Home » Creative Works

Tipuan di Awal April

1 April 2009 7,381 views 17 komentar

Semua pasti tahu April Mop, tapi semua suka lupa kalau akan selalu muncul hoax tepat pada tanggal 1 April. Menurut Wikipedia, hoax adalah “a deliberate attempt to dupe, deceive or trick an audience into believing, or accepting, that something is real, when in fact it is not; or that something is true, when in fact it is false.“ Intinya, semuanya dikesankan senyata mungkin, serealistis mungkin, sehalus mungkin, sehingga yang melihat atau membacanya tidak sadar kalau ia sedang ditipu.

Terlepas dari ini budaya barat atau bukan (nggak penting sebetulnya), tapi niat untuk bisa mengerjai orang lain itu memang menyenangkan. Tentunya, ada batasan etika juga ya. Jangan sampai isengnya terlalu kebangetan. Misalnya, hingga membuat orang sampai menangis, seperti menceritakan seseorang yang meninggal atau bercerai atau isu-isu buruk lainnya.

Di ranah maya ini, Google paling getol setiap 1 April membuat lelucon. Khususnya untuk tahun 2009 ini, Google gencar sekali membuat hoax. Daftar bacaannya bisa dilihat di sini. Dimulai dengan munculnya teknologi CADIE (Cognitive Autoheuristic Distributed-Intelligence Entity) yang diwakili dengan maskot panda. Semua fitur Google menampilkan CADIE, dari Google Image Search, unduhan Google Chrome versi 3D, hingga sampai dibuatkan blognya sendiri.

Keisengan lain Google adalah dengan menampilkan halaman YouTube secara terbalik. Buka saja setiap video, dan di akhir URL-nya, tambahkan parameter ‘&flip=1’ dan seketika itu juga versi halaman terbalik YouTube pun akan terlihat. Cara menikmati suguhan terbaru dari YouTube ini bisa dibaca di sini.

Untuk yang doyan Plurk, baca deh blognya. Di blog itu disebutkan kalau Plurk akan menutup layanannya dan menggantinya dengan alamat baru, Bitter. Bitter adalah versi Plurk baru yang lebih membosankan. Isu ini merebak melalui perwakilan @plurkbuddy, perwakilan admin Plurk yang menceritakan kabar tidak menggembirakan ini.

Yang sering menampilkan slide presentasinya di Slideshare, akan dikirimkan email dari admin, kalau kita sudah menjadi superstar karena banyaknya orang yang melihat slide kita dalam sehari ini. Rupa-rupanya, setelah dicek, semua slide yang kita miliki tiba-tiba mengalami peningkatan page view. Dari yang umumnya hanya ratusan, tiba-tiba menjadi puluh ribuan.

Lalu hoax macam apa yang merebak di Indonesia? Mungkin banyak, tapi yang menarik dan mengundang banyak orang tertipu hari ini ada dua. Pertama, kunjungilah situs palsu Telkomsel ini, yang menawarkan iPhone 3G 8 GB seharga tiga juta rupiah khusus hari ini saja. Hati-hati kalau mengklik formnya, karena akan diminta mengisikan nama lengkap, telepon, dan email.

Yang kedua, terjadi di Facebook. Hihi, kalau ini sih hoax dari seorang teman yang ikut bantu disebar saja di Facebook. Berita hangat hari ini adalah Facebook telah bekerja sama dengan sejumlah bank di Indonesia, agar sebagian dari ATM-nya memungkinkan dipakai untuk meng-update status Facebook. Yang mau ikut terbawa arus hoax bisa baca ceritanya di sini. Yang nggak punya Facebook (hari gini nggak punya?) boleh baca cerita serupa di Daily Social.

Mungkin masih banyak beredar hoax lainnya. Kalau untuk hoax di luar negeri, lebih lengkapnya baca saja rangkumannya di blog TechCrunch. Hihi, intinya, janganlah terlalu serius membaca berita hari ini. Apalagi berita bertema teknologi. Bisa jadi, sebagian besar isinya adalah hoax belaka. Oh ya, kalau yang punya cerita hoax di Indonesia, boleh juga dong diceritakan di sini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

17 komentar »

  • cK :

    ssaya hari ini tidak tebar hoax apapun. cuma menonton saja…

  • Dita Firdiana :

    yg paling bikin pusing ya yutub… sakit leher ngeliatnya…

    *membetulkan leher yg terkilir*

  • Syahuri :

    di indonesia apa ya?

  • Riawan Tamin :

    Hari ini rasanya penuh keceriaan.. pelarian dari segala rutinitas :D..
    harus nunggu setahun lagi utk hari spt ini..

  • Anggun Prasetya :

    Saya malah berharap Plurk beneran diganti Bitter, males ngeplurk tapi juga nagih *bubgung dewe*:|

  • uchie :

    ternyata Pitra emang jagonya nge-hoax ya…

  • dianapriany :

    tahun ini saya tidak menyebar hoax.. juga tidak terkena hoax..
    dan kemarin rasanya seru aja ngeliat orang2 kena iseng orang lain.. 😀

  • Chic :

    emang hoax butuh april mop sajah? kan tiap hari ada hoax di sini.. wakakakakaka 😆

  • Obi-Wan :

    facebook itu apa ya?

  • Deny Sri Supriyono :

    nambahin satu, pit.
    punyanya opera.
    navigasi browser lewat face gestures – keren :d

    http://labs.opera.com/news/2009/04/01/

    play the video.

  • wahyoe :

    dosa lho kalo nipu 😀
    salam kenal om..

  • joe :

    wah, baru tahu aku kalau ternyata youtube sekarang terbalik. oh, april mop…

  • Fitrah :

    ha3 tgl 1 kmren gw jg ngerjain tm di chat fb
    gw bilang klo gw lg diwarnet yg jauh dr rmh trus dompet gw ilank
    alhasil tmn gw jdbingung mo berbuat ap he3
    dia br nyadar klo kena hoax satu jam kmudian
    wahahaha

  • giru :

    ga nyadar malah kalo kemaren april mop
    pas lagi ga buka yutup si

  • GigiSehatBadanSehat.blogspot.com :

    wahh….saya malah baru tau dari sini….ternyata ada ya??
    haha..dasar jahil…hihi

  • Syahran :

    Virus CONFICKER a.k.a. DOWNADUP yang sempat heboh dibahas distasiun terkenal diseluruh dunia seperti CNN, CNBC, BLOOMBERG hoax juga nggak ya? karena setelah 1 april dimana katanya akan melancarkan serangan besar-besaran.

  • reza :

    ehhhmmm…??? saya bener2 ga mudeng nich? ada apa sich?? 🙂

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge