Home » Online Branding

2012: Mengkampanyekan Film yang Belum Ada

30 April 2009 14,679 views 21 komentar

Sebelumnya, topik blog ini bukan untuk membahas kejadian di tahun 2012 yang katanya akan kiamat itu. Topik kali ini akan menceritakan bagaimana film 2012 garapan Roland Emmerich yang masih akan ditayangkan bulan November sudah digaungkan di ranah internet sejak setahun sebelumnya. Cara yang dilakukan mirip dengan kampanye daring yang sempat dilakukan film Watchmen, yakni dengan menyebar sedikit banyak info di banyak microsite dan situs social media.

Yang sudah lama didengungkan adalah trailer film ini yang bisa disimak di banyak situs berbagi video. Situs utama film 2012 yang berada di sini dan Facebook Public Profile-nya masih menjadi sumber informasi utama. Situs utama itu kini masih menampilkan trailer saja, sementara Facebook lebih banyak menampung komentar para fan-nya.

Yang mungkin belum ada yang tahu, adalah seorang karakter bernama Charlie Frost (entah ini nama asli atau fiksi), yang membuat serangkaian seri video blog dan menayangkannya di sini. Melalui video blog ini, Charlie bercerita tentang banyak hal yang relevan dengan kiamat di tahun 2012. Bahkan di antara video blognya, ia membuat satu versi cerita dalam bentuk animasi. Selain blog dan YouTube, seperti pengguna social media lainnya, ia pun aktif pula di Twitter.

Kampanye terselubung lainnya adalah melalui microsite organisasi fiktif Institute for Human Continuity, yang mengatakan bahwa organisasi ini sudah lama ada, khusus untuk mengantisipasi kejadian di tahun 2012, dan bagaimana upaya menyelamatkan manusia yang tersisa. Isi situsnya benar-benar serius, seperti situs korporat pada umumnya. Sesuatu yang berkesan sangat resmi dan memang benar-benar ada di dunia ini, dan bukan organisasi fiktif.

Selain kampanye daring, film 2012 ini katanya tidak bisa terpisahkan dari buku karya Jackson Curtis, yang berjudul “Farewell Atlantis.” Silakan simak sinopsis buku ini di sini dan kalau tertarik membelinya, bisa mengeceknya di situs ini. Hihi, tapi nggak usah dibeli deh. Bukunya fiktif kok sebetulnya. Kalau dari situs penerbitnya, Hudson Cameron Press, katanya hingga saat ini bukunya masih belum ada. Entah apakah memang buku ini akan ada di bulan-bulan mendatang, ya silakan tunggu saja.

Masih 7 bulan menuju rilis film 2012. Kampanye daring yang disebutkan di atas pasti masih bersifat pemanasan. Seharusnya semakin mendekati peluncuran, kampanye daringnya akan semakin menguat dan tersebar di banyak social media. Mendekati calon audiens dengan memberikannya sepotong-sepotong info ternyata bisa mengajak mereka untuk tertarik mempelajari lebih jauh kejadian di tahun 2012 nanti. Bahkan di akhir teaser di atas, audiens diminta untuk mencari di Google perihal “2012” untuk membangun rasa penasarannya. Sungguh cara cemerlang untuk membangun antusias audiens jauh sebelum filmnya dirilis. Hihi, akankah ada film Indonesia yang akan seniat kampanye daring dari 2012 ini?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

21 komentar »

  • Obi-Wan :

    Semoga ada. 😀

  • Richard Fang :

    wah ketipu nih gue, yg ihc keren banget hahaha, udah percaya aja tuh tadinya 😛

  • Anggun Prasetya :

    Film Indonesia ditingkatken dulu kualitasnya, walaupun tehnik sinematiknya ndak bisa sebagus film luar sono, setidaknya semiotika visualnya ndak asal2an lagi, monggo kalau mau bikin kampanye daring yang “niat”

  • mawi wijna :

    iya tuh isu kiamat 2012 kayaknya ditanggepin terlalu berlebihan sama orang-orang. Apa karena isu kiamatnya di tahun 2012, makanya filmnya belum ada ya? he3. Skripnya bergantung dari takdir dunia.

  • giru :

    apa promosi model gini bakal sukses di indonesia?
    kaya’nya kalo disini paling efektif tetep pake media televisi
    apalagi kalo ditambah gosip2 yang sebelumnya dipromosiin lewat infotainment

  • Jino Jiwan :

    Jadi gimana? Mama Lauren dan ramalan Mayan itu kerjasama dengan film 2012? April kemarin juga ada film KNOWING yang isinya hampir mirip.

  • dearDaniel :

    “Mereka” sangat sadar pentingnya online marketing, jadi jauh sebelum produknya (filmnya) muncul, hype nya sudah berkobar duluan, jadi ketika akhirnya film nya muncul, pasarnya sudah siap..

  • Rino Kurniawan :

    aku pengen sekali bisa main facebook ajaran aku dong

  • zam.web.id :

    hoax paling menarik sepanjang sejarah

  • Primo :

    Buku Jackson Curtis itu fiktif lah, jelas-jelas itu gambarnya John Cusack.. Berarti di “2012”, John Cusack will play as Jackson Curtis, rite?

  • eka :

    PASTI AKAN ADA KIAMAT ATAU HARI AKHIR DAN PERSIAPKAN DIRI ANDA DENGAN MEMPERBANYAK IMAN DAN TAKWA ANDA.. UNTUK WAKTU YG TEPAT HANYA ALLAH SWT YG TAU…

  • JinoJiwan :

    Jadi sekarang mendingan hidupnya dipuas-puasin dulu, ntar pas Desember 2012 baru bertobat. whu knowz rite?

  • JinoJiwan :

    Btw, The Dark Knight juga bikin banyak web palsu tentang Gotham sebelum dirilis.

  • Eris Sunandar :

    Wah … gw KMren2 UdaH Nonton film “2012 DOOMSDAY” Tapi GiLA gw KetipU Abis ma ItU FiLm .. IsinYa cuMa LiaT OraNg yanG Melahirkan .. AlIAs “HASEMMMMM” klu Bhasa BelandaNya Mah …
    Tapi Walau Bgitu .. mw JAdi/egknya itu Hari Kiamat … qtA arus Yakin ItU semua Pasti JAdI .. MAnKannYa dri SekarNg BYAkin IbadaH ……… ! slm bwt angkatan SMKN7 bdg kls 3k3 AngKataN 2008 !! Sarolat Siaah uy ……. hehehe!

  • setya :

    ternyata ada film lain dengan judul sama mendompleng 2012 yang asli

  • Brian :

    YA filmnya bagus tidak seperi 2012 Doomsday…

    Jauh tuh mah

    Yang ini filmnya sungguh luar biasa

    Sepadan dengan promosinya lo….

    Suer dah

  • film 2012 :

    hahaha….

  • dewakwek :

    Kiamat….2012 smua udah ada yang ngatur,ngah usah dipikirin,jalanin aja hidup ini apa adanya

  • software download :

    makasi infonya

  • Solimah :

    Kiamat sebenernya sudah terjadi mas wkt tgl 25 juni ‘ 09 ini hari kiamatnya untuk fans michael jackson !!

  • Brahm :

    Ide marketingnya boleh, kreatif. Tp etikanya gimana tuh?

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge