Home » FreSh

Berbagi Prediksi Industri Kreatif di Tahun 2009

15 December 2008 10,727 views 10 komentar

Di akhir tahun 2008 ini, komunitas FreSh akan kembali berkumpul hari Kamis esok, 18 Desember 2008 untuk “berlagak” memprediksi tren industri kreatif di tahun 2009. Tempatnya di Wetiga, angkringan canggih itu. Kita akan bersantai-santai lesehan sambil berbagi prediksi. Siapapun tentu boleh hadir. Siapapun tentu juga boleh ikutan bercerita tentang prediksinya. Silakan baca undangannya di sini.

Sebagai inisiasi awal, katanya ada Enda Nasution dan Norman Sasono yang akan sedikit bercerita. Dengar-dengar Boy Avianto dan Ramya Prajna juga akan pula bercerita. Mereka masing-masing akan melihat tahun 2009 dari sudut pandang dan pengalaman masing-masing di bidangnya.

Apa yang disebut dengan industri kreatif itu sebenarnya sangat luas. Versi resmi dari Departemen Perdagangan, yang mencakup industri kreatif itu menyangkut: periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fesyen, video & fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan & percetakan, layanan komputer & piranti lunak, televisi & radio, dan riset & pengembangan. Jadi silakan saja, kalau ada yang mau berbagi cerita dari bidang-bidang di atas.

Sebagai pengantar, ada baiknya menyimak dulu presentasi yang pernah dibuat oleh Andi S. Boediman berikut tentang industri kreatif. Lumayanlah, buat pengantar dan dijadikan bahan diskusi nanti.

Lalu, berikut ini juga ada kumpulan prediksi tahun 2009 tentang dunia social media, yang ditulis oleh banyak blogger luar, dan dikompilasi oleh Peter Kim.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

  • mr.bambang :

    semoga acara fresh yang kali ini saya bisa dateng. Yang kemarin gagal maning gagal maning.

  • mantan kyai :

    wah semoga memberi manfaat bagi industri kreatip indonesia. semoga suatu saat bisa menjadi bagian penting dari dunia kreatip global 😀

  • pinkparis :

    semoga tidak ada aral melintang yang mengganggu …. cu all

  • catur pw :

    pada dateng yaa 😉

  • iman brotoseno :

    kebetulan waktu itu saya sebagai salah satu pelaku industri kreatif yang diundang Dep Perdagangan dalam penyusunan Blue Print itu tahun lalu.
    Masih banyak keraguan bahwa Pemerintah akan menjalani ini sebagai serius terutama dalam regulasi dan infrastrukturnya..
    2009, sepertinya agak gelapppppp he he, buat periklanan dan film..tapi justru di sini ada alternatifnya,.Internet !

  • ivn :

    semoga acaranya sukses ya….

  • iambadung :

    pengen dateng..

    ujan gak ya? sampai malem kaya kemaren?

  • yuda :

    dengan adanya kreatifitas seperti ini kami sebagai anak mudah indonesia merasa sangat bangga bila kami termasuk dalam daftar anak muda kreatif indonesia oleh karena itu kami mohon bantuannya.untuk bisa mempuyai dorongan untuk berkreasi.
    TRIMS

  • yuda :

    gua tingal di gorontalo
    kls III SMK almamater telaga
    alamat limboto jn madina
    umur 18 thn
    mohon bantuan nya utuk bisa berkreatif…………….!

  • handout :

    terima kasih banyak atas informasinya,

    moga sukses selalu.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge