Home » Online Living

Perubahan Desain Facebook Page

11 March 2009 10,266 views 25 komentar

Beberapa hari lalu Facebook akhirnya merilis perubahan desain Facebook Page-nya. Desainnya kini menjadi mirip dengan Facebook Profile. Kalau dulu hanya satu halaman dengan 2 kolom, kini tampilan desain berubah menjadi sistem tab. Kalau dulu, semua informasi bisa ditampilkan lengkap dalam satu halaman, kini menjadi terpisah-pisah melalui tab. Kita bisa mengatur tab apa saja yang ingin dimunculkan. Yang standar dan tidak bisa dihilangkan adalah tab Stream, Wall, dan Info.

Tab Stream menampilkan runutan update yang kita lakukan. Wall menampilkan runutan komentar, serta Info menampilkan informasi tentang Facebook Page itu. Kita bisa menambahkan aplikasi di luar itu, seperti Discussions, Notes, Photos, atau FBML.

Yang paling menarik adalah setiap Facebook Page kini punya status, seperti individu pada umumnya. Setiap kegiatan kita di Facebook Page ini akan disiarkan ke seluruh fan. Informasi pun akan bergulir lebih cepat. Saat teman kita berinteraksi dengan Facebook Page kita, infonya akan terbaca oleh teman-temannya. Harapannya, teman-temannya ini akan tergerak untuk mengunjungi Faceboook Page kita, dan ikut menjadi fan.

Setelah mencoba tampilan baru Media Ide di Facebook Page-nya, ada beberapa ide menarik yang mungkin bisa Anda coba aplikasikan sendiri.

Facebook Page bisa menjadi platform blog yang bagus. Aplikasi Notes bisa menjadi alat untuk menulis blog. Sayangnya (entah ini bersifat sementara saja atau tidak), Notes dalam Facebook Page tidak bisa kita pakai untuk men-tag teman kita sendiri, berbeda dengan Notes yang biasa kita pakai dalam Facebook Profile.

Lalu, apa untungnya ngeblog di Facebook Page? Berbeda dengan Facebook Profile, Facebook Page ini bisa terindeks oleh mesin pencari Google, dan bisa dibaca oleh siapapun tanpa harus menjadi anggota Facebook. Dikombinasikan dengan Discussion dan Photos, “blog” kita ini bisa menjadi ajang diskusi dan galeri foto. Dengan sedikit pengetahuan dasar HTML, kita bisa pula membuat tab berhalaman statis dengan menggunakan aplikasi FBML.

Anda bisa buat banyak Facebook Page. Mungkin satu Anda pakai untuk ngeblog umum, satu untuk menulis cerita fiksi, satu lagi untuk galeri foto, video, atau gambar Anda, satu lagi untuk perjalanan karir Anda dalam bermain musik, dan bisa jadi satu lagi untuk Anda membangun karir menjadi seorang politisi. Dengan fasilitas Facebook Page yang cukup fleksibel ini, Anda pasti punya ide brilian lainnya lagi.

Silakan bereksperimen! Jangan lupa kunjungi Facebook Page Media Ide ya!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

25 komentar »

  • ichanx :

    belum nyoba…. gak tertarik… udah cinta ama blog yang biasa ajah… 😀

  • Obi-Wan :

    Lama-lama bakal dipake jualan juga. 😀

  • Rommi Ariesta :

    Satu lagi inovasi yang ditawarkan facebook, semakin menarik dan cantik.

  • Anggun Prasetya :

    Tapi yang nyebelin, kenapa biarpun kita sebagai admin dari Facebook Page itu sendiri, ndak bisa ambil video/foto langsung dari foto/video yang udah ada di FB kita sendiri? Capek banget kalau harus upload ulang 😐

  • Anggun Prasetya :

    Lha, tadi aku udah logout dari Facebook, kok tetep masuk pake akun FB?? 😯 Plug-inmu ndak bener nih Bro 😆

  • Pitra :

    @Anggun: wah hehehe.. belum sempat update Goen..:P Anyway, tapi kalau saya buat notes di FB Page, bisa kok ngambil gambar dari galeri foto pribadi. Atau ini masih bagian dari update FB Page yg belum sempurna. 😀

  • Riswandi :

    Kini Facebook makin banyak aja member-nya dari Indonesia.
    Tapi masih kalah jauh dibanding Friendster.
    Oya,jangan lupa mampir ke alamat blog saya yang jelek.
    Maklum,saya tinggal dipelosok jauh dari warnet.
    Saya membuat blog dan menulis komentar ini pake Opera mini 4.2

  • Richard Fang :

    @ obi wan _ emang pages tujuan nya ‘jualan’ bukan? hehehe

  • Riawan :

    Pengaturan untuk gambarnya masi terbatas, gak sefleksibel di blog. Besaran ukuran gambar dibatasi, gambar gak bisa digabung dengan tulisan (align left/right)..

    Tapi FB Page yg sekarang lebih menarik dibandingin yang dulu (terkesan kaku). Dan kalo liat naga2nya, sepertinya FB page akan dikembangin terus ama tim FB.

  • Pitra :

    @Riawan:
    Lah kemarin ini dashboard FB Page baru aja berubah lagi. Bikin pusing saya juga. Sekarang bentuknya menjadi seperti desain dashboard FB Profile. Sebetulnya suka sih dengan desain dashboard sekarang. Cuma, kenapa versi desain yg dilihat user lain masih seperti dulu ya? Jadi, ada beda tampilan antara versi dashboard dan yang dilihat user lain. Ataukah belum?

    Hal lain yang kurang selain kita tidak bisa ngetag teman kita di FB Notes yang kita buat di page adalah, kita tidak bisa comot apapun video, gambar, notes yang kita temui di feed profile kita untuk kita share di FB Page kita. Ataukah belum?

  • zam :

    aku kok gak nemu perbedaannya, ya? apa karena tiap hari liat, jadi “terbiasa” dan ndak menyadari adanya perubahan?

  • chazky :

    iya iya,

    mgkn dah tiap hari liat yah, dan perbedaannya nggak tralu drastis (ato fitur yang baru blum terlalu kepake)..

    tapi yah, smuga makin gampang digunainnya + makin asik fungsinya

  • kamal :

    klo gitu enakan bikin facebook page aja donk ya daripada bikin facebook profile

  • Ngeselin :

    Salam kenal yo

    Facebook buatan mahasiswa harvard kan?

    Kpn y mhasiswa dr universitas2 indonesia bs bkin kayak gtu?

  • ngeshare :

    om ngesilin, sebenar orang indonesia bisa bikin kayak facebook ato myspace, but sapa yang mo danai n sapa yg mo pake, masak di pake sendiri, orang indonesia tuh sukanya ikut-ikutan yang lagi ngetrend!!! kalo ga ngetrend ya ga di ikutin!!!

  • Online Marketing Blogpreneur :

    kelebihan page adalah ter-index google… kalo ngak tertarik untuk dijadiin blog bisa kita bikin read more atau story marketing trus di direct ke Blog.

    dari sisi page yang terindeks udah, tapi ada disadvantages : ngak bisa nge tag, klo pun nge tag di facebook yang biasa ( non page) tag nya dibatasi jadi spreading nya juga dibatesin…

    overall, SosNet masih lebih tinggi untuk Online marketing di Indo alias lebih banyak netizennya… jadi apapun perubahannya mari kita manfaatkan 🙂

  • Vinda Fans D'masiv :

    makin oke aja nih… oia, mau nanya kalo bikin page bisa muncul disamping facebook gak ? kayak bikin advertise gtu

  • Thomas :

    hehehehhe.. ga terlalu ngaruh ma gw..

    Lagian gimana pon tampilan FB gw tetap suka..

    dibandingkan dengan FS 😀

  • Gek :

    Numpang lewat ya…
    tampilan baru FB asik juga…

  • Billy Koesoemadinata :

    kemaren udah bikin,, tapi ga dipake secara optimal ah..
    lebih asik ngeblog di luaran facebook 😉

  • rudy :

    Sejauh ini account fb saya baru dimanfaatin buat studi nyari traffic lewat fb atau social network.

  • Riamawati :

    duH aKKuh uuDah puLuhan KaLLi dAftAR d fAce Book tApheii tiaBB mO buKKa sUsAh mL .,.,.,

    .bLibed .,.,.,

    .giMna c carA sebeNaRNya pAke FB ???

  • Eddy Santoso :

    belum coba baru tau baca blog ini nanti saya cobaq deh pasti di buat tipe baru ada positifnya…..

  • prety :

    gabunga aaaaaaaaaaah….http://www.terminal163.net/

  • Billy :

    tampilan facebook grup pun seperti tak ada bedanya dengan facebook page, dengan fungsi yg sama pula..

    malah saya bingung, lantas apa bedanya antara grup dan page?

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge