Home » Creative Works

Balada Cilongok

21 February 2009 6,524 views 6 komentar

Tulisan santai pas weekend kali ini membahas serial film Balada Cilongok yang sudah mencapai episod ke-7. Film garapan Fictionary Media Technology (FMT) yang dimotori oleh Sakti Parantean ini menjadi populer di Facebook belakangan ini. Mumpung si Sakti-nya sendiri nampang di Kompas edisi Sabtu pagi tadi, nggak apa-apalah tulisan di blog ini sedikit menambah ketenaran dia lagi.

Sempat kenal dengan Sakti pada saat sama-sama menjadi finalis di International Young Creative Award (IYCE Award) yang diadakan oleh British Council. Bedanya, yang menulis blog ini cuma jadi finalis di Indonesia untuk kategori interaktif, sementara Sakti sendiri berhasil menjadi juara internasional di Inggris untuk kategori screen. πŸ˜€

Kembali ke Balada Cilongok. Seri ini awalnya beredar di YouTube hingga episod ke-4. Karena kepopuleran Facebook, serial ini lalu dibuatkan Facebook Page-nya sendiri untuk kemudian video-video episod berikutnya diunggah ke halaman ini.

Yang uniknya, setiap kali ada episod baru (ataupun video-video pendek karya Fictionary lainnya), Sakti memanfaatkan Facebook Event untuk mengundang para pemirsanya. Pada hari H, tentunya setiap orang yang diundang bisa langsung nonton dari komputernya. Pemanfaatan Facebook Event pun dipakai tidak melulu hanya untuk kegiatan yang terjadi di dunia nyata, tapi juga kegiatan yang bersifat virtual.

Lalu, tentang apa sebetulnya Balada Cilongok? Hehe, video ini mengisahkan seorang Adin, yang tukang bantu-bantu di sebuah rumah produksi yang mengidolakan ST12. Di setiap videonya, dia selalu lipsync lagu-lagu ST12. Mimpinya tinggi, ingin bisa berkenalan dengan artis ibu kota, terutama dengan ST12. Sampai saat ini sih mimpinya belum terwujud, tapi lucu juga melihat imajinasi Adin yang berharap itu semua bisa terjadi.

Berikut ini video-video Balada Cilongok episod 1 sampai dengan 4. Selanjutnya cek langsung di Facebook Page-nya.

Episod 1

Episod 2

Episod 3

Episod 4

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

  • Dita Firdiana :

    *magut-magut baca postingan ini*

    ooo ini toh yg namanya balada cilongok…

    kocak banget….

  • ikhsan :

    gitu to

  • Obi-Wan :

    Emang berat jadi fans ST 12. Saya tau perasaannya Adin…

  • lala :

    aku ikutin terus ni…
    jd pengen minta tanda tangan adin
    ketenarannya bisa mengalahkan ST12 ni…
    wow!

  • deSutan :

    btw cilongok tuh, apaan sih…!!

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge