Home » Online Living

Jangan Terpengaruh Kaya Cepat Lewat Internet

16 January 2009 36,276 views 80 komentar

Setelah membaca komentar-komentar yang belakangan muncul di tulisan lama, sekaligus pula menimpali tulisan Richard di blognya, kok miris juga ya melihat beberapa blogger baru yang menulis blog hanya karena uang sebagai motivasi utamanya. Mereka berharap bisa mendapatkannya dengan cepat pula!

Apakah ini karena semakin banyaknya situs-situs penjual mimpi yang makin banyak bermunculan? Perhatikan pula iklan-iklan teks kontekstual buatan lokal. Hampir semua iklan-iklan yang muncul di sana juga menjanjikan hal serupa. Kesannya, mendapatkan penghasilan dari internet itu instan dan besar. Apalagi cuma sekedar menulis dari blog? Haha, mana mungkin!!!

Di dunia ini nggak ada yang instan. Kalau semua serba instan, semua orang Indonesia sudah jadi kaya sekarang. Nyatanya nggak kan? Pendapatan melalui blog hanya bisa diperoleh kalau blog kita menyuguhkan sesuatu yang berharga di dalamnya. Hal itu bisa berupa informasi ataupun barang. Kalau memang kita memiliki informasi atau barang yang memang memberikan manfaat, akan selalu ada pengunjung yang datang. Namun kalau isi blog kita adalah ‘sampah,’ janganlah berharap ada kunjungan ulang dari orang tersebut.

Informasi bisa berupa tulisan berbagi pengetahuan, opini suatu produk/jasa, hingga tips yang lekat dengan pengalaman hidup kita sehari-hari. Informasi menjadi bernilai bila apa yang dituliskan itu unik, memberikan manfaat, dan bisa jadi kontroversial. Kalau barang yang dijual melalui blog, maka sebaiknya barang itu adalah barang nyata, yang ada bentuk fisiknya. Blog dimanfaatkan sebagai alat untuk berdagang. Lihatlah Pasar Batik atau Toko Helm sebagai contohnya. Bukan barang seperti ebook yang dijual ratusan ribu rupiah, padahal isinya bisa didapat dengan gratis di internet.

Lalu pendapatannya dari mana? Kalau produknya barang, jelas dari penjualan barang tersebut. Barang laku, pendapatan pun masuk. Kalau produknya berupa informasi, upaya mendapatkannya memang lebih susah. Untuk blog yang berbahasa Inggris, pilihannya cukup banyak dari iklan teks kontekstual, melakukan ulasan berbayar, hingga menjual produk toko lain melalui kode referral (rujukan). Kalau blog berbahasa Indonesia, pendapatan bisa didapat dari layanan iklan teks kontekstual lokal, hingga pemasangan banner. Untuk pemasangan banner, si blogger harus aktif mencari klien. Nggak bisa sekedar diam menunggu saja.

Yang selalu dilupakan sebenarnya adalah pendapatan tidak langsung. Bila isi blog kita fokus pada bidang tulisan tertentu, secara tidak langsung kita membangun personal branding diri kita. Kita akan dipersepsikan oleh pembaca kita sebagai blogger yang ahli dalam bidang itu. Apalagi kalau yang kita tuliskan itu relevan dengan apa yang kita kerjakan sehari-hari. Blog akan membantu sebagai tools mengenalkan keahlian kita kepada orang lain (baca: calon klien). Bisa jadi, peluang penghasilan berupa proyek pun datang dari mereka.

Baik pendapatan langsung maupun tidak langsung, nggak ada yang bisa didapat secara instan. Semua harus dibangun dengan kerja keras. Baca tipsnya di tulisan ini. Nggak gampang dan seketika jadi. Membangun blog nggak berbeda dengan mereka yang punya toko selular atau komputer. Sebegitu banyaknya toko selular dan komputer di negeri ini, sehingga perlu cara unik untuk mendatangkan pengunjung baru dan mempertahankan pengunjung lama. Blog ada jutaan, dengan ratusan ribunya berasal dari Indonesia. Nggak mudah membuat sebuah blog menjadi unik dan menonjol di antara blog-blog lainnya.

Saat blog menuai penghasilan pun, jangan berekspektasi tinggi. Nilai yang didapat dari sebuah blog itu nggak seberapa besar, apalagi yang didapat dari pendapatan langsung. Sebagai perbandingan, waktu blog ini masih memasang AdSense, pendapatan per bulan yang didapat tidak sampai Rp. 300.000/bulan. Blog Media Ide ini memiliki unique visitors 30.000/bulan dan pageviews 40.000/bulan. Jadi silakan menghitung sendiri target per bulan yang ingin dicapai, dan pikirkan sendiri bagaimana meningkatkan kunjungan ke blog (atau banyak blog) yang kita punya. Sebaliknya, penghasilan tidak langsung yang didapat dari blog inilah yang tinggi, karena sudah beberapa kali ada calon klien yang mengkontak dan terkonversi menjadi sebuah proyek bernilai puluhan juta, hanya gara-gara mereka pernah membaca blog ini.

Jadi sejak sekarang, jangan sekali-sekali berpikir dan berharap bisa kaya cepat lewat internet. Itu hanya ilusi belaka. Kalau memang di antara Anda memang ternyata pernah ada yang mendapatkannya dalam waktu cepat, mudah-mudahan hal itu tidak dilakukan dengan melakukan penipuan halus ala menjual ebook ratusan ribu rupiah!

PS: Judul di atas sengaja pakai “Kaya Cepat Lewat Internet” supaya para pencari info itu mampir ke blog ini dan mudah-mudahan sadar setelah membaca tulisan ini. 😀

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

80 komentar »

  • Nisa :

    Iya, kalau smart machine system itu bener nggak si?
    Penasaran juga nih.
    Mohon pencerahannya juga ya Mas. Makasih.. ^_^

  • liga :

    boss, kalau smart machine system itu bener ngak,apa yg komen disini
    ada yg pernah ikut sistem itu,kalo ada jelasi donk,tuh sistem betulan
    apa boongan dan cara kerja sebenernya gimana

    thank’s abisssssssssssssss

  • Pitra :

    @onid, @nisa, @liga:
    Saya memang belum pernah coba Smart Machine System. Pesan saya sih: apapun itu yg sifatnya gampang, instan, lalu dapat duitnya besar nggak akan ada di dunia ini. Stigma “cepat kaya lewat internet” itu yg harus kalian hilangkan. Nggak ada dimanapun yg namanya kaya instan, kecuali dapat hadiah atau warisan ya 😀 Saya sih nggak akan merekomendasikan kalian untuk mencobanya. Mengenai komentar yg “katanya” sudah mencoba, lebih baik baca artikel2 lain yg relevan yang menyebutkan hal ini. Jangan mudah percaya komentar dari situs penjualnya.

  • Risan :

    Wah menyenangkan sekali bisa membaca postingan in. Memang lebih baik menunjukkan kenyataan ketimbang mimpi yang menjebak. Terimakasih atas inspirasinya. Oiya klo mau berkunjung ke blog saya silakan, tapi maaf kalo masih berantakan . Salam kenal.

  • richy rich :

    HAHAHAHAHAHAHA GW NGAK PERNAH PERCAYA MA MODEL… MODEL SMART MACHINE GEMPOR…. GTU.. LGI PULA GW KERJA JDI KULI ANGKUT EMAS DI KALBAR DAH OKEY BANGET BSA NGEBIAYAAIN KELUARGA GW 7 TURUNAN WALAU GAJI CMA CUKUP BWAT MAKAN GETUK SEHARI..TPI PENGAHASILAN YG PENTING. DRI PDA DI BODOHI SMA MREKA YG JUAL SOFWARE PENCETAK UANG…..HAHAHA BULLLL SHIITTTTTTTTTT
    …. (JPM) “”JANGAN PERCAYA MEREKA””

  • Belajar blog :

    Owh trnyata gt ya
    lalu menurut anda gimana cara bisnis internet yg paling efektif ?
    Makasi =)

  • dearDaniel :

    Orang indonesias kan begitu, selalu pengen cara mudah, singkat, cepat, bombastis, elastis… hehehehe…

    Jadi ketika membaca kalimat yang sifatnya propaganda bisa menghasilkan jutaan, ya jelas tergoda. Memang nyatanya bisa menghasilkan uang lewat web/blog, tapi nyatanya ya gak semudah yang dibaca, tetep butuh perjuangan, konsistensi, dan tentunya komitmen. Kalaupun blog nya menyajikan konten, sajikanlah secara jujur, dengan ulasan yang “cukup” jangan hanya ulasan untuk mengundang keyword saja. Tentunya timeframe juga pengaruh ya, seberapa cepat sebuah blog dapat menghasilkan uang? Jawabannya ada pada waktu dan kegigihan anda.

  • abiytia :

    Memang untuk mencapai semua impian butuh kerja keras dan sikap pantang menyerah. Intinya harus berpikir dan bersikap positif. Mudah-mudahan dengan sikap dan pikiran yang positif sukses sudah ditangan. Alurnya seperti ini: Pikiran Anda mempengaruhi sikap Anda, Sikap Anda mempengaruhi kebiasaaan Anda, Kebiasaan Anda mempengaruhi karakter Anda, karakter Anda mempengaruhi masa depan Anda, Jadi hati-hati dengan pikiran Anda. Mudah-mudahan dengan dengan pikiran dan sikap baik maka hal-hal yang baik juga akan menyertai langkah Anda – coba deh baca buku the secret

  • aditya permana :

    hei hei..ngeblogdapetduit welly mulia itu kan legal bro..welly kan marketer terpercaya..kok gambar produknya ikut..

  • awam :

    wah bener juga tuh, masa sech bisa kaya raya dalam waktu sekejap!!!
    kalo gitu caranya orang indonesi abisa kaya semua donk..

    dasar nih orang-orang gak bertanggung jawab!!
    pasti ada balasan dari yg di ats tuh!

    baru aja gw mau ikutan smart machine system, tapi gak sengaja baca2 artikel ttg bisnis online ternyata tu semua bohong!!

    basi ah!

  • hafiid :

    anda memang benar sekali, bahwa tidak yang namanya cepat kaya dari internet, tapi bisa… saat ini saya juga sedang melakukan yang namanya belajar menggunakan internet sebagai basis untuk menghasilkan uang dari internet. sampai sejauh ini yang saya temukan, banyak faktor non internet yang tidak dipaparkan oleh orang yang menjual e-book e-book murahan dipasar, tidak semua e-book murahan, memang banyak sih tapi yang murahan. yang saya amati adalah karena banyaknya orang dari indonesia yang menginginkan sebuah hasil tanpa melalui sebuah proses. akhirnya e-book sampah dengan janji yang muluk-muluk pun laku keras di pasaran indonesia. teliti sebelum membeli… kalaupun pernah menjadi korban e-book sampah, saya berharap anda menjadikan hal itu sebagai proses anda untuk menuju ke tempat tujuan anda (apapun itu).
    Apakah e-book dari Anne Ahira termasuk e-book murahan?

  • Ebook “Cepat Kaya dari Internet”, Layakkah Dibeli? « Jatmiko Indriyanto College :

    […] referensi tambahan, Anda bisa membaca tulisan dari blog Media Ide dan SEO Kita. Klik DI SINI. Kedua tulisan ini justru menyarankan pembaca untuk TIDAK PERCAYA pada […]

  • thevixi :

    setuju bos. . .
    ga ada yang insyan di dunia ini,
    semuanya butuh pengorbanan dan perjuangan
    karena kita hidup di dunia ini untuk belajar.

  • BatikNovita.com :

    Saya setuju… karena banyak yang tergiur untuk mendapatkan penghasilan mudah dari internet. Sehingga mereka menjadi gelap mata untuk membeli sesuatu yang dapat mewujudkan impiannya. Padahal itu semua hanya iming-iming saja. Thanks.

  • AlamNewton :

    Wao, pitra! salut dach untuk usaha-usaha yang dirintis dengan bantuan internet dll, biasanya hasilnya nggak awet, pokoknya uangnya rembes terus. dan saya pun jauh lebih respect dan mengapresiasi mereka-mereka yang memang merintis usaha semacam ini, daripada mereka yang mengambil jalur instan……..pokoknya cucok dach browe

  • Irsad Guntara :

    Memang sekarang kita harus hati-hati dalam berinternet, jangan sampai dipinterin orang

  • superninja :

    saya setuju dengan tulisan di blog ini,
    tidak ada kayak cepat dalam semalam,,
    mimpi kalee,,,

    dari sekian banyaknya website hanya ada beberapa yg bagus,,,
    seperti uangsuper karena web itu memmbongkar semua penipuan bisnis internet,,dan menjelaskan dengan LOGIS cara yg benar mencari uang.

    meskipun ada pengorbanan, tapi hasilnya bisa muanntaap..

    baca saja di ebook gratisnya uangsuper

  • Indra Ernest MiChael :

    gue punya blog yang isinya boleh jadi “CEPAT KAYA LEWAT INTERNET”

    tapi gue sendiri sebagai vendor dari program, dapat penghasilan dari program tersebut cuma 2-4 JT sebulan (kalau di “janji-janjinya” sih bisa jadi milyarder lho)

    sesama peserta program sendiri gue sudah kasih tahu, bahwa untuk membuat iklan itu menarik perhatian harus dibuat BOMBASTIS dan BOOMING Terus menerus, misalnya

    “HANYA DALAM SEBULAN, NASIB SAYA BERUBAH DARI MISKIN MENJADI KAYA KEMBALI”

    meskipun para pesertanya pun sebenarnya bukan orang bodoh dan tertipu, tetapi orang yang mengerti betul bisnis “Money Game” model beginian, mereka menggunakan prinsip “jaring ikan” yaitu buat blog atau website tersebut kebanjiran pengunjung (dengan kalimat-kalimat “WOW”), setelah banjir baru pengunjung “Ditangkap” satu persatu dan diberutahukan yang SESUNGGUHNYA, biasanya setelah dibertahu yang sebenarnya dari bisnis ini (misalnya “lumayan lah pak… pendapatan tambahan 2 JT sebulan, tapi modalnya cuma Rp. 200 rb sekali seumur hidup”) justeru membuat mereka tertarik.

    gak percaya ? liat aja blog gue

    http://Indraemc.blogspot.com/

    atau add FACEBOOK gue sekalian ya

    http://www.facebook.com/indra.emc

    (promosi nih heheheeee^_^)

  • 20 Ide Blog Unik « Let's share and win the challenge of life :

    […] anda yang pertama adalah “koq ini lagi”. Memang sih, tipe blog yang satu ini memang sering mengundang perdebatan, karena kadang menyandang istilah “Internet Marketer” atau “Online Marketer” […]

  • bob :

    biasa budaya indo mudah terbuai janji manis mau hasil melimpah usaha sedikit, kalo ada yg mau kaya instan berharap aja ente dapat warisan dari keluarga ente yang emang konglomerat jadi ga perlu ente susah2 nyari duit, moga aja pada bangun semua supaya yang kelamaan bermimpi!!!!

  • sat9007 :

    oh begitu, menarik dan menohok nih uraiannya

    saya ingin bertanya

    kan klo jualan ebook make money online memang fake

    klo misalnya ada orang jualan ebook yg harganya ratusan ribu tp isinya bukan make money online plus manfaatnya terjamin, apakah ia diizinkan? karna menurut akal sehat yg dijual kan msh batasan wajar

    Saya hanya meminta pendapat anda, karna saya menganggap anda orang yang menguasai bisnis yang patut dan yg tidak patut.

    saya tunggu jawabannya segera ya

    Salam

  • Pitra :

    @sat9007 (besok-besok kalau komentar pakai nama jelas ya)

    Harga wajar sebuah buku tergantung value yang diterima. Kalau menurut Anda memang worth harganya segitu, ya silakan. Apalagi kalau memang bukunya berisi informasii yang inspiratif, berbau pengetahuan, teknologi, motivasi, dll. Lebih baik Anda cek-cek dulu ke teman-teman Anda, apakah saat ia membaca buku itu benar2 layak untuk dihargai segitu?

  • TRIONO RIADI SETIAWA :

    Internet itu hanyalah tools, tetapi keunggulan internet adalah daya jangkau yang luas, jadi mereka yang berusaha dengan menggunakan tools internet, via blog, maka mereka akan sangat diuntungkan dalam merebut pasar. Tetapi sekali lagi semua bisnis butuh proses, tidak ada bisnis ya instant cepat kaya … dalam 2 bulan bisa dapat 20 juta … bohong saya kira yang memberi tawaran semua ini. Tetapi kalau dalam 1.5 tahun bisa memperoleh penghasilan 15 juta per bulan, dengan konsisten berusaha, berpromosi via online marketing itu bisa-bisa saja… seperti cerita di blog … http://mlmonlineindonesia.com/konsisten

  • edy :

    Terima kasih atas petunjuknya yang memang sangat rasional.

  • otnasz :

    setuju bgt, data menyebutkan 80% wordpress yg didownload dari Indonesia digunakan untuk membuat blog sampah (menjual bukan barang real semacam free software, e-book yg sesungguhnya sdh bertebaran di internet)

    mulailah menjual produk real produk asli Indonesia, spt batik misalnya.

  • mafioso :

    nih kalo mau ngebantai tukang tipu bisnis online cepat kaya,,,

    copy ke addres bar

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4783711&amphttp://www.kaskus.us/showthread.php?t=1570467

  • Cara Cepat Kaya di Internet, Mau? | My Blog :

    […] bisa kaya melalui Internet? Jawabannya bisa. Tapi tidak secepat yang kita mau (instan). Pitra dari Media-Ide memaparkan alasannya dan apa yang disampaikannya bisa dijadikan bahan pertimbangan kita sebelum […]

  • souvenir pernikahan :

    Sebenernya kaya dari internetpun sangat bisa sekali,tetapi tidak cepat.sama seperti halnya bisnis offline,bisnis online pun juga memerlukan kerja keras,ketekunan dan yang palign penting adalah kesabaran,apa lagi sekarang banyak orang yang sudah melek tentang bisnis ol,jadi persaingan semakin lama semakin ketat.

  • novan :

    internet sekarang penggunanya sudah banyak dari berbagai dunia, ini merupakan peluang bagi kita untuk mencoba dalam era globalisasi ini.

  • Remistael :

    jangan patahkan semangat para pembisnis online..!!!

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge