Home » Online Branding

Video Interaktif Agent 817

13 November 2008 6,177 views 7 komentar

Sebetulnya ini microsite terbarunya XL Pasca Bayar (makin sering juga XL berkampanye online ya?). Dibutuhkan internet yang cukup kencang untuk menikmati suguhan hiburan video interaktif di microsite ini. Agent 817 bercerita tentang seorang agen rahasia yang diminta untuk menyelamatkan seorang gadis.

Cerita dibagi dalam beberapa bagian, dimana di akhir cerita pengunjung bisa memilih alur selanjutnya. Sebetulnya, tidak ada pilihan alur sih. Yang ada hanyalah alur yang benar dan salah. Kalau benar, cerita berlanjut, sementara kalau salah, pengunjung bisa mengulang asalkan terlebih dahulu mengirimkan info tentang situs ini ke email temannya.

Bagusnya, cerita di video ini bernuansa humor yang dibalut dengan product knowledge XL secara tidak langsung. Penyampaian pesan seperti ini jadi tidak membuat cerita menjadi janggal, dan mungkin malah memberikan pemahaman pesan yang lebih mengena di mata pengunjung. Kelemahannya, karena ini situs video, harap bersabar saja untuk Anda yang tidak punya koneksi internet cepat.

Satu lagi hal yang lucu di microsite ini. Ada tombol “Awas Bos Lewat” yang kalau diklik akan menutup halaman menu microsite dan menggantinya dengan tampilan grafik dan tabel cash flow. Sayangnya, suaranya masih tetap terdengar, sehingga tipuannya jadi kurang terasa.

Dari berbagai microsite yang diluncurkan XL, termasuk situs Agent 817 ini, terlihat sekali begitu inginnya XL berkomunikasi dengan para targetnya yang profesional, muda, dan tentunya berpendapatan cukup besar (karena bisa menikmati internet kecepatan tinggi). Sasaran yang tepat untuk para pengguna pasca bayar. Para target XL di atas ini biasanya sudah segan berganti nomor, karena nomornya sudah beredar di tangan para rekanan dan kliennya. Bila ia berganti nomor, bisa hilang kesempatannya mendapatkan peluang proyek.

Dalam New Wave Marketing, Hermawan Kartajaya mengkategorikan tindakan XL berkoneksi dengan pelanggannya ini sebagai screen-based. Di sini XL mencoba membangun pengalaman (experience) melalui layar komputer dengan video interaksinya. Dengan membangun excitement ini, XL bisa menyampaikan pesannya secara tidak langsung namun mengena di benak para targetnya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • lelouch :

    mengasyikan sekali ..

    coba kalo pelajaran di bangku sekolah disampaikan dengan cara yang enjoy gini ..

  • Noudie De Jong :

    siapakah yang membuatnya?

  • Pitra :

    @Noudie: sepertinya Bubu yang membuatnya.

  • Natali Ardianto :

    Oh ya? Bubu? Wah sudah tambah baik sekarang ^_^

  • Yogi :

    Save the girl, save the world?
    Kok jadi kaya’ Heroes? πŸ˜€

  • pOe :

    ngakak deh gw waktu nge-klik awas boz lewat nya. pinter banget tuh, bener2 tipuan mantaph buat para pekerja yang lagi bosen…. huahahahhahaha….

  • bob :

    gilaaaa…keren banget ni!
    bener2 terobosan baru, siapa sih otak dibelakangnya ya kira2 ?

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge