Home » FreSh

Narsisme di FreSh ke-2

25 September 2008 6,648 views 22 komentar

Pertemuan ke-2 FreSh kali ini diselenggarakan bekerja sama dengan BINUS Business School, dan mengetengahkan tema “Narsisme 2.0.” Sayangnya, dari hampir 50 peserta yang mendaftar, yang akhirnya datang hanya 31 peserta, namun asyiknya, 18 di antaranya adalah peserta baru. Diwajari juga sih, kondisi macet Jakarta sore hari kemarin memang menyiksa batin.

Tema narsisme ini diambil karena kita mau mengangkat kebiasaan kita yang aktif bergaul di dunia online, namun jarang dari kita yang mengeksplorasinya lebih jauh. Apa yang kita ‘sumbangkan’ di dunia online kadang nggak lebih dari sekedar kehidupan kita sehari-hari semata, dan hanya sedikit di antaranya yang memberikan sumbangan positif bagi orang lain. Seakan-akan meski kita bersosialisasi di dunia maya, kita kurang mengangkatnya lebih jauh menjadi sesuatu yang lebih positif.

Acara dimulai dengan pemutaran video pengantar dari Catur PW. Ada 2 video yang diputar, yaitu:

Selanjutnya pengantar diskusi dilakukan oleh si empunya blog ini yang memberikan pengantar kalau “Narcissism Is The Best.” Slideshow-nya bisa dilihat berikut ini: (Psst, slide ini jadi salah satu featured slideshow di Slideshare minggu ini).


Presentasi selanjutnya dilakukan oleh Retno Nindya, periset merangkap mahasiswa S2 BINUS yang sempat menggali insight tentang risetnya melalui Plurk dan Twitter. Nindya sedikit bercerita tentang apa itu microblogging karena tidak semua peserta yang datang mengerti benar apa itu Twitter dan Plurk. Nindya juga cerita kalau saat mencari insight melalui Plurk dan Twitter bisa punya dampak berbeda, karena karakteristik penggunanya yang berbeda.


Sofia Kartika, salah satu peserta yang sudah aktif di Plurk masih bingung bagaimana caranya ia mencari insight serupa untuk kebutuhan kerjanya. Forum lalu memberi masukan kalau bisa saja kalau memang topiknya serius, akan lebih baik bila dilemparnya ke Twitter. Kalau ingin dilempar ke Plurk, sebaiknya gaya pertanyaan harus dibuat lebih fun dan jangan dibuat serius.

Pak Nukman yang juga datang sebagai peserta menambahkan kalau seperti biasanya kita bergaul, kita harus menempatkan diri pada konteksnya. Beliau selalu menuliskan hal serius di kedua blognya, namun saat masuk ke Plurk, karakter humoris dan bercandanya muncul. Dua sikap yang berbeda karena beliau berada pada lingkungan yang berbeda pula.

Selanjutnya presentasi ketiga dibawakan oleh Kukuh TW yang sempat punya usul membuat user-generated t-shirt untuk Pesta Blogger 2008. Melalui aplikasi yang sudah dibuatnya di meoncover.com, Kukuh menawarkan pola pembuatan t-shirt dengan avatar, URL blog, dan nama blogger yang ikut berpartisipasi. Masih banyak pertanyaan, baik dari Kukuh sendiri maupun dari forum, seperti pola bisnisnya akan seperti apa, lalu bekerja sama dengan siapa untuk mencetak digital setiap t-shirt tersebut, dan yang paling penting, bagaimana menjaga agar itu tidak disalahgunakan. Misalnya: ada seseorang yang mengunggah gambar Miyabi sebagai avatar-nya, apakah dibolehkan?


Di luar presentasi utama tersebut, ada beberapa peserta yang melakukan presentasi spontan. Rama sedikit bercerita identitas online. Kebanyakan orang (termasuk yang nulis blog ini) punya identitas awal tanpa perencanaan jelas. Namun, sebaiknya dengan semakin dikenalnya seseorang di dunia maya, ada suatu saat dimana seseorang harus mengganti identitas awalnya (yang tanpa perencanaan) dengan namanya sendiri. Kalau dulu eranya anonymous, sekarang sejak munculnya jejaring sosial seperti Friendster, seseorang akan menjadi eksis bila muncul dengan namanya sendiri.

Lalu ada pula Visnu K. Mahmud dari Pulse Communications yang bercerita tentang "Digital Indonesia Rising" yang agak sedikit melenceng dari tema, tapi nggak apa-apa. Visnu ini tadinya mau presentasi pada event perdana FreSh, tapi karena waktu itu sudah terlalu malam, jadi terpaksa dibatalkan. Di presentasinya, Visnu menjelaskan potensi-potensi dari Indonesia yang luar biasa, yang seharusnya, bisa menjadi modal untuk berinvestasi di area digital.

Menurutnya, pengguna internet Indonesia "hanya" 10%, tapi tahukah kalau 10% itu adalah 25 juta, jumlah yang hampir sama dengan penduduk Australia. Di tahun 2012 diharapkan akan meningkat hingga 40%. Visnu juga percaya kemampuan SDM IT Indonesia luar biasa, dan tidak melulu bergantung pada SDM luar negeri yang hanya memberi beban biaya tambahan. Bila investasi di area digital sejak sekarang, besar kesempatannya untuk membangun presence, influence dan leadership.

Terakhir, presentasi spontan dari Adeline Djelita dari Indo.com. Ia bercerita tentang program blog travelling review yang akan dibuat oleh paketrupiah.com. Pengalaman Adeline sebelumnya di tahun 2006, meski event itu berhadiah wisata ke Bali, ternyata sedikit sekali peserta yang ikut registrasi. Ia menjadi agak pesimis bila hal ini dilakukan ulang, hanya akan menimbulkan kegagalan serupa.

Banyak masukan dari forum, terutama dari mereka-mereka yang sudah pernah membuat kompetisi review blog serupa. Tips-tips yang disampaikan antara lain: jangan mempersulit peserta untuk berpatisipasi dengan "memaksa" mereka memasang banner atau kode javascript, berhubunganlah dengan blogger yang punya influence banyak, dan jangan lupa rasakan dulu menjadi seorang blogger sebelum berniat melakukan kompetisi itu.

Acara FreSh ke-2 ini pun akhirnya ditutup dengan foto bersama. Terima kasih kepada para peserta yang sudah berniat datang di sore hari yang panas dan macer ini. Kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama. Terima kasih juga kepada Pak Minaldi Loeis dan Bu Dilla dari BINUS Business School yang telah memungkinkan kesempatan ini terjadi (meski sayang, mereka tidak bisa hadir di acara ini kemarin).

Kredit foto: Kania

Tulisan lainnya yang terkait:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

22 komentar »

  • cK :

    huaaaa, saya lagi belanja nih pas acara ini… πŸ˜†

  • paank Fachrezi :

    wah, bingung mo komen apa. yaah, resiko ketinggalan berita.
    Suskses deh acaranya

  • Ollie :

    Pit, berarti gue tergolong narsis berat… πŸ˜€

  • F :

    Ah… saya ingin ikut..

    buat di bandung dong Mas Pitra. πŸ˜€

  • Dadap :

    Seneng, bisa dapet kesempatan ngobrol bareng mas Nukman pas buka puasa.

  • fisto :

    keliatannya seru ya acaranya….anak2 muda sekarang kreatip2 banget ya…salut deh… tetap narsis!

  • Toni/NavinoT.Com :

    Di singapore ada beberapa perkumpulan enterpreneurship dan web2.0 yg dpelopori anak muda. Saya optimis, fresh telah merintis hal yang sama. Gk rugi saya datang kmrn.

  • dilla :

    waaa…blogku nongol di slidenya mas pitra.. (s_dance)

  • Satya :

    Salut untuk panitia! Gak kalah seru sama yang pertama, malah tempatnya enak untuk diskusi, jadi bisa lebih banyak interaksi, bener kaya sharing. thanks!

  • Chic :

    ugh ga bisa dateng, siang banget sih bikin acaranya *belum pulang kantor* πŸ˜€

  • kania :

    asyik nich acaranya…
    seru banget !!!!
    ketemu banyak blogger dan jadi mengerti lebih banyak tentang blog.
    juga tentang usaha untuk eksistensi diri ke sisi yang lebih positif

  • si bloon :

    kutunggu fresh 3.0

    who am i?

  • Dino :

    Kalo boleh tau, panitianya sebetulnya siapa ya ini? Apakah yang datang hanya undangan? Thanks..

  • Pitra :

    #13 undangannya terbuka kok. Disebar di facebook dan plurk dan dari mulut ke mulut. Panitianya siapa ya? πŸ˜€ Cuma bbrp orang saja, termasuk saya. Sukur2 kalo berikutnya ada yg mau bantuin. Kerjaan sukarela, tanpa bayaran (bahkan mungkin kudu keluar duit di awal..hihihi…)

  • andrias ekoyuono :

    nyesel pit kembali gak jadi dateng, maklum kuli πŸ˜€

  • BloGendeng :

    Yang dari jauh cuma ngintip aja deh. πŸ™‚

  • elvrace :

    Just got my review for my country brader…thx for your inspiring blog

    this link review:
    http://www.elvrace.com/pangerankecil/?p=3

  • aha :

    kok kg ngabarin ya..telat neh…he2

  • Andy OrangeMood :

    g ga bisa dateng ui… bukber sama agency… ketemu mas Ulung juga (dia hadir di acara fresh I)… selamat buat fresh 2, sukses buat selanjutnya…

  • rama :

    mantap2.. gak nyesel deh dateng kemari. ditunggu fresh 3.0. Semoga saya bisa ikutan sharing.. :p

  • catur pw :

    Nambahin satu lagi review ttg FreSh! 2 “Narsisme 2.0”
    http://blog.caturpw.com/2008/09/29/narcissism-20-smart-way-conversation.html

  • dody :

    menunggu FreSh.03 moga bisa hadir pula,..

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge