaha

  • Yeni Setiawan :

    Mas, setahu saya pengguna Opera Mini kebanyakan adalah mereka yang jarang menyentuh komputer, bahkan beberapa tinggal di pelosok dan lebih mengenal internet melalui handphone.

    Untuk lebih mengetahui karakteristik pengguna Opera Mini di Indonesia, silahkan menuju halaman My Opera Indonesia, http://my.opera.com/id/

  • Yeni Setiawan :

    Eh nambah,

    Aplikasinya ringan, sederhana, namun bisa menampilkan informasi situs WAP dengan jelas (dibandingkan dengan standar perambah yang diberikan di setiap telepon selular).

    Opera Mini bukan WAP browser lho, tapi mobile browser. Mampu menampilkan HTML sama halnya ketika browsing menggunakan komputer.

  • Ryam Octavianus :

    Betul. Justru instal opera mini pengen liat web, bukan wap :p

  • mr.bambang :

    Situs yang paling sering kukunjungi melalui Opera Mini adalah : http://www.plurk.com/m, gmail.com, dashboar blog, facebook πŸ™‚

  • Pitra :

    #3, kalo itu gw baru tau malahan. Thanks juga linknya.

    #4 dan #5 ok, dikoreksi. saya salah mengartikannya.

  • Ryan Octavianus :

    Btw lagi sebenernya datanya ada yang lebih baru ^^ http://www.opera.com/mobile_report/2008/06/

    Sekarang dah agustus, harusnya yang juli bentar lagi nongol

  • kang gery :

    bagus juga buat di review

  • Jed :

    dah coba install opera mini di hape..sayang gak jalan, hiks hiks..

  • Njuiz78 :

    http:\\www.indonjuiz.blogspot.com

  • andrias ekoyuono :

    betul, Opera Mini bukan WAP browser tapi mobile browser.
    Gw juga banyak omong2 ama mereka, ada kelanjutannya, kelanjutannya apa ? tunggu tanggal mainnya, hahaha

  • PinaraNet :

    Hehehe… emang ada firefox untuk mobile? yang ada cuma opera doank, lagi pula rata-rata handphone sudah bundle menggunakan opera sebagai default browsernya

  • wawan :

    sayangnya Firefox tdk ada utk Mobile, opera memang pelopor.

  • Arief Burhanuddin :

    #13 dan #14, Mozilla sebenarnya punya projek bikin microbrowser (browser mobile), cuma masih terbatas untuk pda dan smartphone pak. Namanya project MINIMO(Mini Mozilla), bisa dilihat progressnya di http://www-archive.mozilla.org/projects/minimo/

    jangan lupa, saat ini banyak beredar opera mini versi modif, bahkan yang sudah berbahasa Indonesia.

    Salah satunya sumbernya bisa ditilik di http://www.opera-mini.ru/. Saya ngga tahu soal legalitas opera yang satu ini, dan apakah report statistik opera.com mencakup pengguna opera modif.

    Kalo opmin modif ini belum masuk dalam sampel analisis opera.com, berarti angka pengguna opera mini di Indonesia bisa lebih besar, karena setahu saya pengguna opmin modif di Indonesia juga cukup banyak.

  • Arief Burhanuddin :

    kalo default sih sebenarnya ga banyak vendor ponsel yang membundling Opera pak. Ponsel-ponsel Sony Ericsson terbaru rata-rata masih menggunakan browser netfront pak. Ada juga browser default yang dipakai ponsel Nokia, kemudian Internet Explorer ala Windows Mobile. Tapi memang yang terpopuler saat ini adalah Opera Mini.

  • Abdullah :

    Saya ikutan bisnis online,bikin dan post blog,FS,bikin n baca email dari Opera Mini.Paling2 ke warnet ngeprint doang hehehe….Apalagi sekarang dg Op.Mini V.4.1 lbh enjoy bro.

  • Heru :

    Yoi bro! Apa lagi Operamini dapat disetting gratis. Tapi sekarang dah gak gratis lagi… πŸ™

  • M.IKSAN :

    Trimakasih tuk opera karna da bikin biaya internet gw hemat dan irit I LOVE OPERA MINI

  • giru :

    yah aku juga sering pake opera mini, maklum ga punya koneksi inet dirumah^^

  • abhe :

    ada yang mau opmin 4 ato 5 yg bisa
    gratis gprs im3 xl ma three? kirim
    aja email ke abhe_cde@yahoo.com
    dijamin gratis sampe jmpol
    bengkak

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge