Home » FreSh, Online Living

Kapan Terakhir Anda Meng-unplug Diri Anda?

5 September 2008 4,392 views 13 komentar

Masih menyambung dari apa yang dipresentasikan Ilya saat pertemuan perdana FreSh minggu lalu, sebaiknya kita mulai sadar kalau kita sudah semakin terkena screen addiction. Kalau dulu kita kecanduan menonton televisi. Namun seiring dengan berkurangnya mutu siaran, kecanduan menonton televisi kita semakin berkurang.

Kecanduan kita kini beralih ke komputer dan internet. Kita gila akan jaringan sosial, selalu meng-update status diri, dan nggak afdol kalau kita tidak aktif berkomunitas maya. Kegilaan microblogging seperti Twitter dan Plurk semakin memperbesar kadar kecanduan kita (baca pula 15 Tanda Kecanduan Akut Plurk).

Mungkin ada baiknya sejenak melepas diri kita dari hadapan layar. Unplug-lah diri kita sendiri dari internet dan sering-seringlah kopdar bersama. Tentunya kopdar yang sehat adalah kopdar yang jauh pula dari dunia internet. Bertatap muka, ngobrol, hindari tempat wireless hotspot, dan matikan telepon selular. Mungkin akan lebih asyik pula kalau kopdar dilakukan di lapangan terbuka, jauh dari kesibukan kota dan menikmati udara yang penuh dengan oksigen.

Video animasi berikut mudah-mudahan bisa memberi inspirasi kalau kita perlu berkumpul dan melihat dunia nyata lebih banyak.

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

  • Yogi :

    Setuju dengan pendapat Pitra, jangan terlalu fokus ke layar PC terus. Masih ada kehidupan lain di luar internet
    *nasihat kepada diri sendiri*

  • Daus :

    Yang terasa adalah waktu bersama keluarga berkurang. Saya sering diprotes karena kalau di rumah kembali sibuk dengan internet. Thanks udah mengingatkan ya.

  • paank Fachrezi :

    iya nich. kayaknya indah sekali kehidupan offline. nggak sadar udah beberapa hari nggak lepas pandangan dari monitor. Mulai dari saur ampe saur lg, internetaaan terus. makasih pencerahannya.

    Salam,…

  • Epat :

    insya saya 68 persen masih dibumi, loh?
    hehehehe

  • Hedi :

    Aku seneng internet, tapi untuk memuaskan hobi membaca (maksimal artikel bermuatan 1000 kata). Soal plurk, twitter, jaiku dan bla..bla..aku ga ikutan.

  • dino :

    Kalo anak2 kecanduan video games dan yang tua kecanduan internet, jalan bisa jadi sepi nih.. Jakarta bisa kosong jalannya hehe..

  • f :

    Well, sindiran untuk banyak orang nih. πŸ˜›

  • Pitra :

    #7 itu pun sindiran buat saya sendiri pula..

  • zamdesign :

    jika sudah menyelesaikan pekerjaan, setelah lembur beberapa hari, matikan pc, akrabi keluarga dan hiruplah udara segar!

  • Lex dePraxis :

    Itu videonya malah iklan untuk web social networking Meetup. πŸ˜€

  • emyou :

    sebulan yang lalu!! gw bisa seharian ga plurking (cuma sekali sih), ga ketemu internet, ga peduli ama hape sama sekali. karena kehidupan nyata yang sedang dijalani lebih menyenangkan hehehehe…

  • Teguh Aditya :

    kemaren….

  • Lidya :

    lama2 juga bosan koq update FS n FB, apalagi ditawarin hi 5, plurk, myspace, dsb….

    fiuhhh… tambah pusing …

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge