Home » FreSh

Tentang Pertemuan Perdana FRESH

31 August 2008 7,076 views 10 komentar

FreshAkhirnya terlaksana juga event perdana FRESH (Freedom of Sharing) ini. Didukung oleh rekan-rekan yang datang membawa rekan-rekannya yang lain, event ini didatangi sekitar 35 orang (mungkin lebih), dari beragam bidang profesi. Seperti biasa event pada umumnya, dimulai dengan sedikit terlambat (yah, resiko acara di sore hari setelah jam kerja ya begini ini), namun tetap asyik.

Acara perkenalan masing-masing diikuti dengan pembagian jeruk bertuliskan “Get Fresh,” mudah-mudahan akan mengawali kesegaran pertemuan di sore itu. Sedikit pengantar pembuka dari Catur PW sambil memutar video lucu dari YouTube tentang kemungkinan berakhirnya dotcomers bubble yang kedua.

Untuk inisasi di event perdana ini Boy Avianto dan Andy Orangemood kemarin memberikan sedikit presentasi pengantar. Kalau Boy bercerita tentang “Percuma Bisnis Online” dan Andy bercerita tentang “Tips Memulai Bisnis Online yang Sukses.” Penjelasan tentang hal-hal ini bisa dibaca pula di blognya Ollie yang sudah menuliskannya dengan rapih.

Event FRESH ini bukanlah acara komersial, dan tidak seorangpun dari pembicara presentasi yang boleh ‘berjualan.’ Donasi yang terkumpul dalam acara ini sebagian kecil untuk sewa tempat, dan selebihnya didonasikan ke pihak yang membutuhkan. Dalam event perdana ini, hasil donasi yang berjumlah lebih dari Rp. 450.000 (detilnya nggak ingat), akan diserahkan kepada Grace Sai atas nama Books for Hope, yang kini kiat membangun perpustakaan dengan koleksi 1.000 buku di setiap kampung.

Grace sendiri (yang berkewarganegaraan Malaysia) sempat memberikan presentasi singkat tentang model bisnis yang ia geluti. Lucunya, meski ia bukan warga Indonesia, kepeduliannya terhadap masyarakat kampung Indonesia (yang sebetulnya punya potensi pintar) sangat tinggi. Detil cerita presentasi ini juga bisa dibaca di blognya Ollie.

Fresh

Presentasi dadakan juga muncul dari Ilya Alexander dengan judul “Unplugged.us.” Ia mengajak agar kita sejenak – yang setiap kali di kantor dan di rumah menatap komputer terus-menerus – untuk mau mencabut diri. Pertanyaan uniknya, siapa yang terakhir dengan kaki telanjang menginjak tanah basah?

Acara ditutup oleh Anggun Himawan yang sedikit memberikan pengantar apa itu FRESH, mau ada kegiatan apa saja, dan siapa saja yang boleh bergabung. Acara FRESH tentunya akan dibuat rutin (mudah-mudahan terlaksana). Lebih lengkap tentang ini bisa pula dibaca di blognya Ollie.

Sepanjang acara ini berlangsung, sebisa mungkin seluruh aktivitas ini kami rekam (dengan segala keterbatasannya ya, wong kami bukan tukang video). Saat ini liputan videonya masih diedit. Nanti kalau sudah beres, akan diunggah ke YouTube. Untuk materi presentasinya, nanti kami coba minta izin dulu dengan para penulisnya. Kalau memang diizinkan, akan kami unggah pula ke Slideshare.

Kredit foto: Satya, Kukuh TW.

Tulisan lainnya yang terkait:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

  • ace :

    wah kayaknya seru pit. Bakal jadi acara rutin gak neh?

  • nico :

    Unplugged.us, hehehe bner ituh.

  • fisto :

    acara yg menarik dan benar2 ‘segar’….terus di-update ya blognya kalo ada event gini lagi… πŸ˜€

  • Dino :

    sharing ilmu offline menarik juga..

  • Ollie :

    Good job! Acaranya sukses. Next meeting sambil buka puasa bersama aja πŸ˜€

  • Hedi :

    kalo soal nginjek tanah dengan kaki telanjang, wah sering…maklum masih tinggal di kebun. tapi soal esensi unplugged itu yang mantap

  • Yodhia - Blog Strategi + Manajemen :

    Itu video youtube-nya keren sekali….
    Presentsinya Anggun mungkin bisa di-share juga….

  • Andy OrangeMood :

    Sayang saya tidak bisa melihat presentasi mas Ilya, tapi saya sudah lihat videonya… good point!

    btw, senang bisa berbagi di FreSh kemarin, semoga nantinya semakin banyak, congrats for all!

    “Andy OrangeMood is Online Advertising & Business Consultant”

  • catur pw :

    Numpang ini om piet, πŸ˜›

    FreSh! group di facebook:
    http://www.new.facebook.com/group.php?gid=33721913697

  • iman brotoseno :

    Pit,
    ada yang ngomong politik ? penasaran hehe

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge