Home » Experiential

Axis International Java Jazz Festival 2009

8 March 2009 10,639 views 11 komentar

Dua hari ini kebetulan dapat pembagian tiket gratis dari Axis Java Jazz. Seperti telah disebutkan di tulisan sebelumnya, hampir semua acara Java Jazz tahun ini disponsori oleh Axis. Hanya sedikit konser yang dikenakan biaya tambahan untuk menontonnya. Bahkan, konser Matt Bianco yang berlangsung di 2 hari pertama pun ditanggung tiketnya oleh Axis. Citra Axis yang sempat buruk karena kebatalan konser Rihanna beberapa minggu lalu, bisa tertutup dengan suksesnya Jason Mraz konser 2 hari berturut-turut di Java Jazz ini.

Kalau mengikuti istilah yang dikemukakan HK, yakni New Wave Marketing, Axis menjalankan dengan sukses 3 pilarnya, yakni: mobile, social, dan experiential. Mobile jelas yang utama, karena Axis memang berada di bisnis mobile. Setiap pembelian nomor perdana Axis, akan mendapat diskon tiket masuk harian dan acara spesial. Belum lagi pembagian voucher pulsa kalau mampir ke Axis Lounge-nya.

Pendekatan social yang online menggarap pengguna social media di Facebook, Twitter, Plurk, dan komunitas blogger. Kompetisi ini berhadiah tiket harian hingga akses masuk VIP menonton Jason Mraz. Gaungnya cukup terasa di ranah online, meski kompetisi baru diadakan seminggu sebelumnya. Di hari Sabtu kemarin, para warga social media ini berkumpul di Axis Lounge, berfoto bersama, sekaligus merayakan salah satu warganya yang berulang tahun.

Pendekatan social juga dilakukan melalui musik, dengan mengadakan Road to Axis Jazz Stars, dengan melakukan perhelatan kompetisi grup band jazz. Mereka yang menang akan berkesempatan untuk live show di hari terakhir.

Yang jelas tidak akan dilupakan adalah faktor experiential. Perhelatan event harus memberikan pengalaman positif bagi pengunjungnya. Terlepas dari antrian masuk yang luar biasa panjangnya di hari kedua, perhelatan ini sungguh memberikan kepuasan. Setiap konsernya ditata apik dari tata suara, pencahayaan, dan keamanan. Setiap area bersponsor memberikan pengalaman yang berbeda-beda, dan musisi yang bermain di dalamnya pun disesuaikan dengan nuansa tema. Hanya sayangnya, kini semakin banyak musisi bernuansa pop yang ikut bermain di event Java Jazz ini. Ataukah ini upaya membangun komposisi yang pas agar Java Jazz bisa pula menarik minat generasi muda? Soalnya banyak banget remaja usia ABG berseliweran di event ini.

Berikut ini slideshow foto Java Jazz hari kedua kemarin. Maaf, hari pertama nggak bawa kamera soalnya. Lebih lengkapnya, bisa cek pula galeri Eye Sight dan Facebook.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

11 komentar »

  • kania :

    asyik banget Pit, thx u laporannya.
    seru kemaren sempat ketemuan..
    photonya keren2 eui
    (worship)

  • dianapriany :

    rame banget yhaa.. 🙂

  • cK :

    pitraaaa, fotonya keren-kereeen… 😀

  • Anggun Prasetya :

    Saya udah posting juga, walopun ndak dateng ke JapaJes 😆

  • -=«GoenRock®»=- :

    Halah, saya salah login pake akun FB 😆

  • Hanny Kusumawati :

    Fotonya kok bagus2, sih? Hehehehe 😀

  • Riawan :

    Fotonya bagus2 pit..
    Loe pake kamera dan lensa apa??

    TOMPI gokilll :D… entertainer sejati..

  • Billy Koesoemadinata :

    huaaa… foto2nya keren.. jadi pengen punya kamera sendiri.. hix..hix..

  • Rachmad Hidayat :

    dulu tiap ada event JJF di Jkt aku cuma bisa bayangin aja gmn serunya ya klo nonton lgsg di sana ? pasti keren!

  • Rachmad Hidayat :

    eh,trnyta… taon ini saat JJF bikin acr axis road to java jazz band competition ,aku nyoba2 ikutan daftar ma band-ku… dan ga pernah terbayang sedikitpun sblm2nya… bandku dpt juara I nasional & dpt kesempatan maen di event sebesar JJF ini kemaren.dan yg bikin event ini ga bisa terlupakan,dalm kompetisi kemaren aku dpt oleh2 paling keren. sebuah guitar Bass SPECTOR 5 String + ttd dari Jason M’raz lho!!! aku dpt salah satu best player sbg The best Bassist. org2 AXIS adalah yg terbaik!!!! mereka perlakukan & menjamu kami dgn amat sangat profesional!!!! AXIS BENER2 BUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAIK !!!! THANKS to AXIS !!!

  • Media Ide » Blog Archive » Axis International Java Jazz Festival 2010 :

    […] hadiah tiket harian hingga tiket special show. Nggak berbeda dengan area social media. Seperti tahun lalu pula, gaungnya terasa keras. Kalau tahun lalu keramaian hanya terlihat di Plurk dan Facebook […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge